Cara Mengetahui Tingkat Kematangan Pisang Raja


News

Ingin menambahkan elemen pisang ke dalam makanan Anda? Pisang raja adalah pilihan yang sempurna!

kombinasi yang menarik antara gurih dan manis pisang raja tidak akan ada habisnya. Faktanya, pisang ini mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya seperti kalium dan magnesium .

Tetapi jika Anda seorang pemula dalam memilih pisang raja, bagaimana Anda bisa memastikan untuk mendapatkan pisang raja yang paling lezat?

Berikut adalah panduan tentang cara membeli pisang raja termanis dan terlezat yang Anda bisa.

 

1.     Beragam Tingkat Kematangan

Seperti pisang pada umumnya, pisang raja memiliki berbagai warna dan kondisi tergantung pada tingkat kematangannya. Ini berkisar dari hijau cerah atau kuning pucat hingga emas tua dengan bintik-bintik gelap. Dan pisang raja yang sempurna tergantung pada resep yang Anda inginkan.

Anda bisa menggorengnya menjadi keripik atau direbus sesuai selera. Pisang raja juga bisa dikreasikan menjadi kue dengan rasa yang apik dan kaya nutrisi. Hidangan yang awam di Indonesia dengan bahan utama pisang raja adalah pisang goreng.

2.     Bukan Pisang Biasa

Mungkin Anda memikirkan penerapan yang sama pada pisang raja seperti yang kita lakukan pada pisang biasa. Tapi percayalah, itu akan menjadi kesalahan.

Pisang berwarna coklat tua cukup bagus untuk selai roti dan pengomposan. Tetapi ketika pisang raja Anda mencapai tahap 'coklat seluruhnya', itulah fase kesempurnaan. Pisang raja coklat tua mempunyai manis, yang artinya ideal untuk berbagai resep.

3.     Gunakan Tangan Anda

Saat memilih pisang raja termanis dan terlezat, Gunakan tangan dan pengelihatan Anda. Pisang raja berwarna gelap mungkin sudah matang sempurna, namun bisa jadi sudah melewati masa terbaiknya. Kuncinya adalah tingkat kepadatannya. Pastikan teksturnya masih sedikit keras saat disentuh

Jangan keluarkan banyak tenaga saat menekan. Bayangkan Anda mencolok yang terisi dengan air menggunakan jari. Kira-kira seperti itu teksturnya.

Anda masih bisa menggunakan pisang raja yang sangat matang ini untuk makanan penutup. Tantangannya adalah kesulitan untuk menahan bentuknya, terutama jika Anda ingin bentuknya tetap seperti semula. Pada dasarnya, itu tidak akan terjadi. Gunakan resep dimana pisang tersebut dihaluskan.

4.     Jangan Mengandalkan Penciuman

Saat memilih beberapa buah seperti nanas, baunya merupakan indikator utama kematangan dan rasa.

Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan saat membeli pisang raja. Menggunakan penciuman adalah hal yang sia-sia karena pisang raja tidak memiliki aroma kuat.

Jadi biarkan mata dan tangan Anda menjadi pemandu saat memilih pisang raja termanis untuk hidangan Anda.

5.     Beri Waktu

Seperti halnya membeli pisang, sulti untuk memprediksi waktu kapan pisang raja matang sempurna.

Rencanakan dalam beberapa hari ke depan. Belilah pisang raja dengan warna yang cukup terang lalu diamkan lebih dulu. Dengan ini Anda bisa mengatur tingkat kematangan dan warna sesuai selera.

Berikut tips untuk pematangan :

  • Jangan usil saat pisang sedang dalam proses pematangan. Diamkan sampai fase yang diinginkan
  • Beri waktu beberapa hari tergantung tingkat kematangan saat anda membeli. Mungkin bisa seminggu atau lebih
  • Jangan taruh dilemari es kecuali sudah matang
  • Taruh di kantong kertas untuk mempercepat kematangan.

 

News

finecooking.com

6.     Andalkan Resep

Seperti disebutkan di poin satu, mudah untuk menyimpulkan bahwa pisang raja hijau atau kuning muda belumlah matang.

Kuncinya adalah mengandalkan resep Anda untuk menentukan tingkat kematangan yang paling cocok. Meskipun banyak hidangan pisang raja yang digoreng, banyak cara lain untuk memasak pisang raja

Misalnya, keripik pisang raja paling bagus dimasak dengan pisang raja yang kurang matang. Itu  jika Anda mendambakan keripik yang renyah di luar, lembut dan lezat di dalam.

 

Pisang raja merupakan salah satu jenis pisang yang paling digemari. Bila Anda salah satu penikmatnya, maka tips-tips tersebut ditujukan untuk Anda. Kreasikan dengan berbagai resep yang diinginkan.

Artikel lainnya bisa anda temukan di Pangansari.

Referensi :

https://blog.amigofoods.com/index.php/colombian-food/choosing-the-perfect-plantains/

Sumber Gambar: thepioneerwoman.com


Archive