Fakta Stroberi dari Kandungan Nutrisi Sampai Cara Menanam


News

Stroberi atau strawberry adalah salah satu tanaman yang sedikit mengecoh karena meski ada kata beri terselip di namanya, stroberi bukanlah bagian dari keluarga beri. Itu adalah satu dari sekian fakta mengenai stroberi.

 

Mungkin sudah banyak yang membahas mengenai manfaat strawberry di luar sana. Namun, tahukah Anda tentang sebagian besar fakta strawberry seperti kandungan nutrisi dan cara menanamnya agar bisa Anda nikmati tanpa harus membelinya ke supermarket?

 

Seputar stroberi

 

Harga stroberi di bandrol Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per 100 sampai 200 gram nya. Bila Anda menyukai tanaman dan stroberi adalah salah satunya, tidak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah.

 

Berikut beberapa fakta dan kiat tentang stroberi :

 

Kandungan stroberi yang harus Anda tahu

 

Informasi nutrisi berikut disediakan oleh Lembaga Pertanian Amerika Serikat untuk 1 cangkir (152g) stroberi

 

1. Kalori          : 49

2. Lemak         : 0,5g

3. Natrium       : 1.5mg

4. Karbohidrat : 11.7g

5. Serat            : 3g

6. Gula            : 7.4g

7. Protein        : 1g

 

Lemak

 

Stroberi secara alami sangat rendah lemak. Kandungannya hanya 1/2 gram per cangkir. Terutama asam lemak tak jenuh.

 

Karbohidrat

 

Stroberi mengandung sekitar 12 gram karbohidrat per cangkir. Ini termasuk 3 gram serat dan 7,4 gram gula. Indeks glikemik stroberi adalah 25 dan beban glikemiknya 3,2.

 

Vitamin dan mineral

 

Stroberi sarat akan vitamin C, melebihi nilai harian yang dibutuhkan yakni 1 cangkir. Buah ini juga tinggi potasium, folat, kalsium, dan magnesium.

 

Protein

 

Stroberi hanya memiliki 1 gram protein per cangkir.

 

Baca juga : Tips Memilih Makan Siang yang Lebih Sehat

 

Jenis strawberry di berbagai tempat

stroberi

Jenis strawberry berbeda-beda meski kadang warnanya tetap merah merona. Di antaranya :

 

Oso Grande (California)

 

Jenis ini sangat populer di seluruh dunia. Berukuran besar dan padat, bagian tengahnya bertekstur seperti busa. Siap-siap berlimapahan panen jika menanam tipe ini. Bila Anda di Purbalingga, sempatkanlah memakan jenis ini.

 

Sweet Charlie (Amerika Serikat)

 

Karena cepat berbuah, berukuran besar dengan rona warna oranye sampai merah, aromanya kuat, produktivitas tinggi, dan tahan terhadap serangan Colletotrichum, tipe ini banyak ditanam di seluruh dunia. Kita bisa menemukannya di Indonesia, tepatnya di Bedugul, Bali

 

Chandler (asal California)

 

Tipe ini banyak ditanam di seluruh dunia. Ukuran buah besar, hasil panen tinggi, dan punya resistensi virus. Datanglah ke Bondowoso untuk menemukan jenis ini.

 

Nyoho (Jepang Selatan dan Korea)

 

Secara umum, varietas ini ditanam di polimer termoplastik. Penampilan buahnya sangat menarik, mengkilap, padat, sangat manis, sangat cocok untuk bahan baku kue.

 

Hokowaze (Jepang Utara)

 

Hokowaze memiliki hasil panen melimpah, aroma tajam, bertekstur lunak, sangat rentan terhadap serangan virus vertillicum dan antraknosa. Tetapi, ia juga punya ketahan terhadap serangan penyakit tertentu.

 

Rosa Linda (Florida)

 

Jenis ini menghasilkan banyak buah dan memiliki aroma yang khas. Tipe ini biasa dihidangkan dalam makanan penutup. Lagi-lagi Anda bisa menemukannya di Bedugul, Bali

 

Tristar (Amerika Barat)

 

Ukuran buah bervariasi dari sedang hingga kecil, cocok untuk pengolahan makanan, dan tahan terhadap penyakit stroberi tertentu.

 

Baca juga : Rasakan Manfaat Nanas untuk Tulang dan Kulit

 

Panduan Singkat cara menanam Stroberi

 

1.Tanam stroberi di musim kemarau berdasarkan di mana Anda tinggal. Kebun dan pot buatan khusus,  adalah area tumbuh yang sangat baik.

 

2. Beri ruang stroberi bertumbuh dengan menanamnya terpisah 18 inci antara biji dan tanah. Stroberi dapat ditanam dengan berbagai cara. Tetapi, pastikan agar ia mendapatkan sinar matahari 8 jam atau lebih. Selain itu tanam di tanah yang sedikit asam dengan pH 5,5 hingga 6,8.

 

3. Campur tanah dan kompos tua setinggi beberapa inci atau dengan bahan organik lainnya. Pertimbangkan campuran pot kantong premium untuk ditanam dalam wadah.

 

4.Beri air bervolume 1 hingga 1,5 inci setiap minggu, dan hindari membasahi daun.

 

5.Panen produksi buah berkualitas dengan cara memberi makan tanaman menggunakan pupuk khusus (continuous-fertilizer) secara rutin.

 

6. Panen stroberi matang di pagi yang sejuk dan dinginkan segera.

 

informasi unik biji strawberry

 

Tahukah Anda mengenai kaitan burung dan stroberi? Burung dan stroberi terhubung karena prevalensi tanaman stroberi di bagian dunia beriklim sedang.

 

Burung-burung, jelas, suka makan stroberi, dan bijinya melewati saluran pencernaan mereka dalam keadaan utuh. Setelah diproses pencernaan, burung menyebarkan benih stroberi dalam skala luas, menghasilkan banyak pohon.

 

Terdapat kurang lebih 200 biji yang menghiasi bagian luar stroberi. Meskipun sering disebut sebagai "beri", stroberi bukanlah buah beri seperti blueberry atau blackberry. Daging stroberi yang lezat justru dianggap bagian pelengkap, dan bintik kecil yang biasa disebut biji merupakan buah itu sendiri.

 

Buah-buahan kecil tersebut sebenarnya mengandung biji. Buah-buahan yang mengandung biji ini disebut "achenes." Jelajahi bumi sesuka Anda, tetapi Anda tidak akan menemukan buah lain dengan bijinya di permukaan luar selain stroberi.

 

Artikel lainnya bisa Anda kunjungi di Pangansari.

Baca juga : Inilah Cara Mengatasi Noda Kotor pada Lemari Dapur
 


 

 

 

Sumber gambar :

Pixabay.com

Pixnio.com


Archive