Bakso Ikan dan Kiprahnya di Asia


News

Bakso ikan, selain bakso ayam dan sapi, adalah salah satu makanan paling umum dan populer di Tiongkok Selatan serta di antara komunitas Tionghoa perantauan. Hidangan ini pada dasarnya adalah daging berbentuk bakso yang terbuat dari Surimi atau ikan tumbuk. Bakso ikan ini kebanyakan berwarna putih atau kuning dan berdiameter sekitar satu atau dua inci.

Pokok dari masakan tiongkok ini digunakan dalam berbagai hidangan. Makanan ini juga dikonsumsi sebagai makanan utama, hidangan pembuka atau bagian dari makanan.

Asal-usul 

Fish Ball, sebagai makanan, sudah ada sejak lama dan merupakan bagian integral dari masakan Cina. Meskipun asal muasal hidangan ini tidak diketahui, diketahui fakta bahwa ini adalah ciptaan Cina. Ada banyak teori tentang bagaimana dan mengapa persiapan itu ada dan orang yang berbeda percaya dan menceritakan kembali teori yang berbeda. Pada kenyataannya, asal mula Fish Ball cukup kabur dan sedikit informasi yang tersedia cukup samar.

Resep 

Surimi atau ikan tumbuk adalah bahan resep yang paling penting, meliputi tambahan lainnya. pada dasarnya isian bisa saja berbeda berdasarkan di mana hidangan disiapkan dan apa preferensi konsumen. Peterseli, bawang merah, seledri, babi, udang, tuna, keju, lemon, bawang putih, telur, merica dan ikan kod adalah beberapa bahan yang digunakan untuk isian bakso ikan.

Salah satu jenis masakan tersebut memadukan pisang sebagai bahan isian utamanya.

Persiapan 

Meskipun benar bahwa ada banyak varian resep bakso ikan dan berbagai bahan dapat digunakan untuk membuat hidangan, metode persiapannya cukup sederhana dan mudah. Bakso ikan kebanyakan digoreng atau dikukus, kurang lebih seperti pangsit.

Penyajian dan konsumsi

Penyajian dan konsumsi tergantung di mana hidangan tersebut disiapkan, adat istiadat setempat, kesukaan pribadi, serta resep bakso ikan yang diikuti. Ada berbagai cara untuk menyajikan dan menyantap bakso ikan. Di Hong Kong, orang biasanya membedakan dua jenis hidangan. Satu dimakan dengan mie sementara yang lainnya dijual dan dikonsumsi dengan tali atau tusuk sate.

Makanan ini dijual dengan tusuk sate pada batang bambu. Di Filipina, orang menikmatinya dengan berbagai saus. Sajian goreng juga sangat populer dan dinikmati sebagai camilan.

Di Singapura dan Malaysia, bakso ikan yang sering dijumpai adalah dalam bentuk sup, mie, dan hidangkan dengan nasi, olahannya juga dijual sebagai makanan jalanan.

Persiapan tersaji dan dikonsumsi sebagai camilan. Selain itu juga hidangan pembuka atau bagian dari makan siang dan makan malam utama.

 

Bakso ikan sendiri digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya dikreasikan menjadi ikan bakar, ternyata berbentuk bulat pun tetap menuai respon positif di kalangan pecinta kuliner. Anda dapat menjumpai hidangan ini di pasar swalayan atau restoran. 

Artikel tentang makanan lainnya bisa Anda kunjungi di Pangansari.

Sumber Gambar: Dognotebook.com

Referensi :

https://ifood.tv/fish/fish-ball/about


Archive