Cara Memilih Buah Segar dan Berkualitas Untuk Keluarga


News

Memilih buah segar dan enak membutuhkan ketelitian. Buah-buahan merupakan salah satu sumber gizi terbaik selain biji-bijian, sayuran dan beberapa sumber lainnya. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Anda bisa pergi ke toko terdekat atau menanam sendiri di halaman rumah.

 

Bila memiliki cukup ruang, Anda dapat menanam buah seperti pisang atau alpukat. Namun jika tidak memungkinkan,pilihan buah segar untuk mendapat nutrisi terbaik.Ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan.

 

1. Pisang

 

Pisang memiliki cukup banyak penggemar. Kaya akan potasium dan serat, buah ini secara silsilah diklasifikasikan sebagai beri-berian. Rasanya manis dan mudah dikunyah, membuat buah ini ramah untuk dikonsumsi anak-anak. Warna dan bentuknya juga cukup unik.

 

  • Mentah - Pisang akan tetap berwarna hijau / keras saat mentah. Jika Anda tidak dapat dengan mudah mematahkan batang untuk mengupas pisang, berarti pisang belum siap konsumsi.

 

  • Matang - Petik pisang montok yang berwarna kuning cerah. Pisang akan memiliki rasa paling penuh saat memiliki bintik kecil berwarna gelap, yang juga disebut "bintik gula".

 

  • Hindari - Hindari pisang dengan luka memar yang terbenam / lembab / area gelap pada kulit yang menandakan bagian dalam buah mengalami memar. Warna kusam keabu-abuan akan menunjukkan bahwa makanan tersebut dingin atau terlalu panas selama penyimpanan

 

2. Apel

 

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 2.500 jenis apel yang ditanam di Amerika Utara? Namun, satu-satunya yang asli di benua itu adalah apel kepiting.

 

  • Mentah - Akan keras dan tidak berbau.

 

  • Matang - Saat memilih apel, periksa seluruh buah. Apel yang matang akan terasa kencang di sekelilingnya dengan kulit mulus yang tidak memiliki memar. Hiruplah, apel segar akan memiliki aroma harum yang manis.

 

  • Hindari - Hindari apel yang lembut, berubah warna, memiliki warna kulit kusam, atau mudah berlekuk saat ditekan.

 

3. Anggur

 

Dibawa ke Amerika oleh penjelajah Spanyol di awal tahun 1500-an, anggur diklasifikasikan sebagai buah beri.

 

  • Mentah - Anggur mentah akan keras dan kulitnya tidak akan "memberi" sama sekali. Ingatlah bahwa saat dipetik, buah anggur tidak akan terus matang.

 

  • Matang - Anggur segar berdaging, montok, dan melekat kuat pada batang hijau yang lentur. Anggur hijau paling manis jika warnanya kuning kehijauan, anggur merah / hitam paling baik dengan warna kulit yang kaya. Jika Anda melihat lapisan putih bubuk pada anggur, itu berarti "mekar". Mekar secara alami terjadi dan melindungi anggur dari pembusukan / kehilangan kelembaban. Itu pertanda baik buah anggur segar dan aman dimakan jika tidak luntur.

 

  • Hindari - Anggur yang lembek, layu, keriput, atau bocor harus dihindari. Pastikan untuk menjauhi batang yang kering dan rapuh.

 

4. Sroberi

 

Sebagai anggota keluarga mawar dan satu-satunya buah yang berbiji di luar, stroberi adalah buah abadi yang mengandung vitamin C dan mangan.

 

  • Mentah - Stroberi mentah akan sulit disentuh dan berwarna putih / agak kehijauan di bagian atasnya. Namun, cara terbaik untuk memilih stroberi yang matang adalah dengan menciumnya. Stroberi mentah akan berbau harum.

 

  • Matang - Stroberi yang matang akan memiliki wangi yang manis, kulit merah tua yang dalam, dan kulit hanya akan sedikit keluar saat disentuh.

 

  • Hindari - Hindari stroberi yang lembek dan periksa jamur secara menyeluruh (biasanya berwarna putih atau abu-abu muda / hijau). Pastikan untuk hanya mencuci stroberi saat Anda siap memakannya. Berry basah tidak bisa disimpan dengan baik.

 

5. Jeruk

 

Terkenal karena kaya akan Vitamin C, jeruk adalah "berry yang dimodifikasi" yang merupakan hibrida dari jeruk bali dan jeruk keprok.

 

  • Mentah - Semua buah jeruk berwarna hijau saat mentah jadi hindari jeruk yang tidak berwarna oranye cerah. Buah jeruk juga non-klimakterik dan tidak akan terus matang setelah dipanen.

 

  • Matang - Jeruk yang matang akan kencang dan memiliki kulit yang tipis dan halus. Tidak akan ada titik lemah dan akan terasa berat untuk ukurannya. Ambil dua dan rasakan / timbang!

 

  • Hindari - Hindari jeruk yang lembut. Pastikan tidak ada bintik-bintik putih yang terbentuk di kulit, itu adalah jamur

 

Memilih buah segar dan enak membuat pengalaman Anda makan buah jadi menyenangkan. Tentu saja Anda akan menghindari buah yang tidak segar bukan? Anda bisa mengkreasikan dengan membuat salad atau jus rumahan agar tidak mudah bosan. Imbangi juga dengan makan daging, telur atau sumber protein lainnya.

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.


 

 

 

Sumber : 

spoonuniversity.com. (n.d). Grasping Grub: How to Pick Fresh Fruit. Diakses pada 26 Maret 2021, dari https://spoonuniversity.com/how-to/grasping-grub-how-to-pick-fresh-fruit

 

Sumber gambar : 

commons.wikimedia.org


Archive