Food Food Health Kesehatan Tubuh Lifestyle

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Penyembuhan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Seiring dengan rasanya yang menggugah selera, madu memiliki catatan manfaat sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Cairan ajaib ini ialah gula cair kaya nutrisi yang diproduksi lebah dengan mengumpulkan nektar dari bunga. Serangkaian proses alami mengawal kawanan lebah dalam menghasilkan madu berkhasiat. Lebah mengumpulkan nektar dari bunga, di mana enzim dalam air liurnya memecah zat gula menjadi glukosa dan fruktosa.

Sumber: Liputan6.com

Tak seperti yang kita lihat di pusat perbelanjaan, tekstur nektar masih berupa cairan kental, bahkan setelah diangkut menuju sarang. Dengan mengepakkan sayap, lebah mempercepat proses penguapan dan menghilangkan kelebihan kadar air dari madu. Madu hadir dalam berbagai warna dan rasa yang lezat berdasarkan bunga dan tempat pembuatannya.  

Selama disimpan dalam toples madu berkualitas dan kedap udara, madu tidak akan pernah kadaluwarsa. Madu tua yang pernah ditemukan sesudah lebih dari ratusan tahun menunjukkan bahwa madu dapat diawetkan tanpa batas waktu, dengan tetap mempertahankan semua nilai gizinya.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu pada dasarnya bersifat asam dan memiliki kadar air yang rendah, sehingga kuman sulit berkembang di dalamnya. Sistem pencernaan lebah memiliki enzim unik, yang ketika dicerna melepaskan senyawa yang menghambat perkembangan bakteri dan organisme lain. Sebotol madu mengandung beberapa khasiat yang sangat luar biasa. Selama ribuan tahun, manusia telah memanfaatkan madu karena khasiat penyembuhannya.

Sifat antioksidan madu membuatnya sangat bermanfaat. Madu berkualitas tinggi mengandung beberapa jenis antioksidan kuat. Asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid termasuk di dalamnya. Fungsinya ialah menangkal risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan berbagai jenis kanker.

Khasiat Madu Untuk Penyembuhan

Minum madu juga dapat menurunkan kolesterol. Risiko penyakit jantung meningkat akibat tingginya kadar kolesterol jahat. Penumpukan di dinding arteri akibat kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa madu dapat menyeimbangkan rasio kolesterol Anda dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, salah satu dari banyak manfaat madu adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Telah terbukti bahwa madu membantu mengurangi tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan bahan kimia antioksidan yang ditemukan dalam madu yang dapat menurunkan hipertensi.

Madu adalah pengganti alami gula yang luar biasa masih mengandung banyak gula dan kalor. Namun, kualitas madu dapat berkurang jika dikombinasikan dengan pemanis buatan, jadi sebaiknya tetap mengonsumsi yang murni. Oleh karena itu, tetap konsumsi dalam takaran secukupnya. Mengganti madu dengan gula atau pemanis buatan lainnya akan membuatnya tampak lebih bermanfaat.

Mengingat semua kebaikan madu, sangat masuk akal untuk memasukkannya ke dalam menu sehari-hari. Manfaat kesehatan madu dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsinya yang sangat sederhana: cukup diteguk saja. Madu cocok dikonsumsi dengan minuman panas seperti air atau teh, dan dapat dikonsumsi rutin tanpa rasa khawatir.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video