Uncategorized

Selain Lezat, ini Manfaat Durian untuk Kesehatan

Manfaat Buah Durian

Di tengah-tengah hutan Asia Tenggara, tumbuh buah yang sama sekali berbeda dengan buah lainnya yakni buah durian. Dengan duri runcing menyerupai piramida dan aroma menyengat, buah durian memberi cita rasa berbeda kepada para penggemar kuliner di seluruh dunia. Dikenal sebagai “raja buah” karena rasa dan teksturnya yang unik, kelezatannya menumbuhkan keterikatan dengan masyarakat di Asia Tenggara. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kelas atas, durian ialah makanan yang wajib dicoba bagi para wisatawan mancanegara.

Sumber: Antara

Meski begitu, buah durian sudah lama menjadi subjek kontroversi antara kalangan yang bersedia menoleransi baunya dan yang tidak. Mereka yang anti durian mempermasalahkan karakteristik aroma yang sulit diterima indra penciuman. Aromanya digambarkan sebagai sesuatu yang tidak menarik, dengan perbandingan mulai dari aroma keringat sepatu sampai aroma buah busuk. Jauh berseberangan, pencintanya memuji tekstur daging buahnya yang lembut, ditambah lagi dengan rasa yang menobatkannya sebagai raja buah.

Seiring kian maraknya petualangan di dunia kuliner dengan berkembangnya media sosial, reputasi selaku buah pemecah belah opini akhirnya mulai runtuh. Dalam beberapa tahun terakhir, penampakan durian semakin familiar di mata yang sebelumnya asing dengan bentuk dan baunya. Durian mulai mencuri perhatian masyarakat luas melalui berbagai olahan atau dikonsumsi langsung. Di pinggiran jalan atau semarak pasar di Indonesia, tidak lagi butuh pengakuan rasa. Durian dengan karakteristik rasanya merupakan buah khas yang diterima dengan cukup baik oleh lidah masyarakat Indonesia.

Manfaat Durian Bagi Tubuh

Terlepas dari lonjakan popularitasnya, stereotipnya belum luntur sebagai buah yang sulit dibudidayakan dan dikonsumsi. Bagian luarnya yang berduri saja sudah mampu membuat sebagian orang jengah. Tetapi ternyata di balik kulitnya yang tajam, menyimpan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Melansir laman situs Dinas Kesehatan, 21 persen karbohidratnya yang hanya dalam proporsi 100 gram memiliki efek ledakan energi ke seluruh tubuh secara instan, menjadikannya makanan ideal bagi mereka yang memiliki jadwal padat dan beban kerja intens.

Selain itu, kehadiran vitamin B6 dalam buah durian dikaitkan dengan produksi serotonin, sebuah neurotransmiter atau pembawa pesan pada tubuh yang memainkan peran kunci dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Sementara itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini dapat membantu memperlambat proses penuaan, melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaganya agar tetap awet muda dan berkilau. durian juga dikemas dengan kalsium, kalium, serta vitamin B1 dan B2, sehingga buah ini dapat memberikan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: Sejarah Es Lilin yang telah mendunia

Anjuran Konsumsi Buah Durian

Bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, buah durian dapat menjadi solusi tepat. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Dengan kandungan mangan yang tinggi, buah durian bisa menjadi opsi pengatur kadar gula darah. Mineral penting ini memainkan peran dalam mengatur kadar glukosa, sehingga menjadikannya bagian dari asupan tepat bagi penderita diabetes atau penyakit terkait lainnya

Kandungan dengan folat, tembaga, dan zat besinya juga dapat membantu mereka yang berjuang melawan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya tingkat sel darah merah. Kombinasi mineral-mineral ini bahu-membahu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mengatasi kelelahan dan gejala anemia lainnya. Di balik manfaatnya, ada risiko kesehatan bila dikonsumsi dalam kondisi kesehatan tertentu atau dalam jumlah berlebihan. Buah ini berbahaya bagi orang yang memiliki alergen. Kandungan gula dan glukosa yang tinggi pada durian merupakan senjata makan tuan masalah bagi penderita diabetes.

Jadi, bagi mereka yang mencari solusi alami untuk sejumlah masalah kesehatan, konsumsi durian dalam porsi secukupnya mungkin adalah jawabannya. Dari rasanya yang unik hingga khasiatnya yang kuat sebagai obat, raja buah ini semacam punya kekuatan super untuk tubuh manusia.