Action Breakfast Food Food Health Kesehatan Tubuh Lifestyle Popular Salad

4 Tips Diet Mudah dan Sehat di Bulan Puasa

diet mudah

Foto : halodoc.com

Diet mudah telah banyak dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan untuk mengurangi berat badan yang sangat drastis. Namun tidak sedikit masyarakat yang melakukan berbagai program berat badan dengan cara yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi obat diet herbal dan menyiksa diri dengan menunda makan hingga pencernaan terganggu. Akibatnya ada banyak yang mengalami gangguan pencernaan dan penurunan sistem kekebalan tubuh dikarenakan melakukan metode diet tidak sehat ini.

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Melakukan diet pada saat puasa memiliki resiko pusing sakit kepala dan dehidrasi yang tinggi apabila tidak dilakukan secara sehat. Maka dari itu, diet harus dilakukan secara benar dan tentunya sehat untuk mengurangi berakhirnya tubuh dari penyakit. Dengan mengonsumsi makanan yang berprotein dan berserat tinggi, tubuh akan menjadi lebih terasa sehat walaupun diet sedang dilaksanakan. Dibawah ini terdapat 5 tips diet mudah dan sehat saat bulan puasa.

1. Diet Mudah Tidak Melewatkan Waktu Sahur

Sahur merupakan waktu yang sangat penting untuk menjalankan puasa, terlebih lagi jika sedang melakukan diet. Manfaatkan waktu sahur dengan makan makanan yang sehat, seperti karbohidrat kompleks dan makanan berserat.

Kandungan kimia yang dimiliki oleh karbohidrat kompleks dapat terbilang cukup rumit sehingga tubuh memerlukan waktu lebih untuk mencerna makanan yang masuk dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Jika waktu sahur terlewatkan, maka tubuh akan lebih terasa lemas, mudah mengantuk, dan dapat menyebabkan pingsan. Orang-orang dengan penyakit tertentu seperti diabetes bahkan bisa mengalami syok.

2. Makan dan minum secukupnya saat Berbuka

Makan berlebihan saat berbuka puasa sangat tidak dianjurkan jika diet sedang dilaksanakan. Alangkah baiknya saat berbuka puasa diawali dengan meminum minuman yang hangat dan manis, kemudian dilanjutkan dengan makanan ringan terlebih dahulu untuk menghilangkan dehidrasi.

Hindari makanan berlemak seperti gorengan atau minuman yang memiliki kandungan santan. Boleh saja memakan gorengan disaat berbuka puasa, namun cukup makan 2 buah saja untuk menghindari makanan berminyak agar tidak membebani tubuh dengan menambah kandungan lemak yang tinggi.

3. Diet Mudah dengan Konsumsi Air Putih yang Cukup

Mengkonsumsi 2 liter atau 8 gelar air perhari merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan, karena bisa mengurangi resiko dehidrasi berlebihan selama berpuasa. Hindari konsumsi teh dan kopi karena 2 hal tersebut dapat memperbanyak buang air kecil saat anda sedang berpuasa.

Minumlah minuman isotonik, susu, ataupun air putih saja sebagai gantinya. Agar tidak dehidrasi, disarankan untuk meminum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka puasa, dan 4 gelas air putih saat malam hari.

4. Melakukan Olahraga Secukupnya

Olahraga seperti jogging, bersepeda, dan skipping dapat membantu anda mengurangi berat badan saat puasa. Namun, kegiatan olahraga harus dilakukan antara 30 menit sebelum berbuka, 2 jam setelah berbuka, dan 1 jam sebelum waktu sahur agar tubuh tetap fit.

Kegiatan olahraga ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan pada saat pagi hari, karena akan menyebabkan dehidrasi berlebih kepada tubuh dan mengakibatkan lemas bahkan pingsan. Walaupun udara di pagi hari sangat baik untuk melakukan olahraga, namun jika dilakukan pada saat sedang berpuasa akan berdampak buruk kepada tubuh.

Diet sehat tetap bisa dilakukan ditengah aktifitas puasa, namun harus diseimbangi dengan tips-tips yang telah diberikan diatas. Demikian 4 tips diet mudah dan sehat saat bulan puasa. Artikel kesehatan lainnya dapat Anda lihat di Pangansari.

 

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video