Biology Gym Health Kesehatan Tubuh Lifestyle Medical Yoga

5 Manfaat Olahraga Yoga yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga Yoga

Olahraga yoga

Sumber : Freepik.com/Senivpetro

Olahraga yoga merupakan kegiatan yang biasanya sering dilakukan oleh kalangan wanita dewasa, terlebih lagi wanita dewasa yang sedang hamil. Mengingat dari gerakannya yang tidak terlalu banyak dan perpindahan posisinya yang sedikit, tidak heran kegiatan ini digemari oleh banyak kaum wanita. Namun dibalik gerakannya yang terlihat mudah, olaraga ini terbilang merupakan jenis olahraga yang memiliki teknik rumit dalam pergerakannya. 

Peran Olahraga Yoga untuk Kesehatan

Sumber : Freepik.com

Selain tubuh akan merasakan santai setelah melakukan yoga, tubuh juga dapat langsung terasa lebih baik dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jika anda sedang berada ditengah proses pemulihan pasca operasi, dan kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu bagian dari perawatan anda dan memiliki potensi untuk mempercepat penyembuhan. Banyak sekali manfaat lain dari olahraga yoga, mari simak dibawah 5 manfaat olahraga yoga yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Yoga Dapat Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Fleksibilitas Tubuh

Jenis pergerakan dan pose yang ada pada olahraga yoga dapat bekerja untuk meregangkan otot tubuh, Gerakan tersebut dapat membantu tubuh menjadi bergerak dengan lebih baik, dan merasa tidak terlalu kaku ataupun lelah.

Pada tingkat yoga apapun, tubuh akan segera menyadari bahwa yoga memiliki banyak manfaat. Dan juga dalam sebuah penelitian, orang meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuhnya hingga 35% hanya dengan 8 minggu pertemuan yoga.

2. Memperkuat Pernapasan Menjadi Lebih Baik

Setelah mengikuti olahraga yoga selama 5 menit, maka anda akan menyadari betapa menenangkan dan rileksnya sinkronisasi gerakan dan pernapasan. Ketika anda memperdalam pergerakan di setiap pose maka anda harus melakukan pernapasan diafragma, karena dengan demikian paru-paru akan dapat mengambil lebih banyak kapasitas oksigen dan tubuh akan menjadi kuat dengan sendirinya. Gerakan ini juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat jenis pernapasan diafragma sangat mudah untuk dilakukan.

3. Olahraga Yoga dapat Mengurangi Stress

Setelah melakukan olahraga yoga, anda akan merasa lebih rileks dan stress terasa sangat berkurang. Beberapa gaya dan gerakan yoga biasanya menggunakan teknik meditasi yang dapat membantu untuk menenangkan pikiran. Kemudian dengan berfokus kepada pernapasan dan melepaskan ketegangan otot dan persendian tubuh, maka tubuh akan merasakan ketenangan.

4. Membantu Memperbaiki Nyeri Punggung Bawah

Apabila anda bekerja di meja atau sofa sepanjang hari, mungkin anda dapat mengalami nyeri punggung bawah, bahu, dan leher karena postur tubuh yang buruk. Yoga dapat memperbaiki postur tubuh, yang dimana olahraga ini juga dapat mencegah nyeri punggung bawah, serta nyeri bahu dan leher.

Yoga dapat memperbaiki nyeri dengan menggunakan teknik meditasi yang digunakan dalam yoga mendorong relaksasi dari ketidaknyamanan fisik yang menyangkut dengan nyeri punggung bawah.

5. Meningkatkan Waktu Tidur

Dengan pernapasan dan relaksasi yang baik, olahraga yoga dapat membantu tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang lebih berkualitas di malam hari. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk olahraga yoga, maka semakin kuat juga manfaatnya.

Namun jika ingin melakukan yoga pada malam hari, hindarilah bentuk dan pergerakan yoga yang lebih kuat karena hal tersebut dapat membuat anda menjadi lebih terjaga di malam hari. Sebaliknya, pilihlah gerakan yang cenderung ringan sehingga peregangan waktu tidur ini dapat membantu mempersiapkan tidur malam yang lebih nyenyak.

 Walaupun yoga merupakan olahraga yang ringan, namun manfaatnya sangat besar. Demikian 5 manfaat olahraga yoga yang baik untuk kesehatan tubuh, artikel kesehatan lainnya bisa Anda lihat di Pangansari.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video