Adventure Inspiration Lifestyle Travel

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Mengisi Libur Lebaran

Libur Lebaran

Libur lebaran, menjadi kesempatan bagi banyak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka. Meskipun demikian, tidak semua orang dapat melakukan mudik lebaran karena beberapa di antaranya tidak memiliki kerabat di luar kota yang dapat dikunjungi.

Tempat Wisata Libur Lebaran

Kota Jakarta, sebagai Ibu Kota sekaligus kota metropolitan di Indonesia, menarik banyak masyarakat dari luar kota untuk merantau ke sana demi kepentingan ekonomi dan pekerjaan. Namun, ketika libur lebaran tiba, kota Jakarta cenderung menjadi sepi karena banyak perantau yang pulang ke kampung halaman mereka. Untuk mengisi liburan, wisatawan dari penjuru Indonesia dapat mengunjungi banyak tempat wisata yang tersedia di ibu kota. Berikut 5 rekomendasi tempat wisata libur lebaran yang dapat dikunjugi di kota Jakarta.

1. Libur Lebaran di DUFAN (Dunia Fantasi)

Foto : apriliaerlita.files.wordpress.com

Dufan merupakan tempat yang paling sering dikunjungi untuk memenuhi keinginan berlibur dan bersenang-senang. Sudah jadi rahasia umum kalau tempat ini dipenuhi oleh banyak wahana yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua bisa mendapatkan hiburan dengan menaiki berbagai wahana di sini.

Selain wahana, dufan juga menyediakan banyak fasilitas pendukung lainnya seperti food court, charger point, toilet bersih, dan lain-lain. Tiket dari taman bermain ini saat hari biasa berkisar Rp 175.000, sedangkan harga akhir pekan berkisar Rp 225.000 per orang.

2. Jakarta Aquarium Safari

Libur Lebaran
Foto :: commons.wikimedia.org/

Tempat wisata yang biasa disebut JAQS (Jakarta AQuarium Safari) ini berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Kota Jakarta Barat. Tempat ini mulai popular kembali pada pertengahan tahun 2022. Pasalnya, masyarakat antusias melihat aquarium besar dan menikmati banyak pertunjukkan ikan di dalamnya.

Hewan yang ada di sana bukan hanya biota laut saja, melainkan banyak juga hewan lain seperti reptil, ular, berang-berang, tupai, penguin, dan beberapa hewan darat lainnya yang bisa Anda lihat secara langsung. Selain melihat dan menikmati pemandangan indah di aquarium, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berinteraksi dengan ular dan bintang laut, memberi makan hewan lainnya dan melihat atraksi hewan berang-berang  dari terowongan kaca.

Baca juga : 7 Wisata di Bandung Anti Mainstream dan Instagrammable

JAQS menjual tiket reguler seharga Rp 147.000 untuk orang dewasa, dan Rp 112.700 untuk anak-anak. Namun ada juga tiket premium yang dijual seharga Rp 196.000 untuk orang dewasa, dan Rp 147.000 untuk anak-anak. Masing-masing jenis tiket memberikan penawaran dan pelayanan yang berbeda.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Foto : https://kabarbumn.com/

Dalam Taman Mini Indonesia Indah ini terdapat banyak sekali destinasi yang bisa anda datangi. Misalnya, 33 bangunan rumah adat di Indonesia, kemudian adanya berbagai bangunan seperti museum, rumah ibadah, lalu wahana rekreasi seperti theater keong emas, istana anak-anak, kereta gantung, dan taman legenda keong emas.

Selain menjadi tempat rekreasi dan hiburan keluarga, TMII ini juga bisa menjadi tempat destinasi yang bersifat edukatif.Tempat ini menyimpan banyak sekali informasi dan sejarah yang bisa dipelajari dari orang- orang dari berbagai macam kalangan.

Untuk bisa memasuki wilayah TMII ini, Anda harus merogoh kantong untuk membayar tiket sebesar Rp 25.000, namun untuk memasuki wilayah museum Anda cukup harus membayar Rp 15.000.

4. Kepualauan Seribu

Foto : liburanbos.com

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jakarta Utara ini merupakan pulau yang sering dikunjungi. Masyarakat dari berbagai macam daerah kerap terpikat oleh keindahannya. Kepualauan Seribu memiliki berbagai macam pulau di dalamnya, ada sekitar lebih dari 110 pulau di.sana yang bisa Anda tempati untuk liburan bersama keluarga ataupun pasangan.

Di sini Anda bisa menghabiskan waktu dengan suasana dengan masyarakat Kepulauan Seribu ataupun secara privat tanpa ada orang lain di dalamnya. Kepulauan Seribu menawarkan beberapa pilihan dan jenis pulau untuk Anda tempati, ada pulau berpenduduk dan pulau tanpa penduduk.

Jika Anda memilih pulau yang berpenduduk, maka Anda akan menghabiskan waktu liburan bersama para penduduk pulau tersebut dalam suasana lebaran. Namun, jika Anda lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan secara privat, maka pilihlah pulau privat di mana Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur di Bali karena tempat dan suasananya tidak jauh berbeda.

Baca Juga : 7 Wisata di Bali, No 2 Paling Hits

5. Kota Tua Jakarta

Foto : medcom.com

Tempat destinasi yang satu ini merupakan salah satu tempat destinasi yang sering di datangi oleh masyarakat luar kota Jakarta untuk berwisata dengan tujuan edukasi. Biasanya banyak anak-anak sekolah yang melakukan kunjungan sekolah karena tempat ini memberikan banyak informasi dan sejarah tentang bangsa Indonesia.

Di Kota Tua menyimpan banyak destinasi di dalamnya, serperti museum, toko-toko dan kafe. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda mengelilingi Kawasan Kota Tua, mengunjungi Museum Fatahillah, dan berkeliling untuk menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar Kota Tua. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000 saja.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat libur lebaran. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Untuk artikel lainnya bisa Anda lihat di Pangansari.