Adventure Lifestyle Travel

5 Museum Bersejarah di Kota Bandung yang Harus Anda Kunjungi!

Museum Bersejarah

Jika Anda sudah bosan dengan wisata alam di Kota Bandung, Anda dapat mempertimbangkan museum bersejarah sebagai alternatif destinasi wisata. Kota Kembang ini memang dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, namun tak hanya itu saja.

Ada banyak destinasi wisata menarik lainnya, termasuk Museum Bersejarah yang memiliki banyak peninggalan lama dan ilmu pengetahuan yang dapat Anda nikmati secara langsung. Dengan berkunjung ke museum, Anda dapat memperkaya pengetahuan sekaligus menambah pengalaman wisata yang berbeda dan menarik.

Rekomendasi Museum Bersejarah

Berwisata ke Museum di Kota Bandung bukan hanya menjadi alternatif yang lebih hemat biaya, namun juga memberikan pengalaman wisata yang berbeda. Anda akan merasakan sensasi berbeda saat melihat berbagai peninggalan lama dan ilmu pengetahuan yang tersaji di dalamnya. Selain itu, dengan berkunjung ke museum, Anda juga dapat menambah wawasan tentang Kota Bandung dan berbagai sejarahnya.

Setiap museum memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, mulai dari koleksi benda-benda peninggalan sejarah hingga informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman dahulu. Semua ini bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke berbagai museum bersejarah di Kota Bandung. Berikut adalah 5 Rekomendasi Museum Bersejarah yang ada di Kota Bandung versi ASR Discover.

1. Museum Bersejarah Geologi Bandung

Foto : Ikhlasul Amal on flickr.com

Destinasi pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Museum Geologi. Di gedung ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi fosil, bebatuan, mineral, dan peta. Tidak hanya itu, tempat bersejarah yang terletak di Jalan Diponegoro, Cibeunying Kaler, Kota Bandung ini juga memiliki alat peraga gempa yang biasanya menarik banyak perhatian pengunjung untuk datang.

Berbagai replika hewan purba juga bisa Anda temui di Museum Geologi ini, maka dari itu tempat bersejarah ini sangat cocok untuk menjadi tujuan destinasi pendidikan dan ilmu pengetahuan.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Foto : commons.wikimedia.org

Museum yang biasa dikenal sebagai Gedung Merdeka dan berlokasi di kawasan Braga ini awalnya dibangun atas keinginan para pemimpin bangsa di Asia dan Afrika. Di dalam museum ini terdapat berbagai dokumen rahasia, foto-foto yang mendokumentasikan peristiwa bersejarah seperti Temu Tugu, Konferensi Bogor, Konferensi Colombo, dan Konferensi Asia Afrika itu sendiri juga dapat anda temukan disana.  

Baca Juga : 10 Keajaiban Wisata Indonesia Yang Mendunia

3. Museum Sri Baduga

Foto : commons.wikimedia.org

Museum ini memiliki nama yang berasal dari salah satu nama Raja Pajajaran yaitu Sri Baduga Maharaja. Tempat bersejarah ini mulai diresmikan pada tahun 1980 dan memiliki banyak sekali koleksi di dalamnya. Di sini terdapat koleksi geologi, biologi, sejarah, seni rupa, teknologi, dan berbagai koleksi lainnya yang bisa Anda lihat secara langsung.

Bangunan bersejarah ini memiliki tiga lantai, dimana lantai pertama diisi dengan cerita mengenai sejarah alam yang dialami oleh Jawa Barat,. Lalu lantai dua diisi dengan berbagai macam koleksi mengenai sejarah yang berkaitan dengan unsur budaya. Terakhir, di lantai paling atas Anda bisa menemukan berbagai koleksi benda bersejarah dari zaman Hindu – Buddha hingga zaman colonial dan kemerdekaan di Indonesia.

4. Museum Gedung Sate

Museum Bersejarah
Foto : commons.wikimedia.org

Kota ini tidak akan lengkap tanpa adanya Gedung Sate yang ikonik. Selain menjadi tempat yang ikonik di Kota Bandung, bangunan ini juga bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata museum. Di dalam bangunan museum ini terdapat berbagai macam informasi yang interaktif dan tentunya menarik. Anda bisa menyaksikan demonstrasi teknologi seperti display kaca interaktif, model interaktif 3D Gedung Sate, hologram, dan lain-lain.

Baca Juga : 10 Hotel Terbaik dan Super Mewah di Jakarta

5. Museum Pendidikan Nasional

Foto : thisisinbalitimur on flickr.com

Tempat ini didirikan pada tahun 2015, dimana bangunan ini terbentuk sebagai bentuk tanggung jawab Universitas Pendidikan Indonesia dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah khususnya dalam bidang pendidikan.

Di dalam museum ini juga terdapat tempat yang menyimpan jejak sejarah pendidikan nasional, sekaligus tempat konservasi, pendidikan, dan penelitian. Kemudian hal yang menariknya adalah arsitektur bangunan ini pada dinding luarnya terdapat ukiran batik yang menampilkan keindahan yang sangat mempesona.

Itulah kelima museum di Kota Bandung yang bisa Anda manfaatkan sebagai destinasi edukasi dan sejarah ketika sedang berkunjung ke Kota Kembang ini. Masing-masing museum di atas memiliki makna dan nilai sejarah tersendiri yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Baca juga artikel lainnya di Pangansari.