Sebaiknya Hindari Konsumsi 7 Hidangan Ini Saat Perut Kosong


News

Perut kosong terlalu lama memang berbahaya bagi sistem pencernaan. Bahaya tersebut bisa berlipat ganda jika Anda salah mengkonsumsi makanan setelahnya. Anda mesti menghindari makanan tertentu seperti pisang atau kopi saat perut sedang kosong.

Reaksinya tidak akan menyenangkan bila Anda kekeh untuk tetap mengkonsumsinya. Selain pisang dan kopi, ada beberapa makanan atau minuman lainnya yang sebaiknya Anda hindari. Setidaknya sampai perut Anda sudah terisi makanan lain. Apa saja makanan itu?

 

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan diet paling terkenal. Buah menakjubkan ini membantu meredakan sembelit pada sistem pencernaan.

Namun, kandungan magnesium dan potasium yang tinggi pada pisang dapat merusak keseimbangan magnesium dan kalium dalam darah jika Anda makan dalam keadaan perut kosong. Jangan sampai Anda makan pisang pada waktu yang salah, meski buah ini sarat akan manfaat.

 

2. Teh dan kopi

Minum kopi saat perut kosong menyebabkan asam lambung Anda naik seketika. Jangan konsumsi minuman berkafein ini jika tidak ingin pencernaan Anda terganggu atau sakit perut sepanjang hari.

Minum teh saat perut kosong dapat menekan sekresi cairan lambung dan mengurangi empedu. Selain itu juga mengurangi asam di lambung yang membantu mencerna makanan secara menyeluruh dan mengurangi kadar kolestrol berlebih.

 

3. Minuman es

Jika Anda sering minum air hangat tiap pagi, Anda sudah melakukan kebiasaan yang benar. Tepis godaan untuk minum es kopi atau minuman dingin lainnya di pagi hari sebisa mungkin.  Minum minuman es saat perut kosong bisa merusak selaput lendir dan memperlambat sistem pencernaan. Sedangkan, minuman hangat membantu sistem dan metabolisme tubuh Anda.

 

4. Sayur mentah

Perhatikan yang satu ini baik baik, khususnya bagi mereka yang menganggap sayuran seperti salad tetap menyehatkan bila dikonsumsi kapan saja. Sayuran mentah atau salad mungkin bukan makanan terbaik untuk dimakan saat perut kosong. Serat kasar di dalamnya menambah beban ekstra bila dimakan saat perut kosong. Mereka juga bisa menyebabkan sakit dan kembung.

 

5. Tomat

Kandungan asam tanin yang tinggi pada tomat membuat asam lambung naik bila dikonsumsi saat perut sedang kosong. Tetapi, jangan menghindari tomat karena tingkat vitamin C nya tinggi. Konsumsilah tomat setelah makan atau sebagai makanan penutup dalam bentuk hidangan salad.

 

6. Gula buatan

Kita semua tahu bahwa terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh. Tapi tahukah Anda? Konsumsi terlalu banyak gula buatan memberi efek yang buruk pada hati sama seperti minum alkohol.

Gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan dinetralkan oleh serat di dalamnya. Tetapi, jumlah fruktosa yang berlebihan saat perut kosong bisa membebani hati dan dapat menyebabkan kerusakan hati. Jadi, usahakan jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan.

 

7. Pir

Meskipun pir umumnya merupakan camilan sehat yang kaya vitamin, kalium, dan rendah kalori, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi pir untuk sarapan pagi. Buah pir juga mengandung serat kasar. Serat ini bisa merusak lambung bila dikonsumsi saat perut kosong. Ini terutama berlaku untuk buah pir yang teksturnya keras.

Sama seperti tomat, bukan berarti Anda harus menghindari pir. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pir tidak membuat gemuk dan bagus untuk pola makan.

Ingat, Anda tidak perlu menghindari makanan atau minuman di atas. Masalahnya terletak pada kapan sebaikmnya Anda mengkonsumsinya. Masih banyak makanan atau minuman lain yang bisa Anda nikmati saat perut sedang kosong. Semua tergantung bagaimana Anda mengatur jadwal dan porsi hidangan.

 

Artikel lain dapat Anda temukan di Pangansari.
Khasiat Madu Untuk Bagian Luar Sampai Dalam Tubuh

 

 

Sumber :

 

Food.ndtv.com. (2020, 22 Oktober). 7 Foods You Should Never Have On An Empty Stomach. Diakses pada 16 April 2021, dari https://food.ndtv.com/food-drinks/7-foods-you-should-never-have-on-an-empty-stomach-1683749

Lifehack.org. (2021, 24 Maret). 10 Foods To Eat And Avoid On An Empty Stomach For Better Digestive Health. Diakses pada 16 April 2021, dari https://www.lifehack.org/488728/10-foods-to-eat-and-avoid-on-an-empty-stomach-for-better-digestive-health

Brightside.me. (n.d). 10 Foods to Avoid on an Empty Stomach If You Want to Stay Healthy. Diakses pada 16 April 2021, dari https://brightside.me/inspiration-health/10-foods-to-avoid-on-an-empty-stomach-if-you-want-to-lose-weight-501360/

 


Archive