Kuliner Mujarab yang Tingkatkan Fungsi Otak


News

Cari tahu desas-desus tentang makanan, dan Anda akan percaya bahwa suplemen dapat meningkatkan fungsi otak. Mulai dari mempertajam fokus, hingga meningkatkan memori dan konsentrasi.

Tapi apakah mereka benar-benar berfungsi? Tidak dapat disangkal bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh kita ikut menua. Kabar bagusnya, peluang untuk meningkatkan fungsi otak tersedia lewat pangan. Caranya dengan makanan dan minuman yang baik untuk otak ke dalam hidangan sehari-hari.

 

Kafein

 

Tidak ada obat ajaib untuk meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih pintar. Tetapi zat tertentu, seperti kafein, dapat memberi Anda energi dan membantu Anda berkonsentrasi. Ditemukan dalam kopi, coklat, minuman energi, dan beberapa obat, kafein memberi Anda suplai tenaga, meskipun efeknya jangka pendek. Namun efeknya dapat merusak memori jika di konsumsi berlebih. Karena berkaitan dengan penyakit jantung dan gangguan lainnya, jangan terlalu banyak menambahkan gula.

 

Gula

 

Gula adalah sumber bahan bakar favorit otak Anda. Bukan gula meja, tetapi glukosa lah yang diserap tubuh dari karbohidrat. Itulah mengapa segelas jus buah memberikan daya ingat, daya pikir, dan kapasitas mental dengan dorongan jangka pendek.

Terlalu banyak gula sebabkan rusaknya memori dan sederet efek negatif lainnya. Kurangi gula tambahan, karena bisa menyebabkan dampak buruk.

 

Makan Sarapan

 

Sebaiknya sempatkan diri untuk makan pagi. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi jangka pendek. Siswa yang sarapan cenderung lebih berprestasi daripada mereka yang tidak. Sarapan terbaik mencakup biji-bijian, produk susu, dan buah-buahan berserat tinggi. Jangan makan berlebihan; peneliti juga membuktikan bahwa sarapan berkalori tinggi tampaknya menghambat konsentrasi.

 

Ikan

 

Sumber protein yang terkait dengan peningkatan otak secara signifikan adalah ikan. Lebih spesifiknya adalah kandungannya yang sarat akan omega 3. Lemak sehat ini memberikan kekuatan otak yang luar biasa. Banyak makan ikan dapat meminimalisir risiko demensia dan stroke. Ditambah lagi, ikan memainkan peran penting dalam meningkatkan daya ingat, terutama seiring bertambahnya usia. Konsumsi dua porsi ikan dua kali untuk perlindungan otak dan jantung.

 

Kacang dan Coklat

 

Kacang dan coklat adalah lumbung vitamin E unggul. Dalam sejumlah penelitian, makanan ini dapat mengatasi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Di samping itu, Coklat hitam dengan sifat antioksidan kuat mengandung stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus.

Dengan minimnya kalori ekstra, lemak, atau gula, nikmati satu ons kacang-kacangan dan coklat hitam per hari untuk mendapatkan semua manfaat yang Anda butuhkan.

 

Alpukat dan Biji bijian

 

Setiap organ dalam tubuh, terutama jantung dan otak, mengandalkan aliran darah. Risiko penyakit jantung dan penurunan kolesterol akan berkurang dengan makanan buah-buahan seperti alpukat. Ini mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, serta mengaktifkan sel-sel otak secara cepat. Biji bijian utuh, seperti popcorn dan gandum utuh, juga menyumbang serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat mengandung lemak, lemak tak jenuh tunggal baik untuk menyehatkan aliran darah.

Di luar makanan diatas, masih ada banyak cara untuk meningkatkan fungsi otak. Jangan tidur terlalu larut, dan jadwalkan tidur selama 6-8 jam jika mungkin. Hidangan yang sehat tidak hanya baik bagi fungsi otak, namun segudang khasiat lainnya juga akan diperoleh.

Artikel tentang kesehatan lainnya dapat dikunjungi di Pangansari.

 

 


Archive