Jaga Kesehatan Mental Anda Sebaik Mungkin Dengan Tips Ini


News

Kesehatan mental tengah menjadi kekhawatiran ditengah era sosial media. Meski tidak nampak secara fisik, mental yang tidak sehat bisa membahayakan nyawa bila sudah parah.

 

Jika Anda terdiagnosa masalah kesehatan mental, Carilah informasi tentang diagnosis itu, pilihan perawatan dan ke mana harus mencari dukungan. Ketahui apa itu kesehatan mental dan cara merawatnya.

 

Apa itu kesehatan mental

 

Kesehatan mental merupakan komponen kesehatan sangatlah penting. Cakupannya meliputi psikologis, adaptasi, dan emosional. Selama hidup, jika Anda mengalami masalah kesehatan mental; pemikiran, suasana hati, dan perilaku Anda bisa terpengaruh. Manusia membutuhkannya selama tiap fase dalam hidup, dari anak-anak hingga dewasa. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental, termasuk :

 

• Faktor biologis, seperti gen atau saraf otak

• Pengalaman hidup, seperti trauma atau pelecehan

• Riwayat keluarga dengan masalah kesehatan mental

 

Masalah kesehatan mental biasa terjadi, hanya saja kadarnya berbeda beda. Kondisi orang dengan masalah kesehatan mental bisa menjadi lebih baik dan banyak yang sembuh total jika menghubungi bantuan. Praktikkan hal-hal berikut supaya hidup terasa lebih baik.

 

Luangkan waktu bersyukur

 

Bersyukurlah atas hal-hal baik dalam hidup Anda. Lakukan ini tiap hari dan rasakan sendiri manfaatnya. Pikirkan rangkaian hal-hal baik yang terjadi atau tuangkan di sebuah jurnal. Syukuri hal-hal besar seperti jika Anda baru saja sembuh dari suatu penyakit, atau hal-hal kecil seperti saat menikmati makanan enak.

 

Luangkan waktu sejenak bagi diri sendiri. Sadari bahwa Anda juga memiliki pengalaman positif. Bersyukur dapat membantu Anda melihat hidup secara berbeda. Misalnya, saat Anda stres, semua emosi positif yang pernah singgah terlupakan dengan sekejap. Rasa syukur dapat membantu Anda mengembalikan emosi positif tersebut.

 

Hakikat sebagai makhluk sosial

 

Hakikat manusia adalah makhluk sosial. Maka dari itu, penting untuk menjalin hubungan yang erat dan sehat dengan orang lain. Dukungan sosial dapat melindungi Anda dari bahaya stres. Bantuan seperti ini cocok bagi naluri kita sebagai manusia. Selain berhubungan dengan keluarga dan teman, libatkan diri pada komunitas atau lingkungan. Misalnya, jadilah sukarelawan organisasi lokal, atau bergabung ke grup yang sesuai dengan hobi.

 

Olahraga

 

Tubuh memproduksi endorfin (senyawa yang meningkatkan kebahagiaan) sebelum dan sesudah berolahraga. Karenanya, olahraga kerap diandalkan sebagai pencegah stres. Carilah cara untuk menambahkan aktivitas fisik harian, misalnya naik tangga dan berjalan-jalan sebentar.

 

Raih manfaat maksimalnya lewat berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Sebaiknya, lakukan . Paparan sinar matahari membantu tubuh Anda memproduksi vitamin D, yang meningkatkan kadar serotonin di otak. Ditambah lagi, menghabiskan waktu di alam terbuka terbukti meredam stres.

 

Memilah makanan

 

Apa yang Anda makan adalah bensin bagi seluruh tubuh, termasuk otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) menambah serotonin, sebuah senyawa kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan untuk suasana hati.

 

Makanan kaya protein meningkatkan norepinefrin, dopamin, dan tirosin, sehingga bantu jaga mood sepanjang hari. Sayuran dan buah-buahan sarat dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang memengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati.


Konsumsi asam lemak tak jenuh yakni Omega-3 (ditemukan pada ikan dan kacang-kacangani). Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan memulihkan integritas struktural sel-sel otak yang diperlukan sebagai fungsi kognitif.

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Sistem Imun Agar Tubuh Selalu Terlindungi


 

 

Sumber :

 

Mentalhealth.gov. (2020, 5 Maret). What Is Mental Health?. Diakses pada 4 Mei 2021, dari https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health

 

Medlineplus.gov. (n.d). How to Improve Mental Health. Diakses pada 4 Mei 2021, dari https://medlineplus.gov/howtoimprovementalhealth.html

 

Psychologytoday.com. (2015, 27 Oktober). Ways You Can Improve Your Mental Health Today. Diakses pada 4 Mei 2021, dari https://www.psychologytoday.com/us/blog/women-s-mental-health-matters/201510/9-ways-you-can-improve-your-mental-health-today

 

Sumber gambar :

Pixabay.com

 


Archive