Health Kesehatan Tubuh

Harus Tau! 5 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Manfaat Kulit Jeruk

Jeruk, dengan kebaikan alami yang ada padanya, sering kali dipilih sebagai pilihan utama di antara berbagai jenis buah lainnya. Rasa manis asamnya yang khas, ditambah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, membuat jeruk dicintai oleh semua kalangan.

Sumber: JJ Jordan

Namun, apa yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang adalah bahwa tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tahukah Anda bahwa kulit jeruk juga memiliki berbagai manfaat yang tak kalah hebatnya?

Kulit jeruk tidak hanya berfungsi sebagai perisai alami yang melindungi daging buah dari kerusakan dan kontaminasi. Ia juga menyimpan senyawa aktif antioksidan. Di balik rasanya getirnya, kulit jeruk meningkatkan kesehatan dengan menghalau serangan penyakit tertentu serta menunjang sistem kekebalan tubuh.

Mengejutkan bahwa bagian buah yang biasanya tak dianggap ternyata memiliki potensi besar terhadap kesehatan. Mungkin sudah saatnya meninjau lebih jauh soal “sampah” yang dipandang sebelah mata tersebut lalu mulai mendayagunakannya sebaik mungkin. Sebab manfaatnya sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

Manfaat Kulit Jeruk Bagi Pencernaan

Kulit jeruk bergelimangan serat makanan yang memainkan peran penting dalam mengatur pergerakan usus. Serat ini bekerja menyerap air dan memberikan volume ekstra pada limbah usus, sehingga memfasilitasi buang air besar secara teratur dan mencegah kondisi sembelit.

Mengutip National Institute of Health, dengan mengandung serat pangan berlimpah menjadikan buah serta kulitnya sebagai pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Dengan demikian, mengkonsumsi kulit dari buah ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh lainnya diantaranya.

Baca Juga: 5 Buah dan Sayur yang Kaya akan Vitamin C, Melebihi Buah Jeruk

Jantung

Kulit buah satu ini juga kaya akan hesperidin, jenis senyawa flavonoid. Senyawa ini mampu menjaga tingkat tekanan darah seperti semestinnya. Hesperidin bekerja dengan cara meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sehingga mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, hesperidin meningkatkan fungsi pembuluh sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Hesperidin yang juga berperan mengatur kadar kolesteromembantu mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Oleh karena itu, membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kekebalan Tubuh

Kulit buah ini telah banyak diteliti untuk mengulas manfaatnya terhadap sistem kekebalan tubuh. Kulitnya kaya akan antioksidan, dengan aktivitas antioksidan lebih dari 70%. Selain itu, ekstrak kulit jeruk menunjukkan efek anti-inflamasi yang bisa menekan peradangan.

Kulit berwarna oranye ini juga mengandung ekstra vitamin C, nutrisi penting yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi di tubuh.

Berat Badan

Kulit jeruk yang sering dibuang sebagai limbah diakui atas potensi penggunaannya dalam penurunan berat badan. Kulit jeruk kaya akan serat makanan, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya seperti pektin dan hemiselulosa yang bermanfaat untuk pengelolaan berat badan. Serat tersebut membantu mengendalikan nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang.

Senyawa bioaktif seperti flavonoid yang ada didalamnya memiliki sifat antioksidan yang mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, tingginya jumlah vitamin C membantu oksidasi lemak. Dengan demikian, kulit jeruk bisa membantu menurunkan berat badan.

Kesehatan Kulit

Selain kaya vitamin dan antioksidan termasuk solusi perawatan kulit. Vitamin C-nya memerangi radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Minyak alaminya menutrisi kulit, sementara asam sitrat berfungsi sebagai exfoliant alami. Kandungan anti-inflamasi juga membantu mengurangi jerawat dan noda.

Lain kali saat membuang kulit jeruk, pikirkan lagi. Anda mungkin membuang nutrisi dan manfaat kesehatan yang belum dimanfaatkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kulit jeruk bisa diolah menjadi makanan atau minuman.

Selain itu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat dan bergizi. Salah satu cara paling populer adalah dengan membuatnya menjadi manisan kulit jeruk. Untuk membuat manisan, kulit jeruk yang telah dibersihkan direbus dalam air gula sampai menjadi transparan dan mengkilap, lalu dikeringkan.

Manisan ini bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai resep kue atau roti. Selain itu, kulit jeruk juga bisa dijadikan teh dengan cara mengeringkannya dan kemudian merebusnya dalam air panas.

Di sisi lain, ada berbagai cara memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit untuk hasil bercahaya. Salah satunya adalah membuat masker wajah sendiri dari kulit jeruk kering yang dibubuk halus, dicampur dengan madu atau yogurt. Untuk selengkapnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.