Breakfast Food Health Kesehatan Tubuh Lifestyle

5 Buah dan Sayur yang Kaya akan Vitamin C, Melebihi Buah Jeruk

Buah dan sayur merupakan makanan yang mengandung banyak sekali khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Mengonsumsi vitamin C yang cukup dalam sehari merupakan hal yang penting bagi tubuh Anda.

Vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan, melindungi kulit dan jantung, karena vitamin C mengandung antioksidan tinggi. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapatkan banyak vitamin dengan mengonsumsi makanan mentah dan tidak dimasak, karena proses masak dapat menurunkan vitamin.

Pentingnya Buah dengan Vitamin C

Foto : Freepik.com

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting untuk diri Anda. Beberapa hewan dapat memproduksi vitamin C sendiri pada tubuhnya. Sayangnya, manusia perlu mendapatkan kandungan vitamin C dari sumber lain. Vitamin C ditemukan di banyak buah dan sayuran segar.

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Biasanya vitamin C identik dengan jeruk, yang mana memang buah ini memiliki kandungan vitamin yang sedikit lebih banyak dibandingkan buah lain. Selain jeruk, vitamin C juga terdapat di beberapa makanan lain. Berikut lima buah dan sayur yang kaya akan vitamin C.

Baca Juga : 3 Cara Mengolah Sampah Organik Dan Anorganik

1. Buah Pepaya

Foto : jcomp on Freepik.com

Satu porsi (setengah buah pepaya) menyediakan 94 mg vitamin C, yang cukup bagi kebanyakan orang untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Karena makanan sehat ini dimakan mentah, maka Anda cenderung akan mendapatkan lebih banyak vitamin C daripada sayur yang perlu untuk dimasak. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat ini dengan cara langsung makan, ataupun dihidangkan dengan cara di buat menjadi jus.

2. Paprika

Foto : 8photo on Freepik

Setengah potong paprika mengandung hingga 144 mg vitamin C.  Hal tersebut sudah jauh di atas asupan harian yang direkomendasikan, yaitu 120 mg setiap hari. Jika Anda memasukkan paprika ke dalam makanan harian Anda, maka kemungkinan besar Anda akan memenuhi kebutuhan harian untuk vitamin C. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak serat antioksidan.

3. Kiwi

Foto : jcomp on Freepik.com

Buah hijau yang terkemas dengan vitamin C. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran hijau, salah satunya kiwi. Satu buah kiwi berukuran besar yang lebih kecil dari jeruk sedang, menyediakan 84 mg vitamin C. Kiwi juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E, dan serat yang tinggi, Jadi, makanan sehat ini adalah pilihan buah yang tepat untuk dijadikan sebagai camilan sehat atau smoothie untuk sarapan pagi.

4. Jambu Biji

Foto : Freepik.com

Mungkin belum banyak yang tahu kalau jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita tahu, jambu biji mengandung banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Satu buah ini menyediakan lebih dari 200 mg vitamin C, dua kali lipat dari kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan yaitu 120 mg.

Jambu biji merupakan makanan tropis yang bisa Anda konsumsi secara mentah, atau di makan berbarengan dengan campuran bumbu dapur seperti garam dan merica. Makanan tropis ini juga memiliki kalori yang rendah, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi makanan ini sebab tidak akan mengganggu diet Anda.

5. Stroberi

Foto : jcomp on Freepik.com

Makanan sehat yang berwarna merah ini merupakan buah yang tepat untuk kesehatan Anda. Rasanya manis untuk hidangan penutup seperti smoothie, yogurt, oatmeal, dll. Satu porsi buah stroberi mengandung 85 mg vitamin C, yang sedikit lebih banyak dari satu porsi jeruk. Sama seperti semua buah beri, stroberi juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan ini memiliki manfaat untuk pencegahan kanker, meningkatkan kesehatan otak yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Makanan sehat ini juga sangat rendah kalori, karbohidrat dan gula. Maka makanan sehat berwarna merah ini merupakan pilihan yang bagus untuk diet sehat.

Baca Juga : 5 Manfaat Olahraga Yoga yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Perbanyak konsumsi buah kaya vitamin dan perbaiki pola hidup Anda agar mendapatkan kondisi tubuh yang bagus. Jangan lupa juga untuk memperbanyak vitamin lainnya selain vitamin C, karena semakin beragam vitamin yang Anda konsumsi maka semakin baik juga Kesehatan tubuh Anda. Artikel lainnya lihat di Pangansari.