Adventure Breakfast Food Food Launch Lifestyle Meat Soup Travel Yogyakarta

5 Wisata Kuliner Kota Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi

Wisata Kuliner

Kota Yogyakarta, yang juga dikenal sebagai Kota Istimewa, merupakan sebuah kota yang populer sebagai tujuan wisata bagi turis lokal maupun asing. Kota ini menawarkan berbagai destinasi wisata menarik dan memiliki potensi wisata kuliner yang kaya.

Selain memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda datangi, Kota Yogyakarta juga menyimpan banyak kekayaan kuliner di dalamnya, maka tidak heran mengapa banyak wisatawan asing yang datang untuk mencoba berbagai macam wisata kulinernya.

Rekomendasi Wisata Kuliner

Mencicipi wisata kuliner yang terdapat di Kota Yogyakarta merupakan salah satu bucket list para wisatawan pecinta kuliner. Selain jenis makanannya yang sangat bervariatif, cita rasa dari kuliner yang ada di Kota Yogyakarta juga tidak perlu diragukan lagi.

Setiap kota pasti memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Namun seperti julikannya yaitu “Kota Istimewa”, Yogyakarta memiliki juga keistimewaannya sendiri dalam segi destinasi maupun kuliner. Untuk mengetahui apa saja wisata kuliner yang wajib dicicipi, simak 5 wisata kuliner Kota Yogyakarta di bawah ini.

1. Wisata Kuliner Sate Klathak

Foto : https://commons.wikimedia.org/

Rekomendasi pertama yaitu sate klathak. Kuliner yang satu ini mungkin sudah sering kita jumpai di mana-mana, karena konsep yang disajikan sangat serupa dengan sate kambing. Namun hal yang membedakan sate klathak dengan sate kambing biasa adalah tusuk sate yang digunakan. Tusuk sate klathak menggunakan besi dari jeruji sepeda, yang dipercaya bahwa daging kambing yang terbakar akan matang dengan merata dan sempurna hingga ke bagian dalam daging.

2. Bakmie Jawa

Foto : youtube.com/Dyodoran

Menu yang satu ini merupakan salah satu menu yang sering wisatawan kunjungi. Selain rasa yang sudah pasti enak, dan bakmie ini menggunakan jenis mie yang memiliki ukuran besar. Bakmie ini di buat dengan cara direbus, ataupun digoreng, kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya seperti daun bawang, sayur sawi, daging ayam, kol, seledri, dan bumbu penyedap lainnya.

Baca Juga : 7 Oleh-Oleh Yogyakarta Yang Paling Terkenal

3. Kopi Klotok

Foto : deocardi on instagram.com

Setelah menu makanan, menu minuman yang satu ini juga tidak kalah menarik dan wajib untuk dicoba. Kopi Klotok ini bukan kopi biasa, terdapat proses pembuatan kopi yang berbeda dari pembuatan kopi pada umumnya.

Kopi Klotok dibuat secara tradisional khas Jawa, dimana kopi direbus dalam panci di atas alat tradisional yaitu tungku arang. Mengapa dinamakan Kopi Klotok? Karena pada saat proses perebusan kopi terdengar bunyi “klotok-klotok” dari air yang mendidih. Cocok disajikan saat hujan turun ataupun di malam hari.

4. Oseng Mercon

Foto : youtube.com/RiaSW

Menu makanan yang satu ini sudah menajdi favorit banyak wisatawan, terutapa para pecinta makanan pedas. Dengan rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi, tempat ini selalu ramai pengunjung hingga malam hari. Dinamakan oseng karena rasa pedasnya yang meledak-ledak layaknya petasan dalam mulut.

Oseng Mercon ini berisikan jeroan seperti kikil, tulang muda, kulit, gajih, dan daging sapi. Menu yang satu ini baiknya disantap saat baru matang dan panas, karena jika sudah dingin maka lemak dari oseng tersebut akan membeku dan akan mengurangi rasa nikmat.

Baca Juga : 7 Makanan Ini Dipercaya Menjaga Kesehatan Ginjal

5. Bakpia

Foto : https://commons.wikimedia.org/

Makanan ini menjadi salah satu makanan yang kerap dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Tidak ada toko oleh-oleh khas Yogyakarta yang tidak menjual bakpia. Namun kembali lagi kepada selera masing-masing untuk urusan rasa dan merk bakpia tersebut, ada beberapa merk yang digemari oleh banyak wisatawan, namun ada beberapa merk juga yang kurang digemari. Bakpia memiliki berbagai macam isian dan rasa, seperti kacang hijau, cokelat, keju, durian, dan lain-lain.

Berbagai macam kuliner bisa Anda rasakan jika pergi ke Kota Yogyakarta. Selain destinasi wisata yang banyak dan berlimpah, wisata kuliner yang dimiliki oleh Kota Jakarta juga tidak kalah melimpah. Itulah 5 wisata kuliner kota Yogyakarta yang wajib kamu cicipi, semoga membantu. Lihat artikel lainnya di Pangansari.