Cara Tentukan Harga dan Menu untuk Buka Usaha Catering Rumahan


News

Usaha makanan atau catering rumahan adalah menyiapkan makanan di rumah dan menyajikannya untuk pesta atau harian dalam skala terbatas. Meski begitu, wirausahawan catering rumahan yang terorganisir dapat menghidangkan makanan yang berkualitas untuk para pelanggan.

Catering rumahan termasuk dalam wirausaha, bisa dimulai oleh mereka yang tertarik dalam bidang pelayanan. Pekerjaan ini juga bisa dijadikan pekerjaan paruh waktu, sehingga cocok dijalani para ibu rumah tangga. Jadwal catering rumahan tidak sepadat catering industri jika mampu membagi waktu dengan baik.

Peluang membuka catering rumahan harian menjadi lebih besar karena pandemi yang sedang berlangsung membuat banyak orang bekerja dari rumah. Tidak semua orang suka memasak, dengan demikian mereka lebih memilih untuk memesan makanan. Meski harus masuk ke kantor pun belum tentu orang mau memesan makanan sembarangan di luar. Dari sinilah peran catering rumahan dibutuhkan.

Tidak seperti membuka restoran, bisnis katering rumahan memiliki risiko yang lebih rendah namun cukup menguntungkan. Usahan ini menggabungkan kombinasi kenyang dan praktis dengan tempat usaha yang tidak begitu rumit. Selain imbalan finansial, tentu mereka yang memang suka memasak pasti merasa puas jika makanan yang mereka buat disukai oleh orang banyak.

 

Membuka jasa catering rumahan

 

Membuka jasa catering rumahan harus memiliki pendidikan tinggi di bidang tata boga. Modal utamanya adalah bisa masak, dan memiliki keahlian memasak untuk beberapa kategori makanan seperti Eropa atau Asia. Pelaku usaha juga harus bisa mengatur waktu dengan baik, agar tidak ada jadwal yang bertabrakan.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan menu, penentuan harga, dan promosi agar usaha yang baru buka dapat diketahui orang banyak. Lalu faktor seperti kebersihan makanan dan perizinan juga harus dicermati dengan teliti.

Layanan catering rumahan tidak bergantung pada lokasi, karena buka di rumah sendiri pun tidak masalah. Maka dapat dikatakan bahwa ini merupakan industri rumahan, dan pelakunya kebanyakan melayani orang yang sudah dikenal sebelum memulai usaha. Ada juga yang menyiapkan dan menyajikan makanan untuk pesta atau makan malam, dan beberapa kegiatan formal lainnya.

Dari rumah sendiri mereka mampu bekerja secara efisien, dan sebagian pelaku usaha lainnya penyewa tempat khusus dengan standar tinggi, tanpa pengaruh faktor lokasi karena melayani pemesanan jarak jauh. Catering rumahan juga harus mempertimbangkan standar-standar yang berlaku dari pemangku kebijakan, terutama pada kelayakan makanan.

Catering bisa menjadi bisnis yang menguntungkan secara finansial. Anda tidak harus mendapat untung besar saat baru memulai, namun yang terpenting adalah menentukan harga dan menu yang tepat agar bisa diterima para pelanggan nantinya. Untuk membuka usaha catering rumahan secara keseluruhan, bisa memasak saja tidak cukup.

 

Harga makanan catering rumahan

 

Saat Anda memulai, mungkin sulit untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan, terutama jika pelanggan Anda adalah orang-orang dekat, misalnya keluarga dan kerabat sekitar. Namun, ingatlah bahwa Anda harus membayar semua makanan dan peralatan. Ada modal yang harus ditutup, agar kemudian meraih untung dan memajukan usaha.

 

Tentukan menu sebelum membuka usaha, dan cari tahu berapa kira-kira modal yang nantinya dibutuhkan. Perhitungan biaya termasuk penting agar usaha dapat berjalan lancar sejak awal. Jika Anda tidak sendiri atau mempekerjakan karyawan, tentukan waktu dan upah bekerja dan buat perhitungan yang terperinci.  

Jika perhitungan Anda sudah benar, keuntungan pasti mudah didapat. Tinggal kualitas masakan dan promosi yang menentukan. Banyak dari catering rumahan mengambil keuntungan yang cukup besar karena makanan mereka memang benar-benar enak dan berkualitas.

 

Maka dari itu, buat daftar bahan terperinci soal modal tagihan makanan. Beberapa catering memulai dengan margin sekitar 20-35% dari modal awal. Untuk porsi harga makanan catering rumahan, Anda bisa mematok harga sekitar Rp.60.000-Rp80.000 untuk dua kali makan (siang dan malam).

 

Aneka masakan catering rumahan

 

Anda bisa menyediakan masakan dengan tiga menu sekaligus, yakni menu utama, menu sayuran, dan menu pendukung. Menu utama terdiri dari lauk pauk seperti telur, ikan, ayam, tempe, tahu. Menu sayuran bisa disajikan praktis dengan menghidangkan sup, salad, atau sayur tumis. Tidak ketinggalan menu pendukung seperti kerupuk, gorengan, sambal, dan buah.

daftar menu catering harian rumahan tersebut adalah bahan pelengkap pada makanan pembuka dan penutup, dengan nasi sebagai bahan pokok. Anda bisa merubah variasi menu setiap harinya, atau menyediakan menu spesial pada akhir pekan agar pelanggan tidak merasa bosan dengan menu yang sama tiap minggunya.

Cari resep yang lezat untuk memadukan bahan-bahan masakan tersebut agar digemari oleh orang dari berbagai kalangan dan usia seperti anak-anak, karyawan kantor, atau para lansia. Anda bisa mencari menu yang bisa dijadikan menu khas sebagai nilai tambah dari usaha catering rumahan Anda. Ingat bahwa variasi tidak kalah pentingnya dari rasa makanan, karena seenak-enaknya makanan pasti akan terasa biasa saja bila dimakan terus-menerus.

 

Catering rumahan terdekat

 

Orang-orang biasanya memulai dengan mencari catering rumahan terdekat dari lokasi mereka. untuk itu, tentukan jarak pelayanan yang Anda sanggupi. Semakin luas jarak, maka semakil luas juga jangkauan konsumen atau target pasar. Setiap katering yang baik juga harus memiliki ulasan dan referensi yang positif sebanyak mungkin.

Mencari ulasan adalah praktik yang baik untuk dilakukan. Namun, rating bisa jadi akan menghancurkan usaha Anda nantinya jika pengalaman Anda masih awam dalam wirausaha. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli yang sudah pernah berkecimpung pada industri catering untuk mempermudah jalan usaha.

 

Hubungi kami

Pangansari menyediakan menu untuk skala menengah-besar. Bila Anda mencari catering terbaik di lokasi Jakarta khususnya Jakarta Timur, Pangansari siap menyajikan makanan-makanan dengan standar kualitas internasional.

Jika Anda ingin memesan untuk acara kerja, pesta atau harian, Pangansari siap menawarkan kepada Anda pilihan makanan lezat untuk setiap hidangan sepanjang hari, yang dikirim ke seluruh tempat di Indonesia hingga bagian pelosok. Hubungi Pangansari untuk informasi lebih lanjut.

 

Baca juga : Fasilitas Bintang 4 ASTON Pluit Hotel and Residence


Archive