Health

7 Tips Ubah Kulit Kusam Jadi Lebih Cerah

Rubah kulit kusam

Pangansari.com – Banyak orang mencoba berbagai langkah perawatan untuk membuat kulit kusam menjadi lebih sehat dan bercahaya. Kulit tidak hanya berfungsi sebagai indera perasa tetapi juga melindungi tubuh, mengatur suhu tubuh, dan banyak lagi. Ketika kulit Anda terawat dengan sehat, lapisannya pun akan bekerja keras untuk melindungi tubuh Anda. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana tips menjaga kesehatan kulit dengan benar.

Sebenarnya, bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat?

Cara Ubah Kulit Kusam Menjadi Lebih Cerah

Kulit manusia pada dasarnya rentan akan terkontaminasi dengan bakteri dan kotoran. Kesehatan kulit perlu dipelihara karena jika mengabaikannya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan ketahanan kulit dengan cara yang tepat.

Perawatan kulit tidak hanya dari luar dengan menggunakan produk-produk skincare tapi juga membutuhkan perawatan dari dalam dengan gaya / pola hidup yang sehat.

Baca Juga : Segudang Manfaat Air Kelapa dan Cara Konsumsinya

Berikut kami rangkum 7 cara merubah kulit kusam menjadi lebih cerah dan sehat :

1. Membiasakan Pola Makan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi adalah salah satu fakor yang mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Tak hanya memenuhi asupan gizi seimbang, pastikan juga menu harian mengandung vitamin dan antioksidan yang memang penting untuk menunjang kesehatan kulit seperti sayuran, buah , susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit secara rutin setiap hari. Lakukan rutinitas perawatan kulit Anda segera setelah mandi karena salah satu komponen paling penting dari kulit yang sehat adalah kelembapan.

3. Istirahat yang cukup

Cara menjaga kesehatan kulit lainnya juga menyentuh pola hidup Anda sehari-hari adalah menjaga Kualitas tidur yang baik yang membantu memberikan waktu pada kulit untuk beristirahat dan memperbarui sel yang rusak. Selama tidur nyenyak, tubuh akan meregenerasi kulit, otot, sel darah dan memproduksi kolagen baru

4. Mengkonsumsi Air Mineral Secara Teratur

Dengan engonsumsi air putih yang cukup menjadi langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air mineral yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan kulit anda secara keseluruhan . Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sehingga menghasilkan kulit yang lembab, sehat, dan lebih bercahaya.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Sistem Imun Agar Terhindar dari Penyakit

5. Hindari Stress

Ini karena stres berkepanjangan bisa memicu masalah pada kulit, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan rosceamenghasilkan hormon kortisol tubuh yang dapat meningkatkan produksi minyak alami kulit saat stress. Jika kamu sedang dalam keadaan stress, kamu isa mencoba meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai, rehat sejenak dari kesibukan, atau berkonsultasi kepada psikolog bila perlu

6. Lindungi Kulit dari Paparan sinar Matahari langsung

Berada di bawah sinar matahari pada rentang waktu pukul 10.00 – 16.00 dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, bintik-bintik penuaan, seperti keriput, hingga risiko kanker kulit. Jika Anda tetap harus beraktivitas pada waktu tersebut, Anda sangat dianjurkan untuk memakai tabir surya mengandung SPF dan PA. Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 dan ulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali.

7. Gunakan Pelembap

Perawatan kulit yang baik perlu menggunakan pelembap / moisturizer. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit tubuh yang kering, sangat disarankan untuk menggunakan pelembap sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya sabun muka, Anda juga perlu memilih pelembap sesuai jenis kulit. Kamu juga bisa mengkonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.
Baca Juga : 7 Makanan Ini Dipercaya Menjaga Kesehatan Ginjal