Health Kesehatan Tubuh Medical

5 Cara untuk Mengatasi Rambut Kering dan Rusak 

rambut kering
sumber : adamimedia.com

Rambut rusak merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh perempuan. Maka dari itu, rambut yang sering ditata dan diatur menggunakan banyak alat, termasuk pengering rambut dan catokan rambut dapat rusak dan kering. Adanya kerusakan rambut harus segera diatasi agar tidak menjalar lebih jauh pada pangkal rambut.

Merawat Rambut yang Kering dan Rusak

Banyak perempuan yang tidak bisa meninggalkan rumahnya dengan rambut kering atau rusak. Penggunaan alat penata rambut yang panas sering digunakan untuk mempercantik style rambut yang dimiliki oleh mereka, terutama catokan dan pengering rambut. Dua alat tersebut merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk melakukan proses penataan rambut. Namun tidak sedikit juga pemakaian alat penata rambut tersebut tidak diiringi dengan pemakaian vitamin pelindung yang bisa memberikan dampak kerusakan pada rambut. Kerusakan seperti rambut kering, rambut patah, dan rambut bercabang dapat terjadi apabila suhu alat yang digunakan terlalu panas. Dibawah ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut tersebut.

1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Bukan hanya untuk diet, namun mengonsumsi makanan bergizi dan meminum vitamin untuk tubuh juga sangat dibutuhkan oleh rambut. Karena rambut mengandung keratin, maka prioritaskan makanan yang berprotein seperti telur, kacang-kacangan, dan unggas. Konsumsi juga salmon, trout, dan sarden yang kaya akan omega 3 dan vitamin D, karena dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.
Perawatan kesehatan rambut dan kulit kepala tidak hanya dibutuhkan dari bagian luar saja, melainkan merawatnya dari dalam tubuh juga merupakan hal yang sangat penting demi menjaga keseimbangan kesehatan rambut dan seluruh tubuh.

2. Gunakan Conditioner dan Masker Rambut

Hanya dengan keramas, rambut akan kehilangan kelembapan dan akan terasa lebih kering. Menggunakan conditioner merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan batang rambut, dimana dengan memakan conditioner rambut akan terasa lebih lembab dan sehat.
Gunakan conditioner yang mengandung minyak kacang seperti kelapa, almond, dan kacang macadamia, karena bahan-bahan tersebut dapat membantu untuk memperbaiki kembali batang rambut yang rusak.

3. Rutin Potong Rambut

Memiliki rambut panjang memang indah dan cantik, namun jika rambut tidak dipotong secara berkala maka anda akan memiliki rambut rusak. Cukup potong ujung rambut beberapa centimeter saja untuk membersihkan ujungnya yang dapat menyegarkan lapisan rambut.
Karena hanya dengan pemotongan ujung rambut anda sudah bisa menunda kerusakan yang lebih parah dari kerusakan ujung rambut yang telah ada. Jika tidak melakukan pemotongan rambut secara berkala, kerusakan akan semakin menjalar hingga pangkal rambut. Kerusakan seluruh rambut tentunya akan sangat sulit diperbaiki dan dibutuhkan penanganan khusus.

4. Lindungi Rambut


Intensitas pemakaian alat elektronik panas untuk rambut tentunya dapat mengurangi kesehatan rambut. Maka dari itu, selaraskan pemakaian alat elektronik panas dengan penggunaan vitamin dan pelindung rambut agar rambut tetap sehat dan berkilau.
Bukan hanya penggunaan alat elektronik saja, ketika hendak berenang alangkah baiknya melakukan beberapa langkah untuk melindungi rambut. Basahkan rambut dengan air biasa terlebih dahulu, kemudian pakailah conditioner sebagai pelindung rambut sebelum terkena air kaporit.
Bahan kimia ini dapat merusak kelembapan rambut, dapat membuat rambut menjadi lebih kasar karena kadar keratin rambut menjadi terkikis pada saat berenang, dan juga dapat merusak struktur rambut.

5. Ganti Sarung Bantal secara Rutin


Sarung bantal berbahan satin sangat direkomendasikan untuk kesehetan rambut. Kapas dalam bantal dapat menyerap kelembapan rambut, tanpa peduli setebal apa benang dalam sarung bantal yang sedang dipakai.
Rambut anda akan sangat mudah kusut dan berantakan di pagi hari, maka dari itu sarung bantal satin sangat direkomendasikan untuk rambut karena rambut anda tidak akan mudah kering dan kusut saat bangun tidur.

Setelah melakukan kelima cara tersebut, anda juga bisa untuk melakukan perawatan rambut dengan ahli agar rambut tetap sehat dan kuat dalam jangka waktu yang lama. Semoga rambut anda menjadi lebih sehat dan kuat. Demikian 5 cara mudah untuk mengatasi rambut kering dan rusak yang bisa anda lakukan dirumah. Kamu bisa membaca tulisan seputar kesehatan lainnya di pangansari