Tips Memilih Makan Siang yang Lebih Sehat


News

Kira kira ingin makan siang apa ya hari ini ? Terdengar seperti pertanyaan sederhana, namun sulit luar biasa dalam menentukannya. Ya, membuat pilihan memang hal sulit, apalagi ini salah satu pilihan sehari-hari.

 

Jadi memilihnya pun harus berulang kali. Kadang kita tidak ingin makan siang yang sama tiap hari. Apalagi begitu banyak pilihan diluar sana.

 

Ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan. Buat mengerucuti pilihan, pastikan Anda mengonsumsi protein dan vitamin.

 

Ingatlah juga empat sehat lima sempurna agar Anda lebih mudah memilih makanan. Disini bakal ada tips buat Anda supaya lebih mudah menentukan makan siang.

 

Memilih makan siang

 

Memilih makan siang hari ini saja sudah cukup sulit. Ada begitu banyak pilihan yang tersedia di layanan pengiriman. Banyaknya restoran cepat saji, toko makanan, kedai, kadang malah membuat bingung. Pengiriman selalu jadi opsi luar biasa, terutama saat Anda berada di tengah-tengah shift kerja.

 

Kebanyakan orang hanya mendapat istirahat makan siang setengah jam. Tiga puluh menit bukanlah waktu yang lama, apalagi jika Anda tidak mempersiapkan sendiri dari rumah.

 

Waktu yang dipakai untuk mencari makan siang saat ini harusnya bisa dinikmati sambil mengunyah makan siang.

 

Jadi, pesanlah makan siang sekitar setengah jam sebelum waktu istirahat. Makanan Anda akan tiba di waktu yang cukup buat menikmati makan siang. Yang tersisa sekarang adalah memutuskan apa yang akan dipesan untuk makan siang?

 

Makan siang sehat

 

Makanan dan minuman sehat apa yang harus disertakan dalam makan siang? Cobalah masukkan beberapa protein tanpa lemak. Anda bisa kenyang lebih lama bila mengkonsumsi salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, udang atau ayam.

 

Jika Anda mempersiapkannya untuk bekal, makanan tersebut perlu disimpan di lemari es supaya meminimalisir risiko keracunan makanan.

 

Sertakan juga banyak buah dan sayur di makan siang Anda. Siapkan sebuah apel, tomat ceri, wortel, mentimun, lada atau batang seledri, atau sekotak kecil kismis.

 

Jangan lupa juga soal minuman. Air putih tetap yang terbaik, tetapi Anda juga bisa memasukkan susu atau minuman gandum jika Anda tidak toleran terhadap laktosa.

 

Makan siang untuk diet

 

Jika Anda ingin turunkan berat badan, aturlah asupan jarak kalori di siang hari. Terutama antara sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan agar kenyang lebih lama.

 

Makan siang 400 kalori cocok dengan asupan 1.500 kalori sehari. Jika rutin, berat Anda bisa turun 1 hingga 2 pon perminggu.

 

Perbanyak juga serat dan protein karena keduanya membantu Anda merasa kenyang. Bawalah makan siang yang mudah dipersiapkan dan disantap. Ini sangat cocok terlebih lagi jika Anda sibuk.

 

Makan siang untuk penderita asam lambung

 

Beda lagi jika Anda menderita asam lambung. Tentu makan tidak boleh sembarangan apalagi yang pedas-pedas. Anda bisa coba konsumsi makanan di bawah ini.

 

Sup

 

Semangkuk sup sayuran lezat merupakan makan siang yang ramah terhadap lambung. Sebaiknya jangan masukan sayuran asam seperti tomat. Tingkat asam yang berlebihan mampu picu asam lambung.

 

Pilih kaldu dari sayur-sayuran. Hindari keju atau varietas berbasis susu, dan jangan tambahkan daging berlemak. Hindari kandungan lemak tinggi guna menghindari asam lambung selama proses pencernaan lemak.

 

Lambung membutuhkan waktu lebih saat mencerna lemak. Hal itu meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Sumber protein tanpa lemak, seperti ayam dan kacang-kacangan, mampu menyulap sup Anda menjadi makanan super mengenyangkan.

 

Dada ayam

 

Segudang pilihan makan siang ramah lambung dapat dibuat dengan dada ayam panggang tanpa kulit. Suwir bagian dada ayam panggang, lalu taruh diatas roti rendah lemak. Hindari bumbu seperti mustard, salsa, dan saus tomat.

 

Memilih untuk tidak menghiasi patty ayam Anda dengan bawang atau tomat, yang keduanya dapat meningkatkan gejala Anda. Bawang atau tomat bisa meningkatkan gejala asam lambung Anda. Selada, atau sayuran hijau lainnya bisa menjadi pengganti yang tepat.

 

Ikan Panggang

 

Ikan adalah pilihan yang bagus untuk penderita penyakit asam lambung jika tidak digoreng atau tanpa lemak. Hanya mencampurkan fillet ikan panggang dan nasi saja sudah menjadi konsumsi yang bagus buat Anda.

 

Terlebih lagi, makan jenis ikan yang kaya omega-3 memberikan manfaat kesehatan tambahan bagi mereka yang mengalami refluks asam. Asam lemak omega-3 pada ikan mampu mengurangi peradangan terkait asam lambung.

 

Artikel lainnya bisa Anda kunjungi di Pangansari.
Rasakan Manfaat Nanas Untuk Tulang dan Kulit


 

 

Sumber Gambar :

Flickr.com


Archive