Inilah Cara Mengatasi Noda Kotor pada Lemari Dapur


News

Lemari dapur yang kotor terkadang bisa jadi pemandangan menyebalkan. Dari yang awalnya kita beli dalam keadaan bagus, semakin lama digunakan bentuknya jadi tidak semulus dulu. Tentu saja kita membelinya karena terlihat kinclong bukan? Rasa puas melihat lemari bersih bisa terasa untuk kedua kalinya, harus sedikit berusaha tentunya.

 

Waktu yang tepat

 

Hemat waktu dan energi Anda menggunakan dua metode pembersihan kabinet. Mereka disebut metode mingguan dan metode musiman.

 

Mingguan :

 

Dibanding membersihkan tiap hari, salah satu cara terbaik membersihkan lemari dapur adalah perawatan mingguan. Cukup semprotkan pembersih serbaguna pada kain mikrofiber, dan seka bekas jari, percikan, dan noda lainnya. Pastikan juga untuk mendisinfeksi bagian yang keras.

 

• Musiman :

 

Bersihkan lemari Anda tiga atau empat kali setahun. Untuk melakukannya, kosongkan semua isi lemari. Kemudian oleskan kain mikrofiber dengan pembersih ringan, lalu seka rak, bagian dalam pintu, dan bagian luar pintu. Gunakan sikat gigi bersih pada sudut dan celah kecil lainnya. Biarkan benar-benar kering sebelum lemari diisi kembali.

 

Cara membersihkan eksterior lemari dapur

 

Noda membandel, bekas jari dan kebocoran dapat menyebabkan noda berminyak pada lemari dapur Anda, membuatnya tampak tidak bersih. Cobalah langkah-langkah mudah dan bermanfaat ini untuk membersihkan lemari dapur seperti seorang profesional.

 

Basahi kain pembersih

 

Pertama, ambil kain mikrofiber atau katun dan basahi dalam ember berisi air hangat sebelum diperas.

 

Seka kabinet dengan pembersih dapur

 

Anda dapat membersihkan rak dapur Anda dengan pembersih khusus. Cari yang terbaik dan baca instruksi terlebih dahulu. Selalu lakukan uji coba di bagian kecil saja agar tahu bahwa pembersih benar-benar bagus.

 

Bilas Kabinet

 

Bilas kembali kain dengan air hangat dan peras. Lap kembali lemari untuk menghilangkan sisa pembersih.

 

Lap Kabinet hingga Kering

 

Sekat lemari memakai kain kering. Itu akan menyerap air berlebih atau kotoran yang tertinggal. Gunakan kain mikrofiber agar hasilnya lebih baik.

 

Cara membersihkan interior lemari dapur

 

Terkadang, lemari yang berantakan juga bisa menimbulkan noda pada bagian dalam. Berikut cara membersihkan lemari dapur Anda.

 

Kosongkan Kabinet Anda

 

Pertama, keluarkan isi lemari dapur Anda. Dengan demik, proses pembersihan bakal lebih mudah.

 

Bersihkan Bagian Dalam dengan Pembersih

 

Bersihkan bagian dalam dapur jika ada kotoran yang menempel. Gunakan alat pembersih yang bisa Anda peroleh di toko terdekat.

 

Baca instruksi terlebih dahulu sebelum Anda memulai. Bilas kain setelah digunakan lalu seka kembali agar sisa air dan noda membandel hilang. Keringkan lemari dengan handuk bersih.

 

Sortir Isi

 

Setelah proses selesai, lihat kembali isi lemari yang tadi dikeluarkan. Cocokan kembali letak sebelumnya, atau pindahkan sesuai keinginan Anda.

 

Atur Kabinet Dapur Anda

 

Sebagai tips, selalu simpan barang yang lebih besar dan jarang digunakan di belakang. Sebaliknya, letakan barang yang lebih kecil dan sering digunakan di depan

 

Cara membersihkan lemari dapur kayu

 

Dibawah ini terdapat 5 metode yang bisa digunakan.

 

• Seka permukaan menggunakan kain atau spons yang sudah dibasahi sabun pembersih.

 

• Campurkan secangkir cuka dan secangkir air panas. Gunakan spons lembut untuk menggosok lemari. Asam pada cuka merupakan bahan pembersih yang baik, sehingga dapat  menghilangkan lemak dan kotoran lengket. Keringkan setelah Anda selesai.

 

• Larutkan beberapa sendok teh soda kue di dalam mangkuk. Kemudian bersihkan perlahan menggunakan spons

 

• Cobalah produk pembersih kayu khusus jika minyak dan noda masih bandel.

 

• Bersihkan juga debu secara teratur. Partikel halus berminyak akan mengendap di semua permukaan. Jika begini, debu bakal lebih mudah menempel. Kombinasi minyak dan debu inilah yang membentuk residu lengket dan sulit dihilangkan.

 

Bila dibiarkan begitu terus, bakal lebih banyak lagi kotoran di lemari Anda. Imbasnya isi lemari bisa ikut kotor, barang di dalamnya tidak lagi higienis.

 

Cara membersihkan lemari dapur stainless

 

Membersihkan lemari logam tidak sesulit lemari kayu. Namun harus hati hati karena membutuhkan ketelitian lebih.

 

• Gunakan air sabun atau cuka.

 

• Batasi penggunaan soda kue lantaran bisa merusak permukaan logam.

 

• Untuk noda dan kotoran yang kasar, Anda bisa menggunakan alkohol. Jika berhasil, Anda dapat mencoba pembersih logam.

 

• Untuk membersihkan karat, gunakan sabut baja halus. Hati-hati saat menggosok sekitar area berkarat.

 

• Jangan menggunakan air berlebihan karena bisa memicu erosi.

 

Tenang saja, tidak perlu setiap hari membersihkannya. Mingguan atau saat 4 kali dalam setahun saja cukup. Semua ini juga demi menjaga kebersihan barang di lemari Anda, bukan?

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.
Tips memilih makan siang yang lebih sehat


 

 

Sumber Gambar : 

Flickr.com

https://pngtree.com/so/simulation


Archive