Health Lifestyle Popular Trending

Memakai Sunscreen Setiap Hari, Perlu atau Tidak?

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang dapat membantu untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari. Produk ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan seperti terbakar sinar matahari, keriput, dan juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.

Beberapa orang berpikir bahwa mereka hanya membutuhkan sunscreen di saat mereka sedang pergi ke pantai atau pergi di tempat yang akan terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama saja. Namun faktanya Anda harus menggunakan sunscreen setiap hari agar kulit Anda terlindungi dari sinar UV matahari.

Pentingnya Sunscreen

Foto : gpointstudio on Freepik.com

Banyak orang tahu pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari, namun pada kenyataannya, sebagian besar dari mereka tidak menerapkannya. Mereka seringkali berpikir bahwa sunscreen hanya diperlukan saat cuaca panas terik. Padahal, faktanya adalah Anda seharusnya menggunakan sunscreen setiap hari, baik saat cuaca cerah maupun mendung. Mengabaikan penggunaan produk perlindungan sinar UV ini dapat membahayakan kesehatan kulit Anda.

Baca Juga : 5 Manfaat Memulai Hari Anda Dengan Jalan Kaki

Sinar UV (ultraviolet) akan selalu ada di siang hari, sinar ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan kulit dan kanker kulit pada diri Anda. Sinar UV sama sekali tidak terhalang oleh awan, sehingga meskipun matahari tidak terlihat secara jelas pada siang hari, Anda akan tetap terpapar oleh sinar ultraviolet. Jika Anda menggunakan sunscreen, maka produk tersebut akan menghalangi sinar UV dan mengurangi kemungkinan Anda terkena sengatan matahari.

Pilihlah Tabir Surya Yang Tepat

Dalam pemilihan tabir surya, alangkah baiknya jika Anda mencari broad spectrum sunscreen untuk perlindungan sinar UV yang maksimal. Sinar UV ini sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sinar UV A, UV B, dan UV C. Sinar UV yang memberikan dampak kerutan dan penuaan dini disebabkan oleh sinar UVA. Sedangkan sinar yang bisa menyebabkan efek kemerahan dan kulit menjadi terbakar adalah sinar UVB.

Sunscreen yang dapat melindungi kulit kita dari dua sinar UV A dan UV B disebut dengan broad spectrum sunscreen. Maka sangat disarankan agar Anda memilih tabir surya yang dapat melindungi kulit dari kedua sinar tersebut.

Foto : Freepik.com

Penuaan dan kerutan bisa terjadi karena adanya paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Kerusakan kulit akibat terkenanya sinar matahari selama bertahun-tahun bisa menyebabkan Anda keriput dan terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Maka dari itu, Anda harus bisa memilih tabir surya yang tepat dan tentunya harus sesuai juga dengan jenis kulit Anda.

Manfaat Sunscreen

Seperti yang sudah sering kita dengar, memakai sunscreen adalah salah satu cara untuk melindungi kulit kita dari kerusakan kulit dan kanker kulit. Namun, menurut ahli kulit Anna Chacon, MD, dan Ilyas, manfaat dari pemakaian tabir surya adalah menunda tanda-tanda penuaan seperti kerutan, kemudian dapat mencegah terjadinya kulit belang, dapat memudarkan bekas luka, dan dapat menahan cahaya radiasi dari smartphone Anda.

Baca Juga : 5 Buah dan Sayur yang Kaya akan Vitamin C, Melebihi Buah Jeruk

Perlindungan sunscreen memang penting untuk kulit, namun para ahli tetap mengatakan perlindungan yang terbaik adalah dengan memakai berbagai lapisan perlindungan. Seperti menggunakan topi lebar dan pakaian pelindung sinar matahari. Jangan lupa untuk oleskan tabir surya setiap dua jam sekali, dan hindari sinar matahari secara langsung pada pukul 10.00 sampai dengan pukul 14.00, karena jam tersebut adalah saat dimana sinar matahari sedang terik dan dapat merusak lapisan kulit. Artikel lainnya lihat di Pangansari.