Adventure Popular Trending World

Masjid Di Jakarta Yang Harus Kamu Datangi Saat Ramadan

Masjid Kota Jakarta

Bulan Ramadan selalu menjadi momen yang sangat dinantikan untuk ibadah bersama di masjid oleh para umat muslim di seluruh dunia. Dalam bulan yang penuh berkah ini, banyak masjid yang mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung umat muslim dalam menunaikan ibadah. Antusiasme umat muslim terlihat sangat tinggi untuk mengisi kegiatan yang bermanfaat bersama sanak saudara. Tarawih, buka puasa bersama, tadarus, berbagi takjil, dan lain-lain menjadi kegiatan yang biasa dilakukan oleh umat muslim dalam bulan Ramadan.

Namun, untuk melaksanakan semua itu, dibutuhkan tempat yang bersih dan fasilitas yang memadai agar proses ibadah berjalan dengan lancar dan nyaman. Tetapi jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak masjid dengan fasilitas yang memadai sehingga melakukan kegiatan ibadah di sana akan terasa nyaman. Dengan fasilitas yang memadai, umat muslim dapat menikmati bulan Ramadan dengan tenang dan fokus dalam menjalankan ibadah.

Baca Juga : 5 Museum Bersejarah Yang Harus Anda Kunjungi di Kota Bandung

Kegiatan Di Bulan Ramadan

DKI Jakarta merupakan kota yang memiliki banyak destinasi tempat yang bisa dikunjungi. Ada berbagai macam tempat wisata, kuliner, tempat ibadah, dan yang lainnya. Namun tempat yang paling akan selalu dikunjungi oleh para masyarakat adalah tempat ibadah. Di mana setiap harinya akan ada masyarakat yang datang untuk beribadah, terutama umat muslim.

Umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sebanyak lima kali dalam sehari, tentunya tempat ibadah merupakan tempat yang akan paling sering dikunjungi. Saat bulan Ramadan tiba, umat muslim melaksanakan berbagai macam aktivitas tambahan yang biasa hanya dilakukan di bulan Ramadan saja. Maka dari itu, berikut masjid di Kota Jakarta yang memiliki berbagai aktivitas di bulan Ramadan dengan tempat dan fasilitas yang nyaman.

Masjid Istiqlal

Foto : https://commons.wikimedia.org/

Tempat ibadah ini terletak di daerah Jakarta Pusat. Tempat ibadah ini juga telah dinobatkan sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara, yang mampu menampung kapasitas sebanyak 200.000 orang. Masjid Istiqlal juga merupakat masjid tersebsar ke 4 di dunia, dengan luas 95,000 m2. Diselesaikan pada tahun 1978, untuk memperingati 33 tahun kemerdekaan Indonesia sebagai rasa syukur bangsa atas nikmat Tuhan. Bernama “Istiqlal” karena di ambil dari Bahasa Arab yang memiliki arti “kemerdekaan”. Ada banyak pemimpin dunia yang telah datang untuk mengunjungi masjid ini selama kunjungan diplomatik mereka, termasuk Presiden AS Barrack Obama, Pangeran Charles dari Inggris Raya.

Di bulan Ramadan ini, tempat ibadah umat muslim yang berada di Jakarta Pusat ini rutin mengadakan acara buka puasa. Porsi yang disediakan oleh masjid ini sebanyak 3.000 porsi dalam sehari. Buka puasa yang diadakan oleh Masjid Istiqlal dilaksanakan secara gratis. Masjid ini juga menghadirkan beberapa narasumber untuk tausiyah ditengah ibadah tarawih bersama.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Libur Lebaran Di Kota Jakarta

Selain itu ada program itikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Program tersebut akan mengundang para santri untuk membimbing para peserta itikaf. Kemudian, pada sore hari akan ada beberapa sukarelawan untuk bantu memberikan takjil gratis kepada masyarakat yang lewat di sekitar Masjid Istiqlal. Lalu juga akan ada banyak kegiatan ceramah yang diisi oleh berbagai narasumber, dilengkapi dengan berbagai games yang telah disediakan oleh penyelenggara.

Disarankan Anda datang sebelum buka puasa, karena aka nada banyak masyarakat yang sudah mengantri untuk mendapatkan makanan takjil dan makanan untuk berbuka puasa. Datanglah pukul 3 sore, maka Anda akan mendapatkan jatah porsi makanan yang telah disediakan oleh Masjid Istiqlal.

Itulah masjid yang harus Anda kunjungi di saat bulan Ramadan. Selain berbagai aktivitas, tempat, dan fasilitas yang nyaman, Anda akan merasakan bagaimana suasana bulan Ramadan yang sesungguhnya ketika Anda bertemu dengan sesama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa juga. Artikel lainnya bisa dilihat di Pangansari.