Health Kesehatan Tubuh Medical

Berbagai Manfaat Belimbing Wuluh

Khasiat belimbing wuluh

Kandungan Belimbing Wuluh

Nama latin Belimbing wuluh adalah Averrhoa Bilimbi Linn, merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina, Sri Langka, Myanmar, dan Malaysia. Sering disebut sebagai belimbing sayur, tumbuhan ini biasanya hidup pada ketinggian 5 hingga 500 meter diatas permukaan laut dan merupakan jenis tanaman tropis yang dapat berbuah sepanjang tahun. Di Indonesia sendiri, pohon buah ini sering ditemui tumbuh liar. Rasanya yang masam, getir, dan manis membuat buah ini kerap dijadikan sebagai bahan masakan untuk berbagai macam menu makanan.

Buah hijau asam ini ternyata punya manfaat begitu besar. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari memelihara kadar gula darah hingga mempercepat penyembuhan luka.

Tak hanya kaya akan rasa, belimbing wuluh juga diperkaya dengan kandungan nutrisi. Mengandung serat, vitamin C, vitamin B, zat besi, karbohidrat, protein, serta tanin dan flavonoid membuat Averrhoa Bilimbi Lin efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Belimbing Wuluh or Averrhoa bilimbi

Cara mengolah belimbing wuluh untuk obat

Tak hanya buahnya yang bermanfaat, daun dan bunga, hingga getah dari belimbing wuluh pun memiliki khasiat. Bertangkai pendek dengan daun majemuk menyirip, daun tanaman tropis ini ternyata memiliki khasiat untuk Anda yang memiliki masalah autoimun rheumatoid arthritis atau yang biasa dikenal dengan nyeri sendi atau rematik.

Penyakit ini menyerang area persendian, yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi. Melansir dari laman ykpbankbjb.or.id, siapkan 100 gram daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica, dicuci lalu digiling halus.

Tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempat yang sakit. Ramuan daunnya juga dapat mengurangi bengkak gondongan. Anda dapat menghaluskan bawang putih, daun, dan batang muda belimbing wuluh. Lalu oleskan pada area yang bengkak akibat gondongan.

Bunganya yang berukuran kecil berwarna ungu kemerahan ampuh untuk asma dan batuk ringan. Untuk asma, rebuslah bunga belimbing wuluh dengan 2 gelas air dan tambahkan gula batu agar rasa lebih menarik. Minum 2-3 kali sehari untuk mengurangi sesak nafas.

Berikutnya tentang khasiatnya yang mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Kandungan serat, flavonoid dan antioksidan di dalam buah ini menjaga kadar gula tetap stabil. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat meminum air rebusan buahnya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merebus 1 gelas air dengan 2 buah belimbing, setelah air rebusan mendidih, tiriskan. Anda dapat mengonsumsi air rebusan ini secara rutin 2 kali sehari dalam keadaan hangat.

Selain dapat mengontrol gula darah, buah yang biasa disebut bilimbi ini juga bisa memelihara kesehatan jantung dan mengontrol hipertensi. Masih dengan cara yang sama untuk mengontrol gula darah, yaitu mengonsumsi air rebusan buah bilimbi setiap pagi secara rutin.

Teknik Budidaya Tanaman

Cara budidaya tanaman belimbing wuluh dapat dilakukan dengan cara menyetek batang pohon (Wikipedia) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih pohon yang berbuah lebat
  2. Potong salah satu batangnya yang tidak terlalu muda dan juga jangan terlalu tua
  3. Rendam batang pohon yang dipotong ke dalam larutan perangsang pertumbuhan akar selama 1 malam.
  4. Siapkan media menanam berupa pot besar, isi dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang.
  5. Tancapkan potongan batang pohon langsung ke pot
  6. Lakukan penyiraman, serta usahakan penanaman dilakukan awal musim hujan agar kondisi lingkungan lembap sehingga batang tidak kering.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video