Kesehatan Tubuh Lifestyle

4 Penyebab Mengapa Anda Selalu Merasa Kelelahan

Keadaan kelelahan merujuk pada sensasi yang dialami seseorang yang merasa lelah, lemah, atau kekurangan energi secara terus-menerus. Penting untuk diingat bahwa keadaan lelah itu sendiri bukanlah suatu kondisi kesehatan, melainkan merupakan gejala yang mungkin timbul akibat faktor lain.

Secara umum, kelelahan dapat disebabkan oleh berbagai faktor mendasar yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Seperti aktivitas fisik yang berlebihan atau menjalani rutinitas yang padat. Namun, seringkali kelelahan merupakan hasil dari berbagai masalah yang melibatkan faktor sosial, psikologis, fisik, dan gaya hidup seseorang.

Sering Kelelahan

Foto : Racool_studio on Freepik.com

Kelelahan yang sering terjadi merupakan salah satu alasan utama mengapa orang mencari bantuan medis. Penyebab keadaan ini dapat bervariasi, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, beban kerja yang berlebihan, hingga masalah kesehatan yang mendasarinya.

Terkadang, kelelahan juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor sederhana seperti kurang tidur atau mengalami penyakit ringan seperti flu atau pilek. Dalam kebanyakan kasus, kelelahan dapat diatasi melalui perubahan gaya hidup atau pola makan yang lebih sehat, serta dengan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat.

Namun, untuk mengatasi kelelahan secara efektif, penting untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. Berikut ini adalah empat faktor penyebab yang mungkin menjelaskan mengapa Anda selalu merasa kelelahan.

1. Tidak Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Foto : jcomp on Freepik.com

Mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, masih banyak di antara kita yang kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan hal ini dapat menyebabkan rasa kelelahan.

Selama tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang penting untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bahwa kebanyakan orang merasa segar, waspada, dan energik setelah tidur dengan kualitas yang baik.

2. Kelelahan Menyebabkan Stres

Foto : creativeart on Freepik.com

Stres kronis dapat berperan dalam memicu kelelahan terkait stres. Yaitu sebuah kondisi medis yang ditandai oleh keadaan yang terlalu lelah baik secara psikologis maupun fisik. Stres kronis juga dapat berdampak pada perubahan struktural dan fungsional di otak, serta menyebabkan peradangan kronis yang bisa menimbulkan gejala kelelahan.

Meskipun sulit untuk menghindari situasi stres, terutama yang terkait dengan pekerjaan atau tanggung jawab keluarga, Anda dapat mencoba mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan aktivitas seperti mandi relaksasi, meditasi, atau berjalan-jalan di sore hari dapat membantu mencegah terjadinya kelelahan total pada tubuh Anda.

3. Mengonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Foto : wirestock on Freepik.com

Meskipun minuman berkafein seperti kopi dan minuman berenergi lainnya, itu hanya memberikan Anda dorongan energi sementara. Ketergantungan yang berlebihan pada substansi tersebut dapat membuat Anda lebih lelah di keesokan harinya.

Hal itu terjadi karena terlalu banyak kafein yang dapat mengganggu tidur Anda, sehingga menyebabkan berkurangnya kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa mengalami kelelahan di pagi hari mendorong seseorang untuk mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan. Sehingga berpotensi mengganggu siklus tidur mereka.

Terlalu banyak minum kopi dapat membuat Anda merasa lebih cemas di malam hari, sulit tidur, lebih sering terbangun di malam hari, kurang tidur, dan lelah di siang hari.

4. Dehidrasi

Foto : Freepik.com

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi yang optimal. Setiap hari, saat Anda menjalani berbagai aktivitas, berbagai reaksi tubuh terjadi yang menyebabkan hilangnya air dalam tubuh yang perlu digantikan.

Dehidrasi terjadi ketika Anda tidak mengonsumsi cukup cairan untuk menggantikan kehilangan air melalui urin, tinja, keringat, dan napas. Dehidrasi sebenarnya memiliki dampak pada seluruh tubuh, termasuk juga pada siklus tidur Anda.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan penurunan tingkat energi dan gangguan konsentrasi. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup agar terhindar dari kelelahan berlebihan. Dengan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, Anda membantu tubuh bekerja secara optimal.

Banyak faktor lain yang bisa menimbulkan rasa lelah pada tubuh Anda. Maka dari itu, jagalah pola hidup Anda dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih. Jika Anda mengalami kelelahan berlebih, segera temui dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Artikel lainnya lihat di Pangansari.