Pangansari Jalin Kemitraan dengan UKM Karanganyar dan Universitas Sahid Surakarta


News

Pangansari menjalin kerja sama strategis dengan dua pihak sekaligus, yakni UKM Karanganyar dan Universitas Sahid Surakarta. Penandatanganan perjanjian kerja sama berupa Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan di Rumah Dinas Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar.

Peresmian kerja sama tersebut diwakili oleh Direktur Utama Pangansari Maghfur Lasah, Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar Rober Christanto, dan Rektor dari Universitas Sahid Surakarta Mohamad Harisudin beserta jajaran masing-masing pihak.

Ketiga pihak yang terlibat memiliki peran penting dalam prosesnya. Bahan baku akan disuplai dari para UKM di hulu, diawasi dan dan diberdayakan oleh tenaga pendidik dari Universitas Sahid Surakarta, lalu diproses oleh Pangansari di hilir untuk kepentingan pelanggan Pangansari.

“Kami secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengucapkan terima kasih kepada Pangansari dan Universitas Sahid yang akan membantu perkembangan hilir UKM di karanganyar. Pokoknya kalau butuh apa, tinggal hubungi. Kita siap memproduksi di manapun Pangansari di butuhkan,” ujar Christanto pada Jumat, 7 Januari 2023.

Wakil Bupati Karanganyar tersebut percaya bahwa kerja sama ini akan meningkatkan meningkatkan semangat UKM untuk produksi, sekaligus meningkatkan dan memperkuat fondasi ekonomi di Karanganyar.

Pernyataan tersebut diamini oleh Lasah yang mengatakan “Pasar biar kami yang cari, baik domestik maupun internasional. Sama-sama mari kita tumbuhkan wirausaha UKM di karanganyar dan kita tingkatkan tidak hanya untuk domestik, tapi juga internasional.”

Mengingat jangkauannya yang luas di seluruh Indonesia, mulai dari timur, tengah, dan barat, UKM merupakan basis penting untuk pengadaan bahan baku Pangansari. Tanpa suplai dari UKM untuk bahan baku, Pangansari akan kesulitan beroperasi.

“Lebih lanjut, kami tengah melangkah lebih jauh ke pasar internasional seperti Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Karenanya, kami jelas memerlukan kerja sama yang intens dan berlanjut dengan para UKM, khususnya di Karanganyar ini,” Ujar Lasah.

Tak hanya itu, Lasah berpendapat bahwa kerja sama, sinergi, dan kolaborasi sangat penting baik sekarang maupun di masa depan, berkaca dari krisis pandemi Covid-19.

Di lain pihak, Hasinudin siap mendukung kelancaran dan keberlanjutan kerja sama ini dengan mendampingi UKM yang ada supaya mutu, kualitas, dan jaminan produksi bisa terjamin sesuai permintaan Pangansari.

Hubungan kerja sama ini diawali dengan pertemuan Wakil Bupati Karanganyar dan Pangansari di Hotel Sahid Jakarta. Pada pertemuan berikutnya di Kantor Pusat Pangansari, Wakil Bupati Karanganyar membawa beberapa contoh produk UKM yang kemudian disambut baik oleh pihak Pangansari.

 

Baca juga : 12 Putra Putri Papua Siap Kerja Di Pangansari Usai Dapat Beasiswa


Archive