Pangansari Salurkan Bantuan Sumur Bor Kepada Desa Pilangrejo


News

Direktur Pangansari Maghfur Lasah menghadiri acara peresmian SPAMDUS (Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan) “Talang Kencana” di Desa Pilangrejo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peresmian sumur bor tersebut dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan batu prasasti.

Lasah yang datang dengan bersama jajarannya disambut dengan rangkaian acara yang mencakup ramah tamah, suguhan musik dan tari tradisional, pemberian santunan untuk anak yatim piatu dan disabilitas, serta peninjauan instalasi sumur bor.

“Ini adalah satu acara yang sangat baik sekali, dan merupakan bagian dari program perusahaan. Jadi kami prioritaskan di antara agenda-agenda lainnya,” ucap Lasah pada Jumat, (6/1).

Lasah mengungkapkan bahwa jalinan kerja sama terjadi lewat pertemuan yang sudah terjalin sebelumnya bersama lurah Pilangrejo dan jajarannya. Spontan, terjadi percakapan yang berujung pada pemberian bantuan berupa sumur bor untuk mengalirkan air kepada warga sekitar.

Pemberian bantuan ini, menurut Lasah, merupakan kali pertama dilakukan di wilayah luar proyek Pangansari. Umumnya, Pangansari memberikan bantuan atau pemberdayaan masyarakat berbentuk Corporate Social Responsibility (CSR) di daerah tempat Pangansari beroperasi.

“Ini merupakan yang pertama kali kami kerja sama dengan masyarakat yang tidak berada di proyek kami. Tapi, ternyata Pilangrejo ini bagian dari keberadaan salah satu pengusaha yang sudah menyuplai beras ratusan ton kepada Pangansari. Jadi, ada perusahaan dari daerah Gunungkidul yang sudah jadi mitra kami dan sudah menyuplai beras kualitas premium untuk keperluan ekspor,” jelas Lasah

Lasah memiliki harapan tinggi agar masyarakat desa Pilangrejo ini dapat menggunakan sumur bor ini untuk jangka panjang, dan bantuan ini bisa ikut mendukung program pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteran masyarakat. Selain itu, kerja sama ini diharapkan bisa menciptakan relasi baik antara warga Pilangrejo dengan Pangasari.

Direktur Utama Pangansari tersebut juga mengimbau bahwa program bantuan sumur bor ini merupakan pintu pengembangan masyarakat di bidang UKM, mengingat UKM seluruh Indonesia merupakan tulang punggung Pangansari dalam memasok bahan baku. Pihak Pangansari juga mengantisipasi kerjasama yang berkelanjutan di bidang pertanian dengan desa terkait.

Di kesempatan yang sama, Sunaryo yang merupakan Lurah dari Pilangrejo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pangansari yang sudah menyalurkan bantuan.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Presiden Direktur yang telah membantu warga kami, khususnya di desa Pilangrejo, kelurahan Pilangrejo”

Nantinya, air dari sumur bor akan digunakan untuk keperluan minum, mencuci, memasak, dan lain-lain. Dengan demikian, Wilayah Gunungkidul yang secara historis kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau, tidak perlu mengalami masalah yang sama seperti dulu.

 

Baca juga : Pangansari Kembali Adakan Program Beasiswa Untuk Putra Putri Papua


Archive