Ini Dia Cara Memilih Telur yang Baik dan Bagus


News

Cara memilih telur yang baik dan bagus ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Meskipun tampaknya tugas yang sederhana, banyaknya pilihan yang tersedia membuat aktivitas membeli telur jadi tugas yang sulit. Memilih jenis telur untuk menghiasi lemari es setiap minggu bisa terasa seperti perencanaan yang butuh eksekusi tepat, tergantung pada ukuran, warna, kadar, dan bahkan kemasannya.

 

Untuk memilih telur yang baik dan menghindari bau akibat telur membusuk begitu saja, biasakan untuk mengecek semua yang dibutuhkan dalam membeli telur. Pastinya ada banyak sekali telur yang tersedia di supermarket, tinggal bagaimana cara Anda memilihnya agar aman dikonsumsi.

 

Cara memilih telur yang bagus

 

Jika Anda bertanya-tanya apakah telur itu berbeda-beda, jawabannya adalah benar. Ada perbedaan antara telur-telur yang dijajakan di toko-toko atau pasar swalayan. Ada berbagai jenis, masing-masing dengan nilai gizi yang berbeda, tergantung pada bagaimana ayam dibesarkan, apa yang mereka makan, dan faktor lainnya.

 

Untuk itu, pilih telur kualitas terbaik yang tersedia di lokasi sesuai pada bujet, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan tempat Anda membeli. Pasar tradisional dan swalayan adalah salah tempat terbaik untuk mencari telur. Kemudian toko kelontong, yang juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan sumber protein yang sangat baik ini.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara memilih telur yang berkualitas, Luangkan waktu untuk membaca label dan gunakan pengetahuan mengenai seluk-beluk perbedaan telur untuk membuat pilihan terbaik bagi Anda dan keluarga.

cara memilih telur

5 cara memilih telur yang baik :

 

Ingatlah pedoman berikut saat membeli telur ayam yang aman dan berkualitas tinggi :

  • Selalu beli telur dari kotak berpendingin.

 

Setelah telur didinginkan di peternakan, mereka disimpan dan diangkut pada suhu udara sekitar 45 derajat F.

  • Periksa tanggal penjualan.

 

Selalu beli telur sebelum tanggal penjualan atau kedaluwarsa. Lebih baik lagi jika karton menunjukkan tanggal telur dikemas. Saat disimpan dalam lemari es, telur bakal aman dikonsumsi empat hingga lima minggu setelah tanggal telur dikemas.

  • Periksa retakan

 

Buka karton dan pastikan tidak ada telur yang retak, karena bakteri dapat masuk melalui celah pada cangkangnya. Jika telur pecah dalam perjalanan pulang, telur dapat digunakan dengan tindakan pencegahan yang aman tentunya.

 

  • Cari tanda atau grade telur.

 

Dikutip dari Digilib Mercubuana, dengan putih telur lebih dari 72, Grade AA tinggi akan Haugh Unit (HU), kualitas albumen diukur dengan tinggi albumen dan berat telur. Tinggi HU putih telur pada Grade A adalah 60-71. HU putih telur Grade B berkisar antara 31 hingga 59. HU putih telur Grade C adalah 31. Telur harus memenuhi standar kualitas dan ukuran tersebut. Penilaian tidak hanya didasarkan pada kesegaran atau rasa, melainkan penampilan.

Dari bentuknyua, telur grade AA berbentuk oval, dengan cangkang yang bersih, halus, dan tebal. tekstur putih telurnya lebih padat, dan intensitas kuning telurnya tinggi dan berbentuk bulat. Telur grade A sangat mirip dengan grade AA, tetapi putihnya mungkin sedikit kurang keras. Ini adalah telur yang paling umum dijual di toko.

Telur grade B mungkin memiliki cangkang yang bergelombang dan terkadang mengandung bercak. Bagian putihnya cenderung lebih tipis dan kuningnya lebih rata. Telur ini biasanya digunakan dalam makanan olahan dan tidak dijual langsung ke konsumen.

  • Pilih ukuran telur yang paling berguna dan ekonomis.

 

Ukuran telur meliputi: kecil, sedang besar, besar dan jumbo. Penilaian bagian luar telur meliputi ukuran, bentuk dan kebersihan cangkang, sedangkan penilaian bagian dalam telur dilihat dari kondisi putih (albumen) dan kuning telur (egg yolk).

Telur yang bagus mengandung asam lemak Omega 3 atau Vitamin E untuk meningkatkan kandungan Vitamin E dalam tubuh. Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi ini karena cukup banyak resep makanan yang mengandung telur. Carilah telur berlabel Omega 3 atau Omega 3 Plus. Telur ini tentunya mematok harga lebih mahal.

Cara memilih telur bebek yang baik

 

Sama seperti telur ayam, Anda dapat mengetahui apakah telur bebek aman konsumsi dengan memeriksa apakah telur itu mengapung atau tenggelam. Tempatkan telur dalam air. Jika mereka tenggelam tepat ke dasar dan posisinya miring, tandanya telur baik-baik saja

 

Jika mereka berdiri di ujung, itu berarti kandungan gas sudah menumpuk di salah satu ujungnya. Kalau seperti itu, kualitas telur berkurang, tetapi masih bisa digunakan untuk memanggang, atau pakan ternak. Jika mengapung, telur sudah tidak aman konsumsi dan sebaiknya dijadikan pupuk.

 

Cara memilih telur asin yang baik

 

Tidak mungkin rasanya ada orang Indonesia yang belum pernah makan telur asin, terlebih lagi hasil masak telur bebek ini sering dijual di gerai makanan. rasa putih telurnya mirip dengan putih telur ayam rebus, tapi lebih asin dan teksturnya lembek. Secara umum, fokus rasa lebih mengedepankan pada kuning telur. Rasanya lezat dan cukup asin dengan tekstur lembut, rasa asin dan kaya akan gizi.

 

Indikasi memilih telur asin yang bagus adalah putihnya yang padat, tidak terlalu asin, dan kuning telur yang sempurna dan berminyak, berwarna oranye keemasan, dengan rasa asin yang pas. Tentu saja, ada aspek subjektif dalam hal ini, jadi Anda mungkin harus membandingkannya dengan mengonsumsi telur dengan harga yang berbeda, agar kualitasnya juga berbeda.

 

Itulah tips memilih telur yang bagus. Ketika ingin memilih sekarton telur, itu tergantung pada apa yang menurut Anda paling penting. Ada telur yang menyertakan sertifikasi yang menunjukkan praktik manusiawi, atau Anda bisa langsung mendatangi peternak telur untuk mendapatkan yang paling berkualitas. Telur yang segar akan menghasilkan gizi yang optimal bagi konsumen, jadi cermatilah hal ini baik-baik.

 

Baca juga : Inilah Cara Mengatasi Noda Kotor pada Lemari Dapur


Archive