Food Food Health Inspiration

Praktis! Ini Cara Mengupas Kulit Telur Gak Pake Ribet

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang ekonomis dan mudah ditemui di pasaran. Biasanya telur rebus dinikmati tidak hanya dimakan begitu saja, tak sedikit yang menyajikannya menjadi aneka masakan seperti gulai, telur balado bahkan bisa sebagai pelengkap salad. Sekilas telur rebus terlihat sebagai makanan sederhana. Tapi nyatanya, tidak. Ternyata ada teknik dan cara mengupas telur rebus supaya mulus lho! Siapa di antara kamu yang masih kesulitan mengupas makanan seperti kulit telur rebus? Tahap ini memang sangat tricky karena bisa membuat daging telur menempel di kulit dan sulit untuk dilepaskan karena lengket.

Seringkali, telur rebus susah dikupas karena cangkangnya yang masih menempel erat di putih telur jika asal mengupas, telur rebus bisa hancur dan tidak mulus lagi. Tidak hanya itu, jika tidak berhati-hati, kulit jari bisa tersayat potongan kulit telur. Lalu bagaimana cara agar telur terkelupas dengan mulus dan mudah? Berikut cara mudah mengupas telur rebus agar tidak hancur dan mulus sempurna

1. Rebus Air Hingga Mendidih

rebus kulit telur
kompas.com

Rebus air terlebih dahulu sampai mendidih, lalu masukkan telur yang sudah anda pilih dengan matang kedalam wadah yang sudah mendidih dengan kondisi air menggelembung sampai meletup-letup. Diamkan selama 30 detik, lalu kecilkan api agar suhunya menurun perlahan, lalu diamkan dan tunggu hingga 10 menit.

2. Rendam dengan Air Dingin

kompas.com

Setelah telur sudah dapat dipastikan matang, pindahkan telur kedalam wadah berisi air dingin lalu diamkan -+ 15 menit.

3. Siapkan Gelas

istockphoto.com

Selanjutnya siapkan gelas berukuran sedang, lalu masukkan telur kedalam gelas tersebut. Tutup mulut gelas dengan telapak tangan yang sudah dibersihkan, kocok dengan gerakan memutar hingga kulit telur retak menyeluruh. Kulit telur akan rontok hanya dengan beberapa usapan tangan saja.

4. Seluruh Kulit Telur Mengelupas

Jika kulit telur sudah terkelupas semua, telur sudah bisa dapat kamu konsumsi ataupun diolah kembali dengan tambahan bumbu nusantara yang khas sesuai selera.

Itulah sekian tips yang dapat kamu lakukan untuk mengupas telur agar tetap dalam keadaan utuh dan mulus saat disajikan. Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar telur rebus tidak hancur yaitu dari kualitas telur itu sendiri. Telur yang sudah didiamkan 2 sampai 3 hari, akan lebih mudah untuk dikupas.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video