Biology Business Inspiration

Peluang Bisnis Pupuk Organik

Peluang Usaha Pupuk Organik

Daun Kering Bisa Dijadikan Apa?

Pupuk organik dianggap sebagai pupuk lepas lambat karena memberikan nutrisi dalam jumlah kecil selama periode waktu yang lama, persis seperti yang dibutuhkan tanaman

Sektor pertanian di Indonesia belum kehilangan taringnya meski digempur perkembangan industri teknologi. Di Indonesia, pertanian masih merupakan mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat lantaran tanah yang subur dan lingkungan tropis yang menjadi elemen penopang.

Prospek pertanian organik ini wajar saja bila masih digandrungi kerena industri pertanian mengalirkan rezeki tidak hanya di Indonesia saja, melainkan juga seluruh dunia. Adalah fakta bahwa ada beberapa peluang bisnis yang membuahkan profit di sektor pertanian bagi para pelaku bisnis yang kritis dalam melihat peluang.

Benang merah antara pertanian dan bisnis salah satunya ialah produksi pupuk organik jika diolah secara cerdik bahkan oleh industri kecil. Pupuk organik dianggap sebagai pupuk lepas lambat karena memberikan nutrisi dalam jumlah kecil selama periode waktu yang lama, persis seperti yang dibutuhkan tanaman (Adeyemo dan Agele). 

Organic Fertilizer

Pupuk kompos dari sampah organik dan pupuk kandang, ialah pupuk yang diproduksi dari kotoran hewani atau nabati yang sudah membusuk. Kendati bahan pupuk yang tampak menjijikan, kompos tidak hanya menyuburkan tanaman, tetapi juga melindungi nutrisi tanah. 

Metode pertanian organik modern berkelanjutan juga sangat baik, karena menekankan kualitas tanaman dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sampah organik seperti daun kering dapat diolah menjadi produk kompos organik yang berpotensi menjadi prospek menjanjikan. Pintu bagi industri organik pun kian terbuka.

Pupuk buatan sendiri memberikan persaingan dalam hal nutrisi bagi tanaman, namun pupuk organik masih lebih diunggulkan. Sehingga, dimensi peluang komersial untuk pupuk organik tetap luas. Selain itu, melambungnya kesadaran masyarakat soal bahaya menggunaan bahan kimiawi menyebabkan pupuk organik dilirik sebagai alternatif yang berkualitas.

Bisnis pupuk dapat dirintis melalui prosedur yang sederhana. Modal yang dibutuhkan pun tidak merogoh kocek terlalu dalam. Dengan kata lain, mereka yang berkecimpung di industri pupuk organik mungkin bisa memulainya dalam skala sederhana atau rumahan dengan modal secukupnya.

Hanya saja, tantangan terbesar selain dari mentolerir bau yang tidak sedap ialah persaingan sengit akibat permintaan yang cukup tinggi. Maka dari itu, dibutuhkan bekal ilmu yang bisa menuntun Anda selama mengarungi perjalanan bisnis. Butuh siasat yang kuat untuk membangun bisnis sampai keuntungan dapat dipanen.

Harga Pupuk Urea
Usaha Pupuk Organik

Peluang Usaha Pupuk Organik

Usaha pupuk pertanian tidak bisa berhasil dan berbuah tanpa persiapan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang mesti dicermati adalah meraba peluang dari segi minat masyarakat. 

Minat masyarakat terhadap budidaya tanaman saat ini cukup emnjanjikan. Organic Fertilizer masih berada di posisi ideal untuk dijadikan bisnis. Tinggal mempelajari bagaimana perputaran bisnis terdekat dengan terjun langsung ke pasar-pasar untuk melakukan survei.

Setelah catatan mengenai pengadaan pupuk, peminat, harga pasaran, dan metode pelayanan sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya menyiapkan strategi yang dapat memuluskan rencana, yakni penentuan lokasi. Anda bisa mencari daerah non-urban yang penduduknya memiliki minat tinggi terhadap tanaman, lalu membuka lokasi penjualan di jalan protokol di mana banyak masyarakat berlalu-lalang.

Sediakan juga pupuk favorit yang sejalan dengan tren cocok tanam kalangan calon pembeli. Dengan kata lain, tentukan jenis tanaman mana yang paling laris dan pupuk mana yang ideal untuk tanaman tersebut.

Agar lebih banyak pilihan, variasikan produk Anda. Sediakan lebih dari satu variabel produk. Anda juga bisa menjual barang-barang seperti pot dan lain-lain untuk menambah variasi produk. 

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video