Komitmen Pangansari Berdayakan Masyarakat Papua Melalui Forum HOPE


News

Pada 27 Juli 2023, Forum Hongoi Papua Entrepreneurship (HOPE) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah resmi dibuka, bertempatan di Swiss Belinn. Dewan pengurus HOPE, yang dipimpin oleh Pj. Bupati Mimika Valentinus S. Sumito selaku Ketua Dewan Pembina, dan Wakil Ketuanya Maghfur Lasah mengesahkan berita acara pada kesempatan ini.

Maghfur Lasah menegaskan bahwa tujuan HOPE adalah untuk mendukung dan meningkatkan usaha para pengusaha di wilayah tersebut melalui kerjasama Pemerintah Kabupaten Mimika, PT Freeport, dan Pangansari Group. Pihak yang terlibat berusaha mensejahterakan masyarakat dan menghasilkan produk ramah lingkungan.

Acara dimeriahkan kehadiran beberapa pejabat, termasuk Pj. Bupati Mimika Valentinus S. Sumito, Presiden Direktur Pangansari Group Maghfur Lasah, Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, Pj. Sekretaris Daerah Mimika Petrus Yumte, dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pada kesempatan itu, hadir pula para pimpinan OPD, seperti Kadis Perikanan, Antonius Welerubun, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sabelina Fitriani, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Alice Irene Wanmaf, serta Ketua Lemasa, Karel Kum. Selain itu, hadir juga beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan Anggota DPRD Mimika, Elminus B Mom.

“Petani, misalnya, diajak membudidayakan tanaman berkualitas dengan produk organik guna menggantikan anorganik yang mengandung zat kimia. Tanaman organik dibangun di Mimika, yang nantinya berkesinambungan, menguntungkan, menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan menyehatkan semua masyarakat, konsumen termasuk para pelaku usaha” jelas Lasah.

Lasah menambahkan, guna mendukung pemberdayaan masyarakat, Pangansari telah menyiapkan tim untuk membantu masyarakat, mulai dari awal pengolahan lahan. Saat ini ada pengusaha Papua yang telah mengembangkan hydroponik akan diarahkan untuk menanam tanaman organik.

“Bagi pengusaha yang saat ini sudah memiliki lahan, tim teknis PT Pangansari siap turun untuk melakukan survey lokasi. Berdasarkan hasil survey inilah nanti, tim akan memberikan pemupukan organik, pengarahan dan bimbingan, Sebelumnya PT Pangansari memberikan pendampingan khusus kepada karyawan tujuh suku, namun sekarang diarahkan kepada pengusaha Papua. HOPE menjadi harapan yang harus dilakukan tanpa kenal gagal. Sebab ini demi masa depan industri makanan di Papua,” ujar Lasah.

Dalam perkembangan mendatang, Pangansari Group menyatakan aspirasinya untuk mengikutsertakan pengusaha lokal agar mendapatkan manfaat dari perkembangan tersebut. Lasah mengatakan bahwa jangan sampai perkembangan pengusaha Papua terhambat, sebab saat ini mereka hanya sebatas pengamat pasif. Menurutnya, penting bagi pengusaha Papua untuk mengambil peran sebagai subjek daripada objek dan membangun kemitraan.

Dikatakannya, Pangansari Group telah berhasil memperluas unit bisnisnya ke tingkat global, misalnya wilayah yang meliputi Timur Tengah, Afrika, Amerika, dan Eropa. Dengan kemajuan ini, Pangansari Group bertujuan mengembangkan entitas bisnis Papua sebagai mitra berkaliber internasional. Hal ini diperkirakan dapat memfasilitasi penguatan divisi-divisi bisnis Pangansari Group untuk keunggulan ekspor global.

Di lain pihak, Penjabat Bupati Mimika Valentinus S. Sumito mengatakan, masyarakat Mimika sangat berharap dengan Pangansari Group bisa membantu agar masyarakat bisa menghasilkan produk pertanian berkualitas. Masyarakat sangat membutuhkan bimbingan agar produk pertanian yang dihasilkan bisa sesuai standar Pangansari Group.

Menurut Bupati, kehadiran forum HOPE diharapkan bisa mengangkat taraf hidup masyarakat melalui pemberdayaan yang dilakukan. Pangansari diuharapkan bisa memberikan pendampingan, agar produk pertanian yang dihasilkan berkualitas dan sesuai standar inetrnasional.

“Forum HOPE ini adalah tempat saling bertukar pendapat untuk saling menguatkan kedepan. Kita berusaha sekuat mungkin, tidak boleh gagal. Saya yakin,  pendampingan yang dilakukan Pangansari semakin memajukan sektor peternakan,  perikanan dan pertanian di Mimika dan saya yakin akan menghasilkan produk berkualitas, papar Bupati.

 

Baca juga : Pangansari Ekspor Bubur dan Bumbu untuk Kebutuhan Haji di Armina


Archive