Hitung Mundur Satu Tahun di GBK Senayan Menjadi Momentum Kebersamaan Indonesia Sukseskan PON XXI Aceh Sumut 2024


News

Hitung Mundur Satu Tahun di GBK Senayan Menjadi Momentum Kebersamaan Indonesia Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024


Jakarta - Bertempat di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada Minggu 17 September 2023, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama TNI Angkatan Darat dan didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sukses menyelenggarakan hitung mundur (countdown) satu tahun Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024, yang mana juga dalam rangka merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 rencananya dibuka pada tanggal 8 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup tanggal 20 September 2024 di Sumut oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Sebelum resmikan Countdown satu tahun, kegiatan Fun Run bertajuk “Run for PON” digelar. “Pada hari ini kita melaksanakan Countdown dan Fun Run 5km untuk Pekan Olahraga Nasional  XXI Aceh-Sumut 2024. Pesertanya adalah sekitar 2.500 orang dari berbagai kalangan, dan dari situasi pagi ini saya melihat bahwa dukungan masyarakat terhadap penyelenggaraan PON ini sangat besar sekali.” ujar Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengapresiasi animo masyarakat.

Ketum KONI Pusat yang mengibarkan bendera tanda lari dimulai pada pukul 6 pagi hari, menyaksikan betapa tinggi semangat dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga. Para pelari dari berbagai kalangan dan usia mulai lari dari Plaza Barat menuju Jalan Asia-Afrika, ke Jalan Sudirman, lalu belok ke kiri ke Jalan Gatot Subroto untuk selanjutnya masuk Jalan Gerbang Pemuda dan kembali ke Plaza Barat GBK.

Melihat animo positif dan besar dari masyarakat, Marciano berharap PON XXI Aceh-Sumut juga ikut sukses berkat dukungan dan kebersamaan berbagai pihak. “Saya berharap dengan hari ini sangat baik, pada pelaksanaannya nanti juga tentunya PON yang pertama di dua provinsi dan PON pertama yang diikuti 38 provinsi akan berjalan sukses dan menjadi kenangan bahwa PON itu adalah PON pemersatu bangsa,” sambungnya.

Sepakat tentang pentingnya kebersamaan yang disinggung Ketum KONI Pusat, Menpora RI Dito Ariotedjo mewakili pemerintah pusat berpesan agar seluruh masyarakat turut membantu PON XXI Aceh-Sumut. “Kurang lebih satu tahun lagi menuju PON yang diselenggarakan di Aceh dan Sumut, dengan itu mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk sosialisasi dan promosikan agar sama-sama antusias menyambut dan men-support PON XXI,” kata alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia menyampaikan amanah.

“Yang penting adalah, Countdown hari ini, kita dari Pemerintah Pusat melalui saya Menpora, dan dihadiri Ketum KONI Pusat selaku yang bertanggung jawab terkait dengan PON, dan yang paling penting hadir juga kepala daerah yang menjadi tuan rumah PON XXI 2024. Ini menandakan persiapan dan kesiapan PON XXI 2024 ini, kita kerjakan secara bersama, kolaborasi, dan memastikan komitmen kebersamaan untuk kesuksesan PON XXI 2024,” sambung Dito menjelaskan.

“Ini merupakan sejarah untuk PON, dimana ini pertama kalinya pesertanya 38 provinsi dan diadakan di dua provinsi sekaligus, ini pasti ada tantangannya tapi ini akan menjadikan cerita kesuksesan dalam Collaborative Action Plan, jadi ini semangatnya bagus karena ke depan Indonesia harus dibangun dengan kebersamaan,” tambah Menpora.

Kepala Daerah kedua provinsi yang juga ketua Panitia Besar (PB.) PON XXI Wilayah menyambut baik kegiatan tersebut. “Saya mewakili dari seluruh Masyarakat Aceh, penyelenggara, kemudian juga panitia yang ada, tentunya ini harus memacu semangat kerja kita, untuk lebih cepat dalam bekerja,” tambah Pj.Gubernur Aceh Mayjen TNI Purn Achmad Marzuki. 

Dijelaskan juga bahwa Aceh terus genjot persiapan pembukaan dan juga pertandingan 33 cabang olahraga. Disampaikan bahwa kesiapan beberapa venue sudah ada yang mencapai 90%.

Pada kegiatan tersebut, Pemprov Aceh membagikan kuliner Aceh kepada para peserta secara gratis. Ribuan peserta telah menikmati lezatnya hidangan khas Aceh seperti Mie Aceh, Kopi Aceh, Es Timun dan sebagainya.

Pj.Gubernur Sumut, Mayjen TNI Purn Hassanudin mewakili provinsinya juga menyampaikan terima kasih atas adanya kegiatan hitung mundur. “Pemerintah Sumatera Utara beserta seluruh Masyarakat Sumatera Utara, sangat menyambut baik, sehingga 358 hari ke depan kami akan bekerja maksimal, bekerja total, seperti mana yang diarahkan oleh Pemerintah Pusat. Dalam persiapan akan kami maksimalkan,” terang Hassanudin.

Tak ketinggalan, selain Door Prize dan panggung hiburan, ada juga kontes kostum pelari terunik. Kemudian hadir juga ekshibisi cabang olahraga Padel yang mana tengah berkembang di dunia dan direncanakan akan hadir sebagai ekshibisi PON XXI Aceh-Sumut.

 

Baca juga : Perayaan Ulang Tahun Pertama Citra Daya Purnama


Archive