Accessories Bali Food Travel

Sempurnakan Liburanmu Dengan 7 Oleh Oleh Khas Bali Ini

7-oleh-oleh-khas-bali

Saat berkunjung ke suatu destinasi wisata, hal yang tidak boleh terlupakan dari benak wisatawan adalah berbelanja oleh oleh. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tetapi tidak membawa oleh oleh seperti saat berkunjung ke Pulau Bali, tak lengkap rasanya membungkus oleh oleh mulai dari makanan khas bali, minuman, pakaian, sampai kerajinan tangan, semuanya cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Selain terkenal dengan wisatanya, Bali memiliki kuliner yang cukup khas dan tidak kalah menarik dengan wisata lainnya, sehingga sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas bali yang nantinya bisa dibagikan ke teman, tetangga atau ke anggota keluargamu yang lain.

Daftar Oleh Oleh Khas Bali

Bentuk oleh – oleh di suatu daerah memang tidak lepas dari tradisi dan budayanya masing-masing sehingga keduanya sangat berpengaruh pada cipta rasa suatu daerah baik makanan ataupun benda-benda khas lainnya. Adapun pusat pariwisata di Bali yang berpusat tepatnya di Bali Selatan dan beberapa daerah lainnya. Setiap daerah di Bali juga tentunya memiliki oleh oleh khas Bali yang bisa menjadi buah tangan untuk dibawa pulang.

Rekomendasi Oleh oleh khas Bali

Jangan khawatir kebingungan untuk memilih oleh oleh apa yang harus kamu bawa pulang. Berikutkami rekomendasikan oleh oleh khas bali agar liburan kamu dengan kerabat maupun keluarga semakin lengkap

1. Pie Susu Khas Bali

Siapa yang tak kenal dengan pie susu, camilan legit ini adalah oleh oleh yang wajib di beli. Pie susu Bali memiliki bentuk dan unik, pada bagian pinggirnya memiliki renyah dan gurih sedangkan di bagian tengahnya terdapat sebuah fla yang manis dan lembut. Maka tak heran jika banyak disukai oleh kalangan, ya! Pie susu merupakan oleh-oleh yang wajib dibeli saat anda berada di Bali.

7-oleh-oleh-khas-bali
sonora.id

Pie lezat satu ini menawarkan makanan berbagai varian yang bisa anda cicipi, original, keju, cokelat dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan pie susu ini tidaklah sulit karena sudah bisa ditemukan di pusat oleh-oleh, kamu juga bisa memilih pie susu dengan berbagai macam ukuran dan kemasan.

2. Cokelat Khas Bali

Bagi pecinta coklat, anda bisa mendapatkan cokelat khas bali karena Bali juga termasuk salah satu daerah penghasil kakao terbaik di Indonesia. Meskipun produksinya tidak begitu besar akan tetapi kakao disini diolah menjadi cokelat yang berkualitas.

7-oleh-oleh-khas-bali-2
omnibali.com

Oleh karena itu, jika liburan ke Bali, anda bisa mengunjungi ke beberapa tempat untuk mempelajari seluk beluk cokelat dan mencicipi cokelat yang berkualitas. Beberapa waktu belakangan inipun, cokelat produksi lokal tengah naik daun dalam pembelian oleh-oleh khas Bali.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi!

3. Pia Khas Bali

Makanan yang sangat terkenal sejak lama di Bali ialah Pia Legong. Makanan tersebut merupakan oleh-oleh khas Bali yang terbilang cukup eksklusif.Karena hanya bisa ditemukan di toko Pia Legong satu-satunya yaitu di Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan Bypass Ngurah Rai. Selain rasanya yang enak, Makanan yang satu ini juga memiliki tekstur yang renyah dan tahan lama. Maka banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

7-oleh-oleh-khas-bali-3
lokerbali.info

Uniknya, kamu akan mendapatkan pia yang original cukup langka sebab penjual atau pemilik toko membuatnya pada hari yang sama dan langsung dijual. Dengan begitu, cita rasa yang dimilikipun akan tetap terjaga. Makanan khas Bali diproses secara tradisional tanpa bantuan mesin sehingga rasanya tidak kalah lezat atau bahkan bisa lebih enak dari makanan yang diproses dengan mesin. Beberapa rasa yang bisa anda dipilih yaitu cokelat, keju, dan kacang hijau. Sebelum berkunjung, sebaiknya anda menghubungi toko agar tidak sia-sia kehabisan ketika sudah mengantre.

4. Kopi Khas Bali

Jika kamu pecinta kopi, maka tidak boleh melewatkan kopi kintamani. Kopi ini terkenal dengan cita rasa yang unik yang tidak bisa didapatkan dari kopi lainnya. Jenis kopi yang dikenal memiliki aroma lembut serta cita rasa unik menyerupai jeruk ini membuatnya berbeda dari kopi pada umumnya. Saking banyak diminati masyarakat luas, wisatawan mancanegara banyak sekali yang berburu kopi Kintamani untuk menjadikannya oleh-oleh.

7-oleh-oleh-khas-bali-4
balimall.id

Para pecinta kopi akan merasa tidak lengkap kalau pulang dari bali belum pernah membawa oleh-oleh khas bali berupa kopi yang satu ini. Oleh karena itu ketika anda berada di Bali, mencari kopi khas disana merupakan pilihan tepat. Kopi berkualitas di bali yang paling sering dicari berada di Kintamani sehingga para pembeli menamainya dengan kopi Kintamani. Kopi ini dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang hasil buah kopi yang sebelumnya ditanam di dataran tinggi Kintamani. Rasa dari kopi arabi Bali Kintamani ini pun diakui cukup bagus oleh para pecinta kopi, dimana kopi ini tidak memiliki rasa terlalu pahit. Hal itu disebabkan karena petani Bali Kintamani memiliki kepedulian cukup tinggi pada cara petik saat panen yaitu yang dipetik hanya gelondong merahnya.

Selain itu, kopi ini biasanya tidak cacat pada rasanya karena para petaninya mengolahnya dengan sangat baik. Adapun pemasaran kopi Kintamani ini hanya baru memperdagangkan 3 jenis dari hasil perkebunan ke pasar ekspor. Hal yang paling utama dari perkebunan kopi disini ketatnya aturan para petani harus mengolah kopi dengan baik dan diharuskan menggunakan bahan organik. Untuk mendapatkan kopi ini, anda bisa menemukannya ditempat pusat oleh-oleh khas bali. Akan tetapi jika ingin membeli dan melihat proses pengolahan kopi anda bisa datang ke kawasan Kintamani, Bali.

5. Kacang Khas Bali

Jajanan yang bisa menjadi oleh-oleh khas bali lainnya adalah kacang koro. Kacang ini merupakan salah satu jenis kacang yang banyak digemari serta dikonsumsi masyarakat sebagai cemilan sebagai kacang goreng ataupun kacang taburan. Kacang di Bali tidak hanya sekadar kacang disko saja, tapi ada juga yang namanya kacang koro. Kamu bisa menndapatkan kacang koro hampir di seluruh wilayah Indonesia.

7-oleh-oleh-khas-bali-5
kulinerkota.com

Kacang koro dari Bali ini sedikit berbeda dengan yang kamu lihat pada umumnya dengan kacang koro lainnya. Terutama dari segi bentuknya yang tipis dan kecil, beda dengan kacang koro pada umumnya yang tebal dan besar. Walaupun kepopuleran kacang koro belum mampu melebihi kacang tanah, namun kacang ini sudah sejak lama dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kacang koro ini berwarna kuning keemasan, memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa gurih membuatnya digemari banyak masyarakat.

Tak hanya kacang disco, kacang ini pun memiliki berbagai varian rasa dari mulai yang original, extra pedas, barbeque, hingga rasa rumput laut pun ada. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini, anda tidak perlu khawatir karena dapat ditemukan hampir disetiap took pusat oleh-oleh bali. Sebagai camilan, kacang koro Bali sangat cocok dijadikan teman bersantai atau dalam acara kumpul-kumpul bersama sahabat maupun keluarga.

Baca Juga : 7 Wisata Di Bali, Nomor 2 Paling Hits

6. Minuman Khas Bali

Minuman khas bali ini merupakan minuman yang mengandung alkohol. Arak Bali sering hadir dalam berbagai upacara adat yang ada di Bali. Daya tarik ini tentu membuat wisatawan tertarik untuk mendapatkan minuman ini baik untuk diminum sendiri maupun sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

kompas.com

Arak Bali adalah minuman beralkohol yang penjualannya sudah legal di Bali. Minuman ini beberbahan dasar tuak lontar yang dibuat melalui proses fermentasi sampai layak dikonsumsi. Oleh – oleh khas Bali ini dapat Anda jumpa di berbagai retail minuman khusus alkohol terutama di kawasan Sanur, Denpasar.

7. Kebaya Khas Bali

instagram.com/happysalma

Sama seperti di daerah – daerah lain, Pulau Bali mempunyai ciri khas tersendiri pada kebaya nya yang sampai saat ini sering dipakai untuk upacara adat. Kebaya Bali adalah pakaian adat yang biasa digunakan oleh kaum perempuan. Pakaian adat yang satu ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan oleh – oleh untuk dibawa pulang karena artistic dan untuk. Kebaya Bali pada umumnya identik menggunakan senteng atau kain selendang yang diikat simpul pada bagian kiri pinggul. Apabila anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa mengunjungi Pasar Seni Kumbasari yang ada di Denpasar, Bali. Anda juga bisa membaca artikel wisata menarik lainnya disini.