Pangansari Kembangkan Nasi Padang Instan Bersama Universitas Andalas


News

PT Pangansari Utama Food Resources berkontribusi dalam pengembangan Nasi Padang Instan (NPI), sebuah inovasi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Fateta Unand). PT Gadih Monang Anugerah juga menjadi bagian dari kerja sama ini. Pada Sabtu, 16 Oktober, ketiga institusi tersebut menandatangani Nota Kesepahaman serta rilis Nasi Padang Instan di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Nasi Padang Instan adalah inovasi Nasi Padang yang bisa dimasak instan dalam situasi apapun. Isinya beras siap masak, serta rendang, sayuran sebagai lauk, dan air. Dendeng sapi juga bisa digunakan untuk pilihan kedua.

Feri Arlius Dtk Sipado, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand mengklaim NPI bisa jadi makanan utama saat terjadi bencana alam, alternatif mie instan sebagai makanan cepat saji bagi korban bencana. Traveler dan jemaah haji Indonesia juga bisa mengandalkan NPI dengan daya tahannya yang mencapai satu tahun

"NPI inovasi Fateta Unand untuk Indonesia dan siap menggebrak lagi dengan hasil penelitian lain yang kini masih finalisasi proses di Fateta," ujar Feri Arlius.

Ia juga berharap mahasiswa Fateta mendapat manfaat dari kerja sama dengan kedua perusahaan tersebut, khususnya terkait proyek Nasi Padang Instan.

"Kita berkerja sama dengan keuntungan multi efek bagi Fateta dan bagi dua perusahaan, ini bagian dari alih status Unand menjadi PTNBH, kolaborasi dengan dunia praktisi tentu menjadi Unand maju dan Indonesia maju," ujar Feri Arlius.

"Bisa jadi rendang dan bisa dimasak dengan pemanas instan, dan bisa bertahan satu tahun, " tukasnya.

Sementara itu Taryono, Senior Manager Government Relations & Community Affairs PT Pangansari Utama Food Resources, mengaku kerja sama dengan Fateta Unand akan menguntungkan kedua belah pihak.

Taryono yang mewakili Direktur Utama Pangansari Utama mengatakan, untuk menjawab tantangan industri pangan yang berkualitas dan sehat ke depan, akademisi dan industri harus bersinergi untuk menciptakan jaringan yang mencakup beberapa bentuk kerjasama, seperti pengorganisasian pelatihan, seminar, dan lokakarya.

‘Kerja sama dalam kegiatan pengajaran, penelitian, dan Praktek kerja (magang) untuk mahasiswa di kantor dan pusat dapur Pangansari, proyek-proyek tersebar di seluruh Indonesia, dan Media Group," katanya.

PT Freeport Indonesia, British Petroleum Bintuni, tambang batu bara Kalimantan, Pertamina, Tujuh Bukit Banyuwangi, BUMN, dan berbagai lokasi lainnya, serta jasa katering haji dan umrah di Timur Tengah, serta konsumsi PON XX Papua 2021 merupakan bagian dari proyek Pangansari.

"Kita juga dapat penghargaan Upakarti untuk pengembangan dan pembinaan UKM," tukasnya. Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan sebagaimana menjadi kampanye FAO.

"Ini inovasi hebat. Mudahan inovasi ini bisa dimanfaatkam semua komponen. Bapak gubernur selalu menekankan bagaimana pangan lokal diproduksi besar-besaran," katanya.

Baca juga : Pangansari Recipe

 

 


Archive