Kentang Goreng Rendah Kolesterol


News

Kentang goreng atau yang lebih dikenal dengan French Fries Mydibel memiliki rasa yang gurih serta renyah. Kentang goreng ini biasanya disajikan selagi masih panas agar lebih lezat. Kentang goreng banyak disajikan oleh restoran cepat saji sebagai menu pelengkap, dengan tambahan garam, keju atau saus. Namun, mengonsumsi kentang goreng secara berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Satu porsi besar kentang goreng di restoran cepat saji memiliki 370 hingga 730 kalori. Dari nilai kalori ini, biasanya tersimpan sekitar antara 11-37 gram lemak, dengan 4,5-8 gram lemak jenuh. Kentang goreng porsi ini juga memiliki 500 miligram sodium. Mengonsumsi kentang goreng yang dibumbui dengan garam terlalu sering akan membuat perut Anda merasa kembung. Hal ini disebabkan oleh kadar garam tinggi yang ada di kentang goreng kesukaan Anda

Kentang goreng yang digoreng dengan minyak sayur yang dicampur hidrogen atau minyak hidrogenasi akan menghasilkan kandungan lemak trans. Minyak jenis ini banyak dimanfaatkan restoran dengan tujuan produk yang digoreng akan lebih tahan lama.

Namun, lemak trans sangat berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yaitu low density lipoprotein (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik yaitu high density lipoprotein (HDL). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kentang goreng juga tinggi kandungan senyawa kimia akrilamida yang dikaitkan dengan peningkatan risiko menderita kanker. Untuk menyajikan kentang goreng yang sehat dan rendah kolesterol silahkan ikuti langkah berikut ini :

Resep kentang goreng sehat

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang berukuran sedang
  • 4 sendok teh minyak zaitun/kaldu sayuran
  • 1/2 sendok teh garam/2 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Cuci bersih kentang tanpa dikupas kulitnya. Kulit kentang banyak mengandung serat dan gizi.
  • Rebus kentang yang sudah Anda cuci sampai setengah matang. kurang lebih 15 menit.
  • Potong 4 buah kentang yang sudah setengah matang, masing-masing menjadi dua bagian atau sesuai selera Anda.
  • Olesi kentang yang sudah Anda potong dengan minyak zaitun atau Anda bisa menggantinya dengan kaldu sayuran jika Anda tidak ingin menggunakan minyak.
  • Jika Anda ingin menghindari garam. Anda bisa menggantinya dengan bawang putih. Caranya kupas 2 siung bawang putih. Cuci bersih lalu haluskan. jika sudah halus, oleskan pada kentang yang sudah Anda potong.
  • Panggang dalam oven sampai matang berwarna kecokelatan. Anda bisa memanggangnya dengan suhu 200 derajat celcius selama 12 menit.

Resep kentang goreng sehat Anda siap dihidangkan


Archive