Minum Teh Hijau Tiap Pagi dan Rasakan Manfaatnya


News

Datang dengan segudang khasiat, teh hijau menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia. Minuman ini tetap segar saat disajikan dalam kondisi panas maupun dingin.

Ada banyak jenis teh hijau. Jika Anda tidak suka salah satunya, pertimbangkan mencoba jenis yang berbeda. Matcha misalnya, berasal dari Jepang dan memiliki rasa herbal khas serta warna hijau cerah. Jenis tersebut kerap disajikan dingin dan sangat tinggi kafein. Namun, teh hijau jenis lainnya lebih populer dikonsumsi saat panas karena rasanya lebih lembut.

Manfaat teh hijau

 

Minum secangkir teh hijau merupakan cara sederhana menyehatkan tubuh dan pikiran. Penasaran apa saja yang membuat minuman ini spesial? Simak ulasan berikut.

Kaya antioksidan

 

Teh hijau adalah salah satu minuman tersehat di muka bumi, terutama karena kaya akan antioksidan. Antioksidan terbukti membantu menjaga berat badan sehat, melindungi diri dari kanker, stroke, kolestrol tinggi, dan penyakit jantung, serta meningkatkan fungsi otak.

Mengurangi peradangan

 

Teh mengurangi peradangan di seluruh tubuh Anda. Teh hijau, khususnya, mengandung zat yang disebut Epigallocatechin gallate (EGCG). Zat ini terbukti membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara mencegah kerusakan sel. EGCG juga membantu mencegah sejumlah penyakit, termasuk demensia dari penyakit Altzheimer dan Parkinson.

Rendah kafein

 

Secangkir teh hijau mengandung lebih sedikit kafein daripada secangkir kopi. Jika Anda ingin membatasi kafein atau tidak menyukai kopi, teh hijau mungkin bisa menjadi alternatif. Kafein dalam teh hijau membuat Anda lebih terjaga, dan asam amino-nya bisa mengurangi stres berlebih. Suguhan kafein dan asam amino bekerja sama untuk meningkatkan fungsi otak. Ini membuat teh hijau menjadi pilihan ideal dan lebih produktif daripada kopi.

 

teh hijau enak dan lezat

 

Sumber : medicalxpress.com

 

Membantu metabolisme dan kadar gula darah

 

Teh hijau merupakan bahan dalam sebagian besar suplemen pembakar lemak karena dapat meningkatkan metabolisme. Dengan ini, bakar lemak jadi lebih mudah. Ditambah kafein, perpaduan tersebut menjadikan teh hijau dorongan energi yang lebih baik sebelum berolahraga daripada minuman berkafein lainnya.

Satu studi tentang teh hijau menunjukkan bahwa orang yang meminumnya secara teratur lebih terlindungi dari diabetes tipe-2. Konsumsi teh hijau dapat mengurangi sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, hanya dengan teh hijau tidaklah cukup, harus tetap diimbangi pola hidup sehat.

Meningkatkan kesehatan mulut
 

Teh hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan mulut. Khasiatnya terbukti mengurangi penumpukan plak dan bakteri mulut. Sehingga, gigi dan gusi jadi lebih sehat, serta pernapasan pun lebih baik.

Cara menyiapkan teh hijau

 

Untuk takaran satu cangkir, biarkan teh Anda terendam selama beberapa menit dan tambahkan madu untuk suguhan hangat saat cuaca sedang dingin. Lakukan sedikit riset tentang jenis teh hijau untuk mengetahui cara terbaik menyiapkannya. Beberapa jenis sebaiknya direndam lebih lama dalam air yang lebih dingin. Sedangkan, ada kemungkinan teh menjadi pahit jika direndam terlalu lama dalam air yang sangat panas.

Panas

 

Minumlah teh hijau di pagi hari, dengan menggunakan infuser teh atau cara sederhana yaitu memakai kantong. Seduh yang banyak di ketel teh dan sajikan di cangkir teh favorit Anda. Atau, masukkan ke dalam mug maupun tumbler sebelum berangkat kerja atau berpergian. Buang kantong teh saat Anda tiba di tujuan dan nikmati teh hijau beraroma nikmat sepanjang hari.

Dingin

 

Di musim panas atau saat Anda tidak ingin minuman hangat, teh hijau dingin merupakan minuman yang menyegarkan. Namun, perhatikan kandungan gula pada teh bila Anda minum versi kemasan. Sebagai alternatif, racik teh hijau Anda sendiri sesuai selera dan kebutuhan. Tambahkan madu, lemon, atau campuran lainnya agar lebih lezat.

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.


Archive