Makanan yang Mengandung Probiotik untuk Anak dan Dewasa


News

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang mengandung manfaat kesehatan. Baik penggunaan dalam atau luar tubuh.

 

Ia dapat ditemukan pada yogurt dan makanan fermentasi lainnya, suplemen makanan, dan produk kecantikan.

 

Orang sering menganggap bakteri dan mikroorganisme lain sebagai "kuman" berbahaya. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar.

 

Beberapa bakteri membantu mencerna makanan, menghancurkan sel penyebab penyakit, atau memproduksi vitamin.

 

Banyak mikroorganisme dalam produk probiotik yang sama atau mirip dengan mikroorganisme yang hidup di tubuh kita secara alami. Di bawah ini adalah beberapa sumber probiotik untuk Anda :

 

1. Yogurt

 

Makanan probiotik yang mungkin paling populer adalah yogurt. Makanan asam ini biasanya dibudidayakan secara langsung , dan dibuat dari susu sapi, kambing, atau domba.

 

Yogurt mampu menempati urutan teratas makanan probiotik jika diproduksi dari hewat yang terawat secara baik.

 

Masalahnya, ada banyak variasi pada kualitas yogurt di pasaran saat ini. Saat membeli yogurt, cari varietas organik yang terbuat dari susu kambing atau domba pilihan.

 

2. Cuka sari apel

 

Apakah cuka sari apel merupakan sumber probiotik hebat? Ternyata, cairan ini dapat mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan meningkatkan penurunan berat badan, cuka sari apel juga bisa meningkatkan asupan probiotik.

 

Minumlah sedikit setiap hari atau gunakan sebagai saus salad agar lebih lezat saat dikonsumsi.

 

3. Tempe

 

Berasal dari Indonesia, produk kedelai fermentasi ini adalah makanan luar biasa lainnya yang menyediakan probiotik. Tempe dibuat dengan menambahkan ragi tempe ke kedelai.

 

Produk tersebut kemudian dibiarkan selama satu atau dua hari. Setelah jadi, warnanya berubah menjadi putih dan berbentuk seperti kue.

 

Rebus atau goreng tempe, campurkan dengan nasi kuning agar makin lezat. Makanan hasil fermentasi ini biasa digunakan sebagai pengganti daging. Rasanya tetap enak meski dipanggang, direbus atau digoreng.

 

4. Miso

 

Miso adalah bumbu tradisional Jepang yang ditemukan di banyak makanan tradisional mereka. Jika Anda pernah ke restoran Jepang, Anda mungkin pernah melihat sup miso-nya.

 

Tidak hanya itu, ia juga menjadi salah satu andalan pengobatan Jepang dan biasa digunakan dalam masakan makrobiotik yang memperlancar sistem pencernaan.

 

Bahannya terbuat dari fermentasi kedelai, barli atau beras merah dengan koji. Koji adalah sejenis jamur. Proses fermentasinya mencapai harian hingga tahunan.

 

5. Keju

 

Banyak keju yang dibuat dari proses fermentasi, tetapi tidak semua keju yang difermentasi mengandung probiotik. Keju tua dan lembut — seperti cheddar, mozzarella, gruyere, gouda, parmesan, dan swiss — biasanya merupakan jenis yang bakterinya baik.

 

Dan satu hal lagi: ini harus dibuat dari susu mentah yang tidak dipasteurisasi. Mulanya bakteri asam laktat ditambah ke dalam susu.

 

Lalu asam laktat akan muncul dan susu berubah menjadi dadih. Semakin lama keju menua, semakin banyak bakteri menguntungkan untuk perut Anda.

 

6. Kombucha

 

Kombucha adalah minuman  fermentasi yang sedikit berbuih. Bahannya merupakan hasil dari teh hitam atau hijau. Lahirnya kombucha bermula dari simbiosis antara ragi dan bakteri.

 

Minuman fungsional ini hanya akan memberikan manfaat probiotik jika tidak dipasteurisasi. Berarti, Anda harus membeli kombucha rendah gula.

probiotik

Perbedaan probiotik pada anak dan dewasa

 

Terdapat perbedaan pada penggunaan probiotik terhadap anak-anak dan orang dewasa. Perbedaan pertama adalah jenis bakteri yang digunakan dalam suplemen.

 

Misalnya, B. infantis adalah probiotik yang sering dipakai pada bayi (karena membantu memecah asam laktat dalam ASI). Di sisi lain, B. bifidum dan Lactobasillus rhamnosus paling umum digunakan pada orang dewasa.

 

Perbedaan potensi dan dosis

 

Perbedaan lain antara probiotik pada anak-anak dan orang dewasa adalah potensi dan dosis suplemen. Suplemen probiotik yang diberikan kepada anak-anak biasanya ringan dan dosisnya hanya satu tablet per hari.

 

Sedangkan, suplemen probiotik orang dewasa lebih manjur dan dosisnya dua tablet per hari. Jika Anda tidak yakin dengan dosis yang harus diberikan kepada si kecil, konsultasikan dengan dokter anak Anda.

 

Jenis suplemen

 

Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah cara pemberian suplemen. Probiotik anak biasanya tersedia dalam bentuk cairan, bulatan, tablet kunyah, atau bubuk yang bisa dicampur makanan.

 

Agar lebih disukai anak-anak, probiotik cair, bubuk, atau kunyah sering kali menyertakan bahan seperti pemanis buatan. Untuk orang dewasa, suplemen umumnya dalam bentuk kapsul atau tablet probiotik.

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.
Segudang Manfaat Air Kelapa dan Cara Mengkonsumsinya


 

 

 

Sumber : 

Draxe.com. (2021, 31 Januari). 17 Great Probiotic Foods for Better Gut Health. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://draxe.com/nutrition/probiotic-foods/

 

Lovebugprobiotics.com. (n.d). PROBIOTICS FOR KIDS VS. ADULTS: WHAT’S THE DIFFERENCE?. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://lovebugprobiotics.com/blogs/news/probiotics-for-kids-vs-adults-what-s-the-difference

 

Nccih.nih.gov. (n.d). Probiotics: What You Need To Know. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://www.nccih.nih.gov/health/probiotics-what-you-need-to-know

 

Eatthis.com. (2019, 6 Juni). 14 Probiotic Foods for a Healthy Gut. Diakses pada 24 Mei 2021, dari https://www.eatthis.com/best-probiotic-foods/

 

Sumber gambar : 

Flickr.com

Pixnio.com

 


Archive