Pangansari blog Food Culinary 15 Daftar Menu Buka Puasa, Nomor 10 Terenak Di Dunia
Culinary Dessert Food Inspiration Popular Trending

15 Daftar Menu Buka Puasa, Nomor 10 Terenak Di Dunia

Rasanya belum komplit jika tak menyantap hidangan yang menggugah selera saat buka puasa. Bulan Ramadhan yang penuh kemenangan sudah datang walaupun tahun lalu warga dihimbau untuk senantiasa di rumah saja sebab pandemi Covid- 19 yang belum pula mereda, namun saat ini kita sudah difase endemi dan dapat beribadah dibulan Ramadhan dengan new normal beriringan dengan batasan batasan yang rasanya tak seketat dulu.

Saat berbuka puasa sering kali menu santapan yang sederhana justru lebih terasa nikmatnya apabila dimakan bersama kerabat maupun keluarga. Misalnya, kalian bisa membuat smoothies terdiri dari campuran buah, gandum, granola, dan biji-bijian. Bahan smoothies ini dapat mengembalikan energi yang hilang. Namun salah satu tips berbuka puasa yang benar adalah minum air putih dan kurma terlebih dahulu, kemudian hindari makan berlebihan ketika berbuka puasa.

Rekomendasi Menu Buka Puasa Yang Menggugah Selera

buka puasa
Sumber: djavatoday.com

Salah satu momen yang ditunggu saat bulan Ramadhan tiba adalah berbuka puasa, banyak orang mempersiapkan berbagai menu lezat untuk dapat dihidangkan saat berbuka puasa. Selain lezat, tubuh membutuhkan makanan sehat sebagai nutrisi dan energi. Berbagai ide menu sehat yaitu menambahkan sayuran, buah-buahan, dan lauk.

Selama Ramadan, biasanya setiap orang ingin menyajikan menu sederhana dan praktis serta yang berbeda setiap harinya. Baik dari camilan, takjil, hingga makanan berat. Namun, banyak orang yang akhirnya bingung harus masak apa untuk berbuka. Padahal untuk menikmati makanan lezat tak harus mewah, makanan sederhana saja bisa terasa sangat enak jika diolah dengan tepat.

Daftar Menu Berbuka Puasa 2023

Supaya nggak kebingungan mau menyantap hidangan apa untuk buka puasa nanti, berikut kami rekomendasikan 15 menu untuk berbuka puasa yang menggugah selera.

1. Es Teler

Sebagai salah satu menu buka puasa favorit yakni Es Teler yang wajib masuk kedalam daftar hidangan buka puasa di atas meja rumah kalian. Kombinasi buah alpukat, nangka, serta kelapa muda yang dipadukan dengan air gula dan susu kemudian dihidangkan dalam cawan membuat kombinasi rasa yang nikmat dan segar setelah sebelumnya tenggorokan kering sejak pagi.

2. Soto Kuning

Soto Kuning atau yang banyak dikenal sebagai Soto khas Bogor ini memiliki kuah yang kuning karena dibuat dengan menggunakan bumbu kuning gurih berempah. Ditambah santan dan kentang serta tomat, rasanya makin gurih segar dengan isiannya daging sapi, jeroan sapi, potongan tomat dan kental.

Namun, ada beberapa penjual soto Bogor yang memakai daging ayam dan tentu saja tetap enak karena bumbu soto kuning yang berempah dan lengkap. Enak dimakan hangat dengan nasi yang ditaburi bawang merah goreng. Berikut kami rekomendasikan pula bumbu racik yang dapat digunakan dengan mudah untuk membuat makanan favorit kalian.

3. Es Pisang Ijo

Ialah salah satu dessert khas Makassar, Es Pisang Ijo ini dapat jadi opsi menu buka puasa kalian di rumah. Rasanya yang manis serta nikmat dengan isian pisang, bubur sumsum dan bonus sirup bercorak merah membuat kombinasi yang cocok buat melepas haus sehabis seharian berpantang. Metode pembuatannya yang menggunakan bahan-bahan dengan biaya cukup terjangkau, sangat cocok bagi kalian yang sedang mengirit budget tetapi mengidamkan hidangan buka puasa yang nikmat.

4. Pecel

Ide buka puasa paling sehat adalah sayuran. Anda bisa membuat tumis sayuran, sayur bening, dan pecel. Makanan khas Indonesia ini terdiri dari sayuran rebus yang sangat baik untuk dikonsumsi. Isian pecel adalah kangkung, kacang panjang, toge, dan labu siam. Tambahkan sambal kacang sebagai bumbu di bagian atas sayuran.

5. Onde Onde

Kalau sudah ngomongin jajanan pasar, onde-onde jadi salah satu makanan yang nggak boleh dilewatkan lho! Biasanya, camilan ini berisi kacang hijau yang dihaluskan. Perpaduan rasa gurih dari kulit onde-onde dan isiannya memang begitu pas. Makanan dengan taburan wijen ini gampang ditemukan. Onde-onde biasanya juga dibuat dengan dua ukuran, kecil dan besar. Ternyata, membuat onde-onde sendiri di rumah cukup mudah lho.

Kue onde-onde ini bentunya menyerupai bola, dengan taburan wijen yang rata di permukaan. Isian onde-onde adalah kacang hijau yang dihaluskan. Namun, kamu juga bisa berkreasi membuat onde-onde isi keju, cokelat, bahkan ubi.

Baca juga: 7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi!

6. Klepon

Klepon merupakan jajanan yang wajib berada di atas meja makan sebagai menu yang dapat dinikmati untuk buka puasa selanjutnya. Warga Indonesia pasti tidak asing lagi dengan jajanan pinggiran ini, rasa manis Klepon sanggup mengembalikan tenaga dan teksturnya halus membuatnya mudah saat dikunyah. Bahannya lumayan gampang diperoleh, ialah aci ketan yang dikukus, sebaliknya isiannya berbentuk gula merah.

Ditambah lagi dengan topping kelapa kukur yang menghasilkan rasa enak. Di sebagian wilayah, Klepon memanglah telah terkenal jadi santapan yang wajib terdapat menjelang buka puasa. Terpikat menghasilkan Klepon selaku dessert buka puasa berikutnya?

7. Es Kelapa Muda

Menu takjil efisien yang tidak kalah menyehatkan merupakan es kelapa muda. Tidak hanya nikmat, es kelapa muda juga bagus untuk kesehatan tubuh dan berperan menjaga kesehatan pencernaan, serta melindungi kolesterol.

Membuat es kelapa muda sangatlah mudah, hanya membutuhkan buah kelapa selaku materi penting serta bagian bonus yang lain, semacam es batu serta jeruk. Sediakan pula cangkir serta pitcher yang menawan dan siap disajikan.

8. Bubur Candil

Menu bubur bukan cuma enak dimakan dikala makan pagi, misalnya Bubur Candil yang sesuai sebagai persembahan dikala berbuka puasa. Walaupun terkesan simpel serta tidak mengenyangkan, tetapi dapat dipastikan setelah memakan Bubur Candil perut akan terasa cukup terisi.

Dibuat dari ketela jalar serta tapioka berupa bulatan kecil. Tidak hanya rasa lezatnya, tipe bubur yang biasa disajikan khas saat bulan puasa ini banyak mengandung vit lho, semacam vit A, vit B1. vit C, zat besi serta fosfor. Disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin juga tidak pengaruhi rasa Bubur Candil, tetap enak! Jajanan ini marak dijual saat bulan Ramadhan tiba, jadi kalian dapat dengan mudah menemukannya.

9. Es Cendol

Menu berbuka puasa berikutnya yang dapat kalian sajikan di rumah merupakan Es Cendol ataupun lebih terkenal dengan julukan Es Dawet. Hidangan buka puasa ini dibuat dari aci beras, hunkwe serta diberi perona hijau kemudian dibuat memanjang. Buat kuahnya, berawal dari santan serta air rebusan daun pandan dan ditambahkan gula merah supaya membagikan perasaan rasa yang manis. Perpaduannya manis serta gurihnya kuah dan komposisi elastis cendol dengan aroma pandan yang khas, berhasil buat hasrat makan kalian bertambah dikala menikmati santapan satu ini. Apakah kalian terpikat untuk membuatnya?

10. Pisang Goreng

Taukah kamu salah satu alasan mengapa cemilan atau gorengan yang satu ini menjadi rekomendasi yang cocok sebagai menu berbuka puasa kalian? Siapa sangka baru-baru ini pisang goreng dinobatkan sebagai cemilan terenak di dunia versi Taste Atlas berdasarkan best rated dengan nilai 4,60 bahkan mengalahkan cemilan Amerika Serikat yang cukup terkenal, yaitu Churros.

Pisang Goreng biasa dibuat menggunakan bahan dasar pisang tanduk, pisang nangka, atau pisang kepok. Biasa dihidangkan sebagai teman minum teh di sore hari cocok saat berbuka puasa.

Baca juga: 8 Rekomendasi Mie Instan Terenak di Dunia, Indomie Masuk Majalah Internasional

11. Kolak Pisang

Siapa yang tidak sempat mencicipi kolak pisang dikala bulan puasa? Menu takjil sejuta pemeluk ini memiliki rasa manis yang khas dari kombinasi pisang serta kuah santannya, loh. Tidak bingung, kolak pisang senantiasa sukses menggoyang lidah. Hening saja, formula kolak pisang tidak susah untuk kalian untuk, kenapa. Yakinkan kalian mengenakan perlengkapan masak terbaik, semacam kuali besi serta sendok selanjutnya ini.

Jadi salah satu menu kesukaan dikala bulan ramadhan, Kolak Pisang harus masuk persembahan buka puasa kalian hari ini. Kombinasi perasaan rasa manis serta enak dari kuah Kolak Pisang, dan legitnya buah pisang serta aroma pandan yang khas akan buat kombinasi yang khas di mulut dikala kalian menyantapnya. Supaya tetap fresh, jangan lupa untuk menambahkan es dikala kalian menyajikannya! Buat perut terisi serta tenaga kembali sehabis seharian berpantang berpuasa/

12. Serabi

Makanan yang bisa dibilang pancakenya Indonesia ini banyak dijajakan di penjual kuliner tradisional. Berbahan tepung beras dan santan menghasilkan kudapan dengan rasa yang enak. Serabi merupakan salah satu jajanan yang banyak dicintai oleh warga indonesia dari berbagai daerah. Walaupun makanan yang satu ini memiliki versi yang berbeda-beda dari berbagai daerah di indonesia seperti serabi solo dan serabi bandung, namun soal rasa semuanya tetap sama lezatnya.

Serabi sendiri memiliki cita rasanya yang manis, gurih, dan lembut, sehingga membuat makanan ini digemari orang-orang. Tanpa perlu ribet dengan oven, makanan ini sudah bisa kita sajikan di meja makan. Bahkan kamu juga bisa membuatnya dengan wajan lho.

13. Kue Putu

Kue putu sudah menjadi favorit banyak orang. Bahan kue ini pun terbilang sederhana karena hanya terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.  Sayangnya, cara membuat kue putu bambu terbilang menantang jika tidak punya cetakan bambu. Namun, tetap kalian bisa membuatnya dengan cetakan alternatif selain bambu. Rasa manis dari gula aren yang khas dibalut dengan lapisan kue yang terkukus menjadikan rasa kue ini begitu khas dan nikmat untuk sajian buka puasa.

Klepon tercantum jajanan yang hendaknya terdapat di atas meja makan sebagai menu yang nikmat untuk buka puasa selanjutnya. Warga Indonesia pasti telah tidak asing lagi dengan jajanan konvensional ini, rasa manis Klepon sanggup mengembalikan tenaga dan teksturnya halus tidak hingga membuat mulut jenuh. Bahannya lumayan gampang diperoleh, ialah aci ketan yang dikukus, sebaliknya isiannya berbentuk gula merah.

Ditambah lagi dengan topping kelapa kukur yang menghasilkan rasa enak. Di sebagian wilayah, Klepon memanglah telah terkenal jadi santapan yang wajib hadir menjelang buka puasa. Terpikat menghasilkan Klepon selaku dessert buka puasa berikutnya?

14. Risol

Risol merupakan salah satu camilan populer yang digemari tak hanya oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak dan remaja. Makanan ini tersedia dalam berbagai varian, mulai dari ayam, smoked beef, sayur-sayuran, bihun, mayo, dan masih banyak lagi.

Membuat risol sendiri di rumah juga bukan suatu hal yang sulit. Anda bisa mempraktikkannya dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang tertera dalam resep risol aneka isi di bawah ini. Pilih saja isian risol sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Risol mayo bisa dibuat dengan cukup mudah, lho. Anda dapat menggunakan kulit risol siap pakai dan mengisinya dengan sosis dan juga isian lainnya. Kulitnya pun bisa dibuat sendiri.

15. Pastel

Pastel merupakan salah satu kudapan sederhana yang seringkali kita temui di berbagai penjual jajanan kue basah. Bahkan biasanya jajanan ini juga kerap disajikan dalam berbagai acara tasyakuran ataupun acara keluarga. Rasanya yang enak, gurih, renyah, dan lembut ini, begitu nikmat dimakan bersama cocolan saus sambal ataupun cabai.

Pastel sendiri sangat beragam, ada pastel basah dan pastel kering. Pastel basah sendiri merupakan makanan gorengan yang bisa berisi sayuran, ayam, telur, dan bihun. Sedangkan pastel kering lebih sering disajikan sebagai kudapan. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan selera.

Pastel merupakan jajanan berkulit renyah dengan isian yang bervariasi dan mudah ditemui di pedagang kue pagi hari. Kalau kamu ingin membuatnya, kamu bisa ikuti resep pastel basah berikut.  Resep pastel basah ini berisikan sayur, daging ayam, dan udang sebagai isianya. Cara membuat pastel ini juga dilengkapi dengan cara membuat kulit pastel yang empuk. 

Baca juga: 7 Oleh Oleh Yogyakarta Yang Paling Tekenal

Exit mobile version