Pangansari blog Health Kesehatan Tubuh Mengenal Pencak Silat, Memetik Pelajaran dan Manfaatnya
Health Kesehatan Tubuh

Mengenal Pencak Silat, Memetik Pelajaran dan Manfaatnya

Pencak-Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri yang menggandeng unsur seni tradisional Indonesia. Seni bela diri yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara itu merambat ke berbagai daerah di Indonesia dan mengharumkan nama Sang Merah Putih di kancah dunia melalui ajang SEA Games. Seni yang santer terdengar di tanah Betawi tersebut mengajarkan kemampuan untuk memagari diri dalam situasi yang tidak terelakan. Gerakan-gerakan pencak silat juga dikonsep untuk resilien atau tangguh saat kondisi genting. Nafas gerakan mengalir dari saluran efektivitas dan efisiensi.

Pencak Silat
Sumber: Photo by AgusTriyanto on Pixabay

Pencak silat juga mewadahi pembangunan karakter, di antaranya kemampuan untuk disiplin waktu, bertanggung jawab, dan berpikir cepat ketika rintangan menghadang. Perlu digarisbawahi, pencak silat bukanlah olahraga berbalut kekerasan. Sebaliknya, olahraga yang dipentaskan di SEA Games sejak 1987 itu justru menyuntikkan semangat dan kemampuan bela diri.

Ketika seorang berlaga secara konsisten dalam pertandingan, ia juga mengembangkan kerendahan hati untuk mengakui bahwa orang lain lebih unggul saat menelan pil kekalahan. Pada saat yang sama, ini akan menjadi pengingat bahwa perlu usaha dan ketekunan ekstra saat latihan agar mencapai kemenangan.

“Secara kasat mata gerakan pencak silat terlihat ringan dan mudah dilakukan, namun semua otot tubuh sebenarnya terlibat aktif.”

Gerakan Pencak Silat

Selain itu, pencak silat juga menggerakkan masyarakat yang punya ketertarikan sekaligus ingin merasakan langsung manfaatnya melalui jerih payah dan keringat. Olahraga kuno ini menjadi tempat menaruh harapan bagi penggiat olahraga yang punya hasrat bela diri dan ingin menyalurkan bakat dan minat.

Untuk memahami kompleksitas sepenuhnya, seorang pemula harus belajar di bawah pengawasan dan arahan seorang guru yang berpengalaman. Tidak lupa mencari informasi dari buku tentang pencak silat yang memberikan berbagai arahan dan wawasan mengenai berbagai teknik. Itu akan sangat membantu perkembangan dan pembelajaran bela diri secara umum.

Misalnya, mempelajari sikap berdiri kuda-kuda yang bertumpu pada kondisi kaki tertentu sebagai dasar untuk melakukan sikap dan gerakan defensif dan ofensif. Pada intinya, tujuan dari teknik adalah untuk memperkuat otot-otot kaki, terutama meningkatkan keseimbangan tubuh saat hendak menendang atau memukul lawan.

Anda akan mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan serangkaian gerakan efektif yang mempunyai segudang manfaat terdiri dari komponen fisik dan mental, sehingga secara tidak langsung menyehatkan tubuh.

Pandangan Pencak Silat Bagi Kesahatan

Secara kasat mata gerakan pencak silat terlihat ringan dan mudah dilakukan, namun semua otot tubuh sebenarnya terlibat aktif. Oleh karena itu, gerakan-gerakan dalam mengoptimalkan kapasitas paru-paru dan memperkuat tubuh. Latihan kelincahan pada pencak silat juga meningkatkan fleksibilitas yang bermanfaat bagi postur. Fase peregangan otot dari setiap sesi latihan memudahkan tubuh dalam mencapai postur yang ideal.

Mengingat gerakan atau teknik yang digunakan dapat melatih otot dan persendian serta memperlancar peredaran darah, sudah jelas kalau olahraga ini mensyaratkan konsistensi untuk pemulihan kondisi fisik dan kebugaran tubuh.

Olahraga yang satu ini juga terfokus dalam membangun fondasi tubuh dan mental. Olahraga yang ditekuni aktor ternama yaitu Iko Uwais ini mampu mengasah kegigihan dan daya juang untuk membuat perubahan positif.

Anda dapat menetapkan prioritas gaya hidup seimbang dan sehat secara keseluruhan dengan tekad kuat dan kesediaan untuk mengorbankan waktu. Ini bukan hanya tentang latihan fisik, karena manfaat pencak silat untuk kesehatan mental juga merelaksasi hati dan pikiran. Sebagai hasilnya, Anda akan lebih mudah merasakan kebahagiaan.

Baca juga: Apa itu Obesitas Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Exit mobile version