Pangansari blog Travel History 5 Keajaiban Dunia Kuno Yang Menakjubkan, Kini Masih Misteri
History Travel

5 Keajaiban Dunia Kuno Yang Menakjubkan, Kini Masih Misteri

Bicara soal keajaiban dunia merupakan sebuah mahakarya dari keterampilan dan pekerjaan tangan orang-orang pada zaman dulu. Nyatanya hingga saat ini dunia menyimpan bangunan atau tempat yang dinilai sebagai keajaiban yang perlu dilestari hingga kini. Keajaiban dunia terdapat berbagai macam rupa, mulai dari tempat bersejarah, benda-benda peninggalan sejarah, dan segala sesuatu yang biasanya dianggap unik. Namun, beberapa penemuan hingga kini masih belum ada kesejalasan sejarahnya.

Tidak hanya bangunan berukuran raksasa atau pulau dengan kondisi alam yang unik, ada banyak sekali bentuk pemandangan yang begitu aneh atau menakjubkan yang sulit dipercaya. Berikut kami lampirkan beberapa diantaranya

1. Patung Colossus, Rhodes

keajaiban dunia patung colossus
merdeka.com

Colossus merupakan salah satu patung yang pernah menjadi keajaiban dunia yang berada di pulau Rodos Yunani. Patung Colossus merupakan patung yang menggambarkan Dewa Matahari Helios Rhodes pada 280SM. Patung yang berketinggian mencapai 30 meter ini menjadi patung tertinggi yang pernah dibangun manusia pada masa itu. Hal ini menjadikan Patung Colossus sebagai salah satu dari Keajaiban Dunia Kuno.

Colossus Rhodes dibangun lebih dari 30 meter sebelum kehancuran. Tidak hanya itu, selain desain yang sangat menarik, patung dibangun terlihat seperti layaknya menggunakan teknologi masa kini dalam pebuatannya karena tak masuk akal dengan ketinggian bangunan yang hampir setara dengan patung Liberty.

2. Patung Zeus

Patung ini terbuat dari bahan-bahan seperti gading, emas, dan kayu serta sang Zeus digambarkan sedang duduk di singasana yang terbuat dari kayu dengan hiasan. Pada sekitar 435 SM Patung Zeus dibuat oleh seniman Yunani Phidias dengan tinggi 12 meter.

Salah satu dari keajaiban dunia kuno ini hilang dan hancur karena gempa bumi pada abad ke-5 dan tak ditemukan sisanya sama sekali. Catatan tentang patung tersebut dapat dilihat dari buku kuno Yunani dan koin-koin kuno yang telah ditemukan.

3. Mausoleum di Halicarnassus, Turki

Mausoleum di Halicarnassus dibangun antara tahun 353 SM dan 350 SM sebagai makam dari Mausoleus, yakni gubernur Kerajaan Persia sekaligus istrinya Artemisia II. Memiliki tinggi 41 meter dengan keempat sisinya yang dihiasi relief makan ini menggambarkan 4 dewa pemahat Yunani, Leochares, Bryaxis, Scopas, dan Temotheus. Makam ini akhirnya hancur akibat gempa bumi yang terjadi pada abad ke-12 dan 15.

4. Kuil Dewi Artemis di Ephesus, Turki

Kuil Artemis konon menurut legenda dibangun oleh kaum amazon. Bangunan ini terletak di Ephesus yang berada dekat dengan kota modern Selcuk. Faktanya, pembangunan kuil ini butuh waktu 10 tahun, lho!

Walaupun kuil ini dipuja-puja karena kemegahan dan kecantikannya. Awalnya kuil ini dibangun sekitar 550 SM namun beberapa kali sempat mengalami pembangunan ulang. Namun, pada akhirnya benar-benar dihancurkan oleh seseorang bernama Herostratus dengan membakar habis kuil tersebut pada tanggal 21 Juli 356 SM semata-mata agar namanya diingat sejarah.

5. Piramida Giza di Mesir

Primamida kuno ini merupakan keajaiban tertua dari yang lainnya dan merupana satu-satunya yang masih berdiri saat ini. Piramida Giza adalah satu-satunya keajaiban dunia kuno tertua yang masih berdiri saat ini yang dibangun pada 2600SM.

Piramida ini merupakan yang tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di El Giza, Mesir. Dengan bentuk dan struktur simetri yang sempurna dan begitu mengesankan membuat para pengunjung dari zaman lampau hingga saat ini membuat terpukau bagi yang melihatnya.

Exit mobile version