Pangansari blog Health Kesehatan Tubuh 3 Cara Ampuh Bikin Tidur Nyenyak
Health Kesehatan Tubuh Lifestyle Uncategorized

3 Cara Ampuh Bikin Tidur Nyenyak

Tidur tidak nyenyak menjadi pengalaman menjengkelkan ketika kegelisahan datang seperti tamu tak diundang ketika malam tiba. Pada skenario seperti ini, segala cara dihalalkan untuk melepaskan diri dari belenggu kecemasan, baik itu disebabkan oleh stres pekerjaan atau masalah kesehatan terkait tidur. Untuk memaksimalkan mutu tidur, beragam cara dilakukan seperti menghindari gawai, hingga tidur di atas kasur yang empuk. Tidur, dengan segala manfaatnya, adalah mekanisme pemeliharaan rutin tubuh untuk mengembalikan performanya.

Kurang tidur sama seperti menguras baterai ponsel Anda tanpa mengisi ulang. Pada akhirnya, ponsel Anda akan kehabisan daya. Oleh karena itu, mencukupi waktu tidur berkualitas setiap malam sama halnya menjaga agar fisik dan mental tetap terjaga untuk hari berikutnya. Waktu tidur yang tepat biasanya berada di rentang antara 7 hingga 9 jam untuk keadaan tubuh optimal sepanjang waktu. Namun, sama seperti berbagai aplikasi yang berjalan secara bersamaan dapat memperlambat kecepatan pengisian daya, berbagai faktor kehidupan juga dapat menghambat istirahat .

Tidur Nyenyak Dengan Herbal

Hubungan antara manusia dan tanaman herbal sebagai sumber obat telah ada sejak berabad-abad lalu, menunjukkan upaya kontinu dalam mencari solusi untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk insomnia dan gangguan tidur menjadi tidak lainnya. Oleh karena itu, sangat memungkinkan mendayagunakan potensi alam untuk menciptakan suasana tenang, khususnya untuk istirahat atau relaksasi. Dengan begitu, kita tidak hanya memanfaatkan potensi maksimalnya, tetapi juga bisa merasakan efek positif terhadap kesehatan mental dan fisik.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Yoga yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Sejumlah tumbuhan memiliki keajaiban dalam membantu proses tidur. Zat di dalamnya merangsang tubuh agar lebih cepat dan mudah merasa mengantuk. Selain itu, khasiatnya juga dapat membuat saraf-saraf yang tegang menjadi lebih rileks dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Penggunaan obat herbal juga merupakan alternatif selain solusi kimiawi. Pertama-tama, tanaman cenderung lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Hal ini karena komposisi alami mereka yang minim efek samping. Kedua, secara harga biasanya lebih terjangkau daripada obat-obatan resep.

Maka dari itu, pada situasi di mana Anda merasa mengalami kesulitan mendapatkan tidur nyenyak yang cukup atau berkualitas, mungkin merupakan waktu yang tepat untuk mempertimbangkan penggunaan tanaman herbal sebagai solusi alami.

Lavender

Penelitian yang dipublikasikan di situs web National Center for Biotechnology Information mengungkapkan adanya dukungan terhadap penggunaan lavender sebagai penerapan yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah tidur tidak nyenyak pada mahasiswa.

Uji coba terkontrol secara acak (RCT) pada penelitian itu menggarisbawahi potensi lavender untuk solusi yang dapat diandalkan terkait masalah tidur Namun demikian, perlu penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan penerapan lebih luas dan memahami durasi efeknya. Gunakan beberapa tetes minyak lavender sebagai aroma terapi untuk meraih manfaatnya.

Chamomile

Mengutip penelitian dari National Center for Biotechnology Information, temuan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak chamomile untuk meningkatkan kualitas tidur nyenyak dapat menjadi cara mengurangi kebutuhan akan penggunaan obat-obatan. Teh chamomile sendiri memiliki efek sedatif ringan yang baik untuk tidur. Studi ini menyiratkan bahwa penggunaan ekstrak chamomile berpotensi menyebabkan lebih sedikit komplikasi yang sering dikaitkan dengan pendekatan berbasis obat untuk meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, hasil penelitian ini tidak melaporkan adanya efek samping yang merugikan terkait penggunaan ekstrak chamomile.

Menambahkan kekuatan herbal ke dalam rutinitas malam Anda dapat menjadi cara transformatif untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Dengan bahan-bahan herbal, Anda dapat tidur nyenyak dan tidak hanya meningkatkan relaksasi tetapi juga memelihara kualitas tidur Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Tips Ubah Kulit Kusam Jadi Lebih Cerah

Exit mobile version