7 Kuliner Jogja Legendaris dan Wajib Di Kunjungi


News

Menikmati Kuliner Jogja memang tak akan ada habisnya. Selain menyimpan banyak tempat wisata yang indah maupun autentik, namun anda juga tak boleh melewatkan wisata kuliner di jogja lho! Karena Jogja juga menyimpan banyak kuliner lezat yang wajib anda cicipi, mulai dari jajanan unik, masakan Indonesia maupun makanan khas jogja. Ada banyak kuliner khas Jogja dengan berbagai cita rasa manis, gurih, dan pedas. dijamin bisa membuat nafsu makan anda semakin meningkat.

 

Kota Jogja merupakan surga bagi para pecinta kuliner karena didalamnya memiliki banyak makanan yang sangat enak enak. Bagi Anda yang ingin  singgah di kota Jogja atau sudah berniat untuk kulineran, anda berada di situs yang tepat. Berikut rekomendasi wisata kuliner di Jogja yang enak dan legendaris.

 

1.  Lumpia Samijaya

Sumber: tourismnews.id

Sumber: tourismnews.id

 

Jika anda menyusuri Jalan Malioboro, jangan sampai melewatkan untuk mampir dan mencicipi lumpia Samijaya. Warung lumpia ini sudah berdiri sudah sejak lama lho! Lumpia Samijaya sudah ada dari tahun 1970-an, warung ini menyajikan camilan berupa lumpia goreng dengan cita rasa gurih namun anda akan menikmati rasa yang lebih enak lagi jika disantap saat masih hangat.

 

Biasanya, Lumpia Samijaya baru akan digoreng jika anda baru saja memesannya, sehingga jika anda memakannya, bunyi kriuk-kriuk dan gurih akan sangat terasa lezat. Terdapat beberapa varian lumpia disini, seperti ayam dan telur puyuh spesial yang dapat kamu coba. Kuliner di Jogja ini cocok banget disantap sebagai camilan kala mengamati sepanjang Jalan Malioboro yang sangat iconic di Jogja

 

Alamat : Jl. Malioboro No. 18, Yogyakarta

 

2. House Of Raminten

Sumber: nginapdijogja.com

Tempat Kuliner di Jogja yang wajib anda kunjungi selanjutnya yaitu House Of Raminten. Rumah makan yang satu ini sudah lama menjadi favorit dan tak boleh Anda lewatkan, dari yang muda hingga lansia pun kerap kali tak mau melewatkan momen makan malam di rumah makan yang satu ini.

 

Selain harga yang tidak menguras dompet, menu yang disajikan kebanyakan menu tradisional, tetapi tempat ini didesain sangat berkelas sehingga membuat siapapun yang mengunjunginya merasa nyaman.

 

Sebenarnya, rumah makan ini memiliki beberapa cabang yang tersebar dibelahan kota jogja. Namun yang mebuat rumah makan ini sangat khas adalah nuansa Jawanya yang cukup kental dan autentik. Mulai dari design interior sampai para pelayan yang melayani anda dengan menggunakan pakaian tradisional. Anda bisa dating ke restoran ini kapan saja karena restoran ini buka 24 jam.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

 

Baca juga: Fakta Stroberi dari Kandungan Nutrisi Sampai Cara Menanam
 

3. Oseng Mercon Bu Narti

Sumber: piknikdong.com

Sobat Mercon di jogja pasti sudah ga asing dengan tempat makan yang satu ini. Para pecinta kuliner bercita rasa pedas, wajib untuk mencicipi oseng mercon Bu Narti saat ke Jogja. Hidangan ini terdiri dari jeroan sapi yang sudah dibumbui oleh cabe rawit dan dinamai mercon (petasan), karena memiliki rasanya yang super pedas. Cocok banget kalau dinikmati bersama nasi putih hangat. Dijamin bikin anda  ketagihan!

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan,Yogyakarta

 

4. Gudeg Pawon

Sumber: jogjakita.co.id

Gudeg sudah sejak lama menjadi salah satu menu makanan khas Jogja yang wajib untuk anda dicicipi. Gudeg Pawon merupakan salah satu rekomendasi makanan yang dapat memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya. Berdiri sudah ada sejak tahun 1958, sudah dapat dipastikan jika rasanya tak akan mengecewakan Anda. Jika biasanya menikmati gudeg di sebuah tempat makan, namun disini Anda bisa langsung mencicipinya di dapur.

 

Pawon sendiri memiliki arti dalam bahasa Jawa yaitu dapur. Dengan begitu Anda bisa mengetahui peralatan apa saja untuk memasak dan mengolah gudeg ini. Walaupun tempatnya sederhana, tapi Anda sudah tak perlu meragukan rasanya. Bahkan warung yang berada ada di kawasan Umbulharjo ini memiliki antrian pengunjung yang panjang hamper setiap harinya.

 

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

 

Baca juga: Rasakan Manfaat Nanas untuk Tulang dan Kulit

 

5. Angkringan Lik Man

Sumber: tripadvisor.com

Angkringan yang kerap dijadikan tempat makan sekaligus tempat nongkrong dari berbagai kalngan ini juga bisa dijadikan salah satu tujuan kulineran Anda. Karena didalamnya ada banyak sekali angkringan di kota satu ini bahkan seperti ciri khas. Angkringan Lik Man berlokasinya dekat dengan Stasiun Tugu dan juga Jalan Malioboro sehingga tak sulit untuk dapat menemukannya.

 

Warung yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1969 lho! Sampai saat ini Angkringan tersebut masih menjadi tempat favorit para muda dan mudi. Ketika singgah di tempat ini, pastikan Anda menjajal Kopi Jossnya. Jika dibandingkan dengan angkingan lain, makanannya memang tak jauh berbeda dengan makanan lainnya. Namun dengan kehadiran kopi joss yang unik menjadikan Angkringan Lik Man tujuan kuliner yang patut kalian kunjungi.

 

Bahkan arang membara bisa anda ambil langsung dari tungku dan dituangkan kedalam kopi. Nah, arang membara ini yang akan menghasilkan asap serta  buih pada kopi dengan serta suara khas, joss! Sehingga Angkringan Lik Man ini biasa dikenal dengan Kopi Joss

 

Lokasi: Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

 

6. Tempo Del Gelato

Sumber: travel.okezone.com

Jika tadi kita sudah membahas kategori makanan berat, sekarang kita beralih ke makanan penutup yang tak kalah legendaris, Tempo del Gelato. Tempat untuk menikmati gelato di Jogja ini didesain mewah dan autentik, tempat ini memang sudah sangat hits di kalangan pecinta kuliner. Bahkan tak sedikit sekumpulan anak muda yang menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong karena selain tempatnya yang nyaman, unik dan instagrammable banget. Untuk gelatonya, bisa anda pilih sesai selera, anda bisa memilih banyak rasa mulai dari rasa asam hingga manis

 

Lokasi: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

 

7. Rujak Es Krim Pak Nardi

Sumber: travel.tribunnews.com

Saat berada di Jogja Anda tidak hanya dapat mencicipi makanan beratnya saja, tapi anda juga akan disuguhkan dengan beberapa jajanan hidangan penutup yang tersebar dibeberapa bagian kota jogja, Rujak es krim Pak Nardi salah satunya. Kedai rujak satu ini merupakan makanan di jogja yang sudah terkenal sebagai rujak es krim paling enak. Walaupun makanan ini dijual dengan menggunakan gerobak di kaki lima, makanan ini sudah ada sejak tahun 1978 sehingga soal rasa sudah tak perlu anda ragukan lagi.

 

Bisa dikatakan Rujak Es Krim Pak Nardi merupakan pioner pertama rujak es krim yang ada di jogja. Beraneka ragam buah akan diseret, lalu di atasnya akan diberikan dengan es krim. Perpaduan rasa yang manis dari es krim disetai dengan rasa sambal pada rujak sangat nikmat. Rasa dingin yang segar juga akan terasa dari buahnya akan memanjakan lidah Anda.

 

Lokasi: Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

 

Itulah beberapa wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi ketika di Jogja. Selain legendaris, rasanya yang lezat akan memberikan pengalaman yang mengesankan selama anda mejelajahi kuliner jogja. Baca juga artikel pangansari lainnya untuk tetap mendapatkan informasi terbaru seputar kehidupan sehari-hari lainnya.

 

 

 

 


Archive