Pangansari blog Food Culinary 7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi!
Culinary Travel

7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi!

7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi-1-1

7 Makanan Khas Bali Yang Wajib Banget Kamu Cicipi-1-1

Kuliner di Bali memiliki rasa dan ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan makanan khas kota – kota lainnya. Tidak afdol rasanya jika tidak menikmati Makanan Khas Bali saat mengunjungi Pulau Bali karena rasanya unik, menarik dan lezat, tak boleh terlewat saat kamu berlibur atau sekedar mengunjungi Pulau Dewata. Apalagi jika kamu pergi bersama kerabat dekat maupun keluarga, momen akan terasa lebih hangat pastinya besti!

Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Saat tiba di Pulau Bali, kamu akan banyak disuguhkan oleh beraneka ragam kuliner khas bali yang enak dan lezat. Tak sedikit pula makanan yang disajikan dengan unik dan berbeda dengan makanan yang biasa kamu temukan di daerah lainnya.

Lansung saja kita simak yuk! Berikut deretan makanan khas bali yang wajib banget kamu cicipi

1. Sate Lilit

Jika Jakarta terkenal akan sate taichan yang sedang viral, Bali terkenal akan sate lilit dengan bentuk sate yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Sate lilit ini terbuat dari daging yang sudah di hancurkan/digiling, kemudian dibumbui dengan beberapa rempah beserta kepala parut, setelahnya daging yang sudah dicampur dengan bumbu ditempelkan tebal-tebal mengelilingi batang bambu atau sereh. Biasanya sate lilit bali akan semakin nikmat jika di santap bersamaan dengan nasi campur bali.

2. Lawar

Makanan khas Bali yang satu ini merupakan makanan yang dibuat dengan campuran dari daging cincang beserta aneka sayuran yang dibumbui parutan kelapa beserta rempah-rempah. Biasanya bahan utama dari makanan ini adalah daging babi, namun ada pula yang memakai daging bebek entog sebagai alternatif makanan yang halal dan bisa dimakan oleh berbagai kalangan.

Lawar yang ada di Bali terdiri dari beberapa macam, seperti lawar merah dan lawar putih. Lawar merah tentunya lawar yang memiliki warna merah, warna merah ini dihasilkan oleh darah setengah matang dari daging digunakan untuk membuat lawar tersebut, misalnya babi atau entog. Sedangkan lawar putih merupakan lawar yang sama sekali tidak menggunakan darah, sehingga berwarna putih

Baca Juga : Nasi Goreng Jamur

3. Ayam Betutu

Menu makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda dan telah diklaim sebagai makanan khas bali. Namun, ayam betutu juga banyak dijajakan dikota-kota besar lainnya seperti Jakarta, sehingga bagi kalian yang ingin mencicipi masih bisa mencarinya disekitaran kotamu.

Selain menjadi makanan favorit dari berbagai macam jenis makanan yang ada di Bali, rasa yang ditawarkan juga kaya akan bumbu rempah yang begitu khas didalamnya.

4. Nasi Campur Bali

Sesuai namanya, nasi campur Bali disajikan dengan berbagai macam lauk pauk dalam satu wadah. Isi dari nasi campur Bali beragam, dan biasanya terdiri dari ayam betutu, lawar, kacang goreng, ayam suwir, sambal matah, ayam lilit dan kerupuk.

Dibali sudah dapat anda temukan hamper di setiap daerah, jadi untuk bisa mencicipi nasi campur Bali sangatlah mudah.

5. Rujak Buleleng Bali

Rujak buleleng pada umumnya seperti rujak yang sering kamu temukan di jajanan sekitarmu, makanan yang terdiri dari berbagai buah-buahan seperti nanas yang dipotong kemudian dimasukkan ke dalam satu wadah setelahnya akan dilumuri bumbu rujak di atasnya.

Namun karena bumbu atau samballah yang digunakan membuatnya berbeda. Penasaran dengan rasanya? Jangan lupa cicipi ketika kamu pergi ke Bali ya.

Baca Juga : LEBIH BAIK LULUSAN SMP BERETIKA DAN MAU BELAJAR DARIPADA GELAR PANJANG TAPI SOMBONG

Richard Daguise

6. Sate Plecing

Mendengar kata plecing saja sudah begitu menarik ditelinga kita, pastinya membuat kalian juga tertarik untuk mencobanya bukan?

Sate yang satu ini berbeda dengan sate pada umumnya, karena sate plecing menggunakan bumbu khas Bali yang dinamai dengan bumbu plecing. Bumbu ini terbuat dari beberapa bahan, seperti kemiri, tomat, terasi, serta bawang putih. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut diulek hingga halus. Rasa dari sambal ini seperti makanan pedas disertai dengan wangi yang sedap sehingga membuat nafsu makan anda semakin meningkat.

Pembuatan sate plecing khas Bali dibuat dengan menggunakan berbagai jenis daging. Selain berbahan utama daging babi, anda juga bisa menemukan sate plecing yang menggunakan daging sapi, daging ayam, serta daging kambing.

7. Tum Ayam

Bagi anda para pecinta kuliner Bali, patut mencoba menu satu ini! Tum ayam berbentuk mirip dengan pepes makanan khas sunda, namun didalamnya tentu memiliki tekstur yang berbeda, yakni terdiri dari olahan ayam atau sapi cincang dan dibumbui oleh rempah yang dibungkus rapi dibaluti daun pisang.

Itu dia 7 makanan khas bali yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Pulau Dewata. Jangan lupa untuk terus ikuti pangansari.com agar kamu dapat berita terbaru seputar kuliner.

Exit mobile version