Pangansari blog Health Kesehatan Tubuh 5 Manfaat Memulai Hari Anda Dengan Jalan Kaki
Health Kesehatan Tubuh Lifestyle

5 Manfaat Memulai Hari Anda Dengan Jalan Kaki

Jalan kaki beberapa puluh menit di pagi hari dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan jasmani Anda. Bahkan jika Anda hanya memiliki waktu untuk berjalan kaki selama 10 menit di setiap paginya, Anda telah berhasil melakukan kegiatan olahraga hingga 70 menit dalam satu minggu.

Terlebih lagi jika di kemudian hari Anda tetap melakukan jenis olahraga kecil seperti menaiki tangga. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tentunya jika Anda memiliki waktu luang untuk berolahraga lebih seperti lari mengelilingi lapangan, atau sekadar pergi ke gym.

Memulai Jalan Kaki

Foto : Freepik.com

Datang ke gym setiap hari mungkin akan sulit bagi mereka yang baru ingin mulai berolahraga. Kegiatan ini juga menjadi sulit bagi mereka yang memiliki jadwal kerja padat. Maka dari itu, untuk mulai membangun rutinitas dan menuai manfaat dari aktivitas fisik apa pun, jalan kaki adalah pilihan terbaik Anda.

Jika Anda masih kesulitan untuk menambahkan olahraga ke dalam rutinitas harian Anda, mulailah dengan jalan pagi. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu jalan dan tempat untuk dilewati saat jalan pagi. Jalan kaki di pagi hari juga menawarkan berbagai manfaat yang luar biasa, berikut ini adalah lima manfaat jika Anda memulai hari dengan berjalan kaki.

1. Jalan Kaki Dapat Meningkatkan Energi Anda

Foto : jcomp on Freepik.com

Memulai hari Anda dengan berjalan kaki dapat memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari. Perlu diketahui apabila orang dewasa berjalan selama 20 menit pada pagi hari di luar ruangan, maka mereka akan memiliki lebih banyak energi daripada mereka yang berjalan kaki selama 20 menit di dalam ruangan.

Sebuah studi menemukan bahwa berjalan di tangga selama 10 menit dapat memberikan lebih banyak energi dibandingkan dengan secangkir kopi. Jadi, jika Anda membutuhkan dorongan energi di pagi hari atau merasa lelah setelah bangun tidur, cobalah untuk berjalan kaki.

2. Meningkatkan Suasana Hati Anda

Foto : Drazen Zigic on Freepik.com

Berjalan kaki di pagi hari baik untuk kesehatan Anda. Berjalan kaki dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda, mengurangi stres, kekhawatiran dan kelelahan, juga meringankan gejala depresi, atau menurunkan risiko depresi. Untuk hasil terbaik, cobalah berjalan kaki setidaknya 5 hari dalam seminggu selama 20 hingga 30 menit.

3. Mencegah Penyakit dan Mengelola Kondisi Kesehatan

Foto : Freepik.com

Jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah Anda dari penyakit dan membantu Anda untuk mengelola berbagai kondisi kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen. Jika Anda mengidap diabetes, berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda.

4. Menjaga Kejernihan Mental

Foto : Racool_studio on Freepik.com

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Penelitian baru-baru ini menemukan fakta bahwa di antara lansia yang memulai hari dengan jalan pagi dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak bergerak.

Berjalan juga dapat membantu Anda untuk berpikir lebih kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membuka aliran ide yang dapat membantu Anda untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.

5. Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Foto : diana.drytsku on Freepik.com

Jalan kaki mungkin bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari nanti. Penelitian pada tahun 2017 yang mengamati orang tua berusia 55 hingga 65 tahun, dan mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan.

Mereka yang berolahraga di pagi hari dibandingkan dengan yang di malam hari akan mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Manfaat diatas baru bisa Anda rasakan apabila telah melakukan kegiatan jalan kaki secara rutin. Jika Anda telah berhasil untuk melakukan rutinitas jalan kaki, maka akan ada banyak sekali manfaat lainnya yang akan tubuh Anda rasakan. Artikel lainnya lihat di Pangansari.

Exit mobile version